Awas Jangan Tertipu, Ini Bukan Jalan Buntu

oleh Alfry
09:15 AM on May 11, 2015

Apa yang Anda pikirkan saat melihat gambar jalan di bawah ini? Mungkin jalan buntu yang ada di benak Anda tapi jangan buru-buru menyimpulkan jika jalan ini tidak bisa dilewati. Kadang mata bisa tertipu sebab di bawah sungai yang mengalir tersebut ada jalan terowongan yang bisa dilalui kendaraan.

Apa yang Anda lihat di gambar tersebut adalah salah satu karya arsitektur yang mengagumkan. Siapa saja yang sekilas melihatnya pasti akan tertipu dan mengira ini adalah jalan buntu. Padahal ini adalah jembatan air dengan jalan raya di bawahnya. Aneh memang mengingat biasanya yang lewat di jembatan adalah kendaraan namun di Belanda air lah yang dibuatkan jembatan.

Baca Juga
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak
7 Fakta Universitas Brawijaya Malang yang Bikin Maba Super Bangga Jadi Mahasiswanya

Baca Juga : Kisah Cinta Soekarno dan 9 Istrinya

Jembatan Air Veluwemeer via Amusingplanet
Jembatan Air Veluwemeer via Amusingplanet

Umumnya jembatan dibangun untuk menghubungkan dua daerah yang terpisahkan oleh sungai, lautan atau jurang. Namun saat permukaan air ternyata lebih tinggi ketimbang jalanan di sekitar maka yang terjadi adalah sebaliknya. Jembatan dibangun untuk mengalirkan air yang terhalang daratan, itulah yang terjadi di Belanda.

Adalah jembatan air Veluwemeer, jembatan ini melintas diatas jalan N302 di dekat Harderwijk, di Belanda timur. Jembatan air ini berada di tengah danau Veluwemeer yang sekaligus menghubungkan daratan Belanda dengan Flevoland.

Jalan raya tampak seperti jalan buntu via Amusingplanet
Jalan raya tampak seperti jalan buntu via Amusingplanet

Baca Juga : 4 Misteri Bung Karno Yang Heboh Hingga Hari Ini

Tepat di bawah jembatan air sepanjang 25 meter ini terdapat jalan raya yang dilewati 28.000 kendaraan umum setiap harinya. Di atas jalan, jembatan dibangun dengan lebar 19 meter dan kedalaman 3 meter sebagai perlintasan air danau. Mulai tahun 2002 jembatan air ini juga digunakan sebagai lalu lintas kapal kecil.

Di bawah Jembatan nampak jalan raya yang melewati terowongan via Amusingplanet
Di bawah Jembatan nampak jalan raya yang melewati terowongan via Amusingplanet

Selain fungsinya sebagai jembatan air, Veluwemeer juga menjadi daya tarik wisata tersendiri. Untuk mengakomodir turis yang ingin menikmati suasana danau dari atas jembatan maka di kanan kiri jembatan dibangun pula jalan setapak yang bisa dilewati orang. Nah, buat traveler yang berlibur ke Belanda tak ada salahnya mampir ke jembatan air ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA