4 Peristiwa Kelabu Jelang Idul Adha yang Harusnya Penuh Suka Cita!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Sep 23, 2015

Tahun lalu kita menyambut Idul Adha dengan suka cita. Bahkan semuanya lancar hingga prosesi pemotongan hewan kurban selesai di lakukan. Namun tahun ini, banyak sekali peristiwa kelabu hadir menjelang datangnya hari besar ini. Bahkan bisa dibilang tragedinya sangat memilukan. Banyak orang merasakan suasana kelabu ini, bahkan kita semua yang ada di Indonesia.

Berikut ini ada sekitar empat peristiwa kelabu jelang perayaan Idul Adha tahun ini. Semoga peristiwa ini membuat kita jadi lebih bersyukur dan mendekatkan diri kepada Sang Pencipta. Tidak malah merutuki nasib dan menyalahkan banyak orang.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

1. Tragedi Jatuhnya Crane di Masjidil Haram, Mekah

Jelang hari raya Idul Adha pasti banyak sekali umat Islam dari penjuru dunia yang datang ke Arab untuk ibadah haji. Tak terkecuali umat Islam yang ada di Indonesia. Mereka berduyun-duyun datang untuk menyempurnakan Keislamannya. Namun manusia berkehendak, Tuhanlah yang menentukannya.

Crane jatuh [image source]
Crane jatuh [image source]
Saat banyak jemaah berkumpul di Masjidil Haram, Mekah. Crane untuk perbaikan bangunan justru ambruk. Akibatnya 118 orang meninggal dunia dan 394 lainnya luka-luka. Dari jumlah itu penduduk Indonesia ada 11 yang menjadi korban meninggal. Padahal mereka harusnya bersuka cita melaksanakan ibadah Haji, namun sepertinya Allah berkehendak lain.

2. Kebakaran Hotel yang Mengakibatkan 1.000 Jemaah Harus Mengungsi

Tak berselang lama setelah kejadian crane jatuh. Musibah kembali datang jelang perayaan Idul Adha di seluruh dunia. Kali ini terjadi kebakaran di salah satu hotel tempat menginap para jemaah haji. Diperkirakan kebakaran terjadi akibat adanya jemaah asal Indonesia yang memasak menggunakan rice cooker. Benda ini akhirnya terbakar dan membuat 1.000 orang harus dievakuasi.

Kebakaran Hotel mekkah [image source]
Kebakaran Hotel mekkah [image source]
Sampai saat ini belum diketahui akan adanya korban jiwa. Namun beberapa jemaah ada yang harus dirawat karena menghirup asap yang tebal. Musibah ini akhirnya bisa teratasi meski mengakibatkan banyak orang kebingungan saking paniknya.

3. Penyerangan Masjidil Aqsa oleh Tentara Israel

Masjidil Aqsa adalah masjid yang sangat penting bagi umat Islam dunia. Masjid ini penuh sekali dengan nilai sejarah yang tak bisa dilepaskan begitu saja. beberapa hari yang lalu, masjid yang berumur ratusan tahun ini justru diserang tentara Israel.

Penyerangan Masjidil Aqsa [image source]
Penyerangan Masjidil Aqsa [image source]
Banyak orang yang bilang jika kompleks suci ini terus diserang agar mengubah status quo-nya. Masjid dan kompleks area ini dianggap suci oleh tiga agama yang mendiami daerah itu. Negara Yordania sempat mengecam dengan keras kelakuan dari Israel karena bisa merusak ketentraman dan bangunan masjid penting ini.

4. Krisis Keuangan di Indonesia yang Datang Perlahan

Meski bukan peristiwa massive yang jadi perhatian dunia, krisis keuangan di Indonesia mulai menampakkan taringnya. Barang kebutuhan melonjak dengan tinggi. Pun nilai tukar rupiah terhadap dolar terus terjun bebas tak bisa dikontrol. Cepat atau lambat banyak rakyat di Indonesia mengalami kesulitan dalam mendapatkan kebutuhan pokok.

Hewan Kurban [image source]
Hewan Kurban [image source]
Apa-apa jadi mahal, mau sembako atau daging. Padahal momen Idul Adha banyak orang yang harus berkurban. Jika semua naik, otomatis harga hewan kurban juga akan naik. Jika harga hewan kurban naik, artinya akan semakin sedikit orang yang berkurban. Rakyat kecil yang bermimpi dapat daging akan memakan sesuatu yang hampa.

Empat kejadian di atas mungkin membuat sebagian orang jadi pusing. Namun jangan jadikan kejadian di atas sebagai alasan untuk tidak meningkatkan ibadah ya. Di setiap bencana yang ada pasti akan ada hikmah yang muncul. Kita harus bersabar dan tetap berusaha.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA