Kamu Punya Nyali Buat Lewat di Jembatan Ini?

oleh Tetalogi
14:36 PM on Jun 27, 2015

Sudah sejak berabad-abad lamanya manusia menggunakan jembatan untuk melewati jalanan untuk menyeberangi sungai, lembah, atau jurang. Beberapa jembatan tertentu memang terlihat biasa saja dan tidak terlalu berbahaya. Bisa jadi karena jembatan tersebut tidak terlalu lebar, sungai yang tidak terlalu dalam, atau celah dan lembah yang tidak terlalu dalam.

Meski begitu, bumi adalah tempat yang luar biasa luas dan di beberapa tempat memiliki kondisi daratan yang cukup ekstrim. Akhirnya, dengan kreatifitas yang dimiliki, manusia membuat jembatan yang juga ekstrim agar bisa melewati dataran yang sulit seperti ini. Tapi, apakah kamu punya nyali untuk mencoba menyeberangi jembatan-jembatan berikut ini?

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Trift Bridge – Swiss

Kalau kamu mengunjungi pegunungan Alpen di Swiss, mungkin kamu bisa mencoba menguji nyalimu dengan menyeberangi jembatan ini. Jembatan sepanjang 170 meter ini adalah jembatan suspensi khusus pejalan kaki terpanjang di Alpen. Tapi jika kamu ternyata takut ketinggian, pastikan kamu tidak melihat ke bawah karena jembatan ini berada di ketinggian 100 meter.

Trift Suspension Bridge [Image Source]
Trift Suspension Bridge [Image Source]
Jembatan ini membentang menyeberangi danau Triftsee di Swiss yang banyak didatangi hampir 20.000 pengunjung setiap tahunnya. Untuk melewati jembatan ini, kamu perlu naik cable car terlebih dahulu, kemudian mendaki selama sekitar 2 jam untuk bisa sampai di jembatan ini. Pada tahun 2009, jembatan ini dilengkapi dengan kabel agar lebih stabil dan tidak berayun terlalu kencang karena angin.

2. Langkawi Sky Bridge – Malaysia

Untuk beberapa orang, melihat pemandangan alam dari ketinggian adalah suatu hal yang menyenangkan dan memacu adrenali. Nah, jika kamu salah satu diantara orang tersebut, kamu bisa mencoba berjalan-jalan melewati Langkawi Sky Bridge di Malaysia.

Langkawi Sky Bridge [Image Source]
Langkawi Sky Bridge [Image Source]
Jembatan ini membentang sepanjang 125 meter di puncak gunung Mat Chinchang. Jembatan yang dibuka pertama kali pada tahun 2005 ini berada di ketinggian 660 meter di atas permukaan laut, dan berada di atas pepohonan yang ada di gunung Mat Chinchang.

3. Capilano Suspension Bridge – Kanada

Capilano Suspension Bridge membentang sepanjang 140 meter menyeberangi sungai Capilano dibawahnya. Jembatan ini berada di ketinggian 70 meter di atas sungai dan melintasi pepohonan yang menjulang tinggi. Setiap tahunnya, tercatat lebih dari 800.000 wisatawan mengunjungi jembatan ini.

Capilano Suspension Bridge [Image Source]
Capilano Suspension Bridge [Image Source]
Kalau kamu butuh wisata yang memacu adrenalin, kamu bisa mencoba mengunjungi jembatan ini. Tapi kamu tetap perlu hati-hati dan jangan bertindak sembrono, karena telah terjadi beberapa insiden insiden pengunjung jatuh dari jembatan ini sebelumnya. Mau coba melewatinya?

4. Puente de Ojuela – Mexico

Jembatan yang satu ini tidak cocok untuk kamu yang penakut. Jembatan sepanjang 317 meter ini sudah berusia sangat tua dengan pijakan jembatan yang terbuat dari kayu! Tidak hanya itu saja, jembatan ini menjulang berada di ketingga 109 meter di atas ngarai.

Ojuela Bridge [Image Source]
Ojuela Bridge [Image Source]
Jembatan ini selesai dibangun pada tahun 1898 untuk menghubungkan lokasi penambangan. Namun pada tahun 1991, jembatan ini kemudian dibuka sebagai lokasi wisata. Sekarang, jembatan ini sudah dilengkapi dengan kabel baja untuk keamanan. Tapi, apa kamu tetap berani melewati papan-papan kayunya?

5. Canopy Walk – Ghana

Taman Nasional Kakum di Ghana memberikan kamu kesempatan untuk menikmati alam dengan cara yang sedikit menyeramkan. Yaitu lewat jembatan yang disebut dengan Canopy Walk. Jembatan ini membentang sepanjang 350 meter dan terhubung ke 7 puncak pohon yang menuju ke hutan.

Canopy Walk [Image Source]
Canopy Walk [Image Source]
Yang membuat jembatan ini seram adalah jembatan ini sangat sempit dan berada di ketinggian 30 meter dari tanah. Tidak hanya itu saja, pijakan yang terbuat dari kayu juga membuat perjalanan melewati jembatan ini lebih menantang. Tapi jangan khawatir, ada jaring tinggi di sisi kanan kiri yang akan mengamankanmu. Tapi tetap saja, jalan di atas jembatan kayu setinggi puluhan meter bukanlah hal yang gampang.

6. Millau Bridge, Perancis

Melihat awan dari atas melalui pesawat adalah hal yang biasa, tapi bagaimana jika kamu melihatnya dari mobil? Tentu hal ini akan sedikit mengerikan apalagi jika kamu takut ketinggian. Kamu bisa merasakan sensasi ini dengan menyeberangai Millau Bridge yang terletak di Perancis.

Millau Viaduct Bridge [Image Source]
Millau Viaduct Bridge [Image Source]
Millau Bridge adalah jembatan dengan tinggi 343 meter dari permukaan tanah yang membentang sepanjang 3 kilometer melintasi Tarn Valley di Prancis Selatan. Titik tertinggi jembatan ini bahkan lebih tinggi dari menara Eiffel. Saat dibuka pertama kali pada tahun 2004, jembatan ini diklaim sebagai jembatan mobil tertinggi di dunia.

7. Carrick a Rede Rope Bridge – Irlandia Utara

Oke, memang belum ada yang pernah terjatuh dari jembatan ini, tapi banyak orang yang melewati jembatan ini tidak berani kembali dengan lewat jembatan yang sama. Akhirnya mereka memilih untuk kembali dengan naik perahu. Namun sebelumnya, jembatan ini lebih mengerikan dari yang ada sekarang.

Carrick a Rede Rope [Image Source]
Carrick a Rede Rope [Image Source]
Jembatan ini awalnya dibuat oleh para nelayan untuk menangkap ikan salmon di pulau seberangnya. Yang membuat jembatan ini seram adalah karena dulunya jembatan ini hanya memiliki pegangan di satu sisi saja. Karena jembatan ini semakin populer dan menarik banyak wisatawan, maka bangunannya dibuat lebih kuat dengan pegangan di kedua sisinya. Jembatan ini membentang sepanjang 19 meter dengan ketinggian 30 meter di atas bebatuan yang ada di bawahnya.

8. Lake Pontchartrain Causeway – Amerika

Jangan lewat jembatan ini jika kamu takut air pasalnya jembatan ini membentang sepanjang 38,6 kilometer melintasi Danau Pontchartrain. Jembatan ini juga memiliki ketinggian hanya 4,8 meter di atas permukaan air yang akan membuat mereka yang takut air merasa ketakutan.

Lake Pontchartrain Bridge [Image Source]
Lake Pontchartrain Bridge [Image Source]
Saat kamu sudah melewati 12 kilometer pertama, kamu sudah tidak bisa melihat daratan lagi di depan atau belakangmu selama beberapa lama. Kamu akan merasa seolah-olah perjalananmu sangat lama dan hanya bisa memandang perairan di sekitarmu. Bagaimana, mau mencobanya?

Kalau kamu memang termasuk seseorang yang suka tantangan, berani mencoba beberapa jembatan tersebut? Jembatan mana yang menurutmu paling menyeramkan?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA