5 Jenis Jin ini Dipercaya Sebagai Biang Kerok Ketakutan Manusia

oleh Rizal
07:00 AM on Mar 6, 2016

Jin sering disebut-sebut sama seperti manusia. Mereka berjenis kelamin, menikah, memiliki keturunan, hidup bersosialisasi dan sebagainya. Kita dengan mereka dikatakan berbeda dimensi sehingga antara satu dan lainnya tidak bersinggungan. Meskipun begitu, tidak sedikit pula yang bilang kalau jin diberi kelebihan bisa melihat manusia.

Jin konon memiliki jenis-jenis tertentu. Namun, jenis-jenis ini bukan seperti ras pada manusia, namun lebih kepada hal apa yang sering dilakukan. Tapi, kesamaan dari semua jenis ini adalah sama-sama berpotensi menakut-nakuti manusia. Sudah banyak sekali kisah-kisah manusia yang ditakuti oleh jin-jin ini. Dan berikut adalah satu persatu jenis mereka yang harus kamu tahu.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Al-A’Mir, Jin yang Kelakuannya Paling Jahil

Pernah kah kamu melihat benda-benda bergeser dengan sendirinya? Atau mungkin mendengar suara-suara yang tidak diketahui asal usulnya? Bukan, hal tersebut bukan halusinasi melainkan memang terjadi secara nyata. Ya, pelakunya adalah jin dan ia sering disebut dengan nama Al-A’Mir.

Al-A’Mir [Image Source]
Al-A’Mir [Image Source]
Jin jenis ini memang suka sekali menjahili manusia dengan hal-hal kecil seperti itu. Mereka sering dikatakan iseng, tapi ada juga yang beranggapan kalau jin jenis ini memang bertujuan menakut-nakuti manusia. Terhadap mereka kita tidak perlu takut. Mereka biasanya hanya menggertak saja dan akan diam ketika si subyek yang digoda sama sekali tidak takut.

2. Al-Ifrit, Jin Jahat yang Bisa Mencelakai Manusia

Mungkin kamu pernah mendengar namanya. Ifrit sering digambarkan sebagai jin jahat yang secara nyata tujuannya memang mencelakai manusia, bahkan bisa pula dikatakan untuk menyesatkan kita. Mereka bisa melukai, bahkan meskipun katanya jin itu beda dimensi dengan manusia.

Ifrit [Image Source]
Ifrit [Image Source]
Al-Ifrit ini biasanya dipakai oleh para dukun dan tukang sihir. Ia bekerja untuk membawa teluh atau santet kepada manusia yang jadi korbannya. Mereka pula yang sering muncul dan menakut-nakuti manusia dengan wujud sosok-sosok yang menyeramkan itu. Ada yang bilang juga jin jenis ini jadi asisten manusia untuk melakukan atraksi-atraksi mustahil. Tujuannya adalah agar bisa menyesatkan umat manusia.

3. Al-Arwah, Jin yang Mampu Menyerupai Apa pun

Ketika seseorang meninggal biasanya diceritakan kalau orang tersebut masih akan berada di rumahnya sampai waktu yang ditentukan. Kadang ada cerita juga kalau si fulan yang meninggal ini menampakkan diri kepada orang-orang terdekatnya. Percaya atau tidak, sebenarnya hal tersebut benar. Namun, sosok tersebut bukan si orang matinya, melainkan jin bernama Al-Arwah.

Al-Arwah [Image Source]
Al-Arwah [Image Source]
Jin ini memang memiliki kemampuan untuk berubah-ubah bentuk. Termasuk wujud orang terdekat kita sekalipun. Tujuannya tak lain hanya untuk menakut-nakuti seseorang saja. Mereka konon juga yang bertanggung jawab atas munculnya penampakan-penampakan mulai dari pocong sampai kuntilanak.

4. As-Syaiton, Jin Pengganggu Iman Manusia

Ada yang bilang syaiton adalah sifat, tapi ada pula yang menyebut ia adalah makhluk. Kalau dilihat dari  klasifikasi jenis jin sendiri ternyata memang ada jin yang bernama Syaiton ini. Tak seperti jenis jin yang lainnya, Syaiton secara terang-terangan ingin menyesatkan manusia.

As-Syaiton [Image Source]
As-Syaiton [Image Source]
Mereka mampu masuk ke dalam tubuh dan kemudian membisikkan kata-kata keji agar manusia terus berbuat jahat. Termasuk kasus kesurupan, hampir bisa dipastikan jika itu adalah ulah jin jenis ini. Mereka mampu menguasai manusia untuk kemudian berbuat hal-hal yang menyakiti fisik inangnya. Misalnya makan pecahan kaca atau membersihkan kelapa dengan cara mengupasnya dengan gigi.

5. Al-Jan, Jenis Jin yang Sama Seperti Manusia

Berbeda dari semua jin di atas, Al-Jan ini adalah jin yang paling mirip dengan manusia. Dari sifat-sifat sampai tindak tanduk, mereka benar-benar identik dengan manusia. Sayangnya, meskipun begitu, mereka berpotensi untuk membuat manusia ketakutan. Namun, hal tersebut seringkali karena ulah manusia sendiri.

Al-Jan [Image Source]
Al-Jan [Image Source]
Mungkin kamu pernah dengar cerita tentang alasan kita tidak boleh membuang air panas sembarangan. Ya, alasannya agar air tersebut tidak mengenai salah satu dari Al-Jan. Banyak cerita orang-orang yang tak sengaja membuang air panas dan langsung berbuah keanehan pada diri atau pun keluarganya.

Sangat susah menyangkal kalau jin itu tidak ada. Pasalnya, dari cerita banyak orang, atau mungkin pengalaman pribadi, banyak hal-hal janggal yang terjadi dan tidak bisa dilogika. Maka siapa lagi yang bisa berbuat demikian jika bukan jin. Tentang cara menghadapi mereka, pasrah kepada Tuhan, anggap mereka makhluk yang sama dengan kita, maka tidak ada alasan bagi kita untuk takut.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA