5 Jasa Hebat Vladimir Putin, Presiden Rusia yang Eksistensinya Disegani Dunia

Perekonomian Rusia dulunya terpukur, bisa diperbaiki dalam waktu yang relatif singkat. Indonesia perlu banyak belajar, nih

oleh Nikmatus Solikha
11:00 AM on Jul 26, 2017

Vladimir Putin memang salah satu figur paling fenomenal di dunia. Bagaimana tidak? Presiden Rusia satu ini sudah memimpin selama belasan tahun lamanya. Setidaknya, Putin sudah menjadi presiden selama 3 kali putaran. Masa pemerintahannya, ia dikenal sebagai sosok yang berhasil mengembalikan kekuatan ekonomi di negaranya.

Pria yang lahir 7 Oktober 1952 ini juga kembali memimpin Rusia hingga saat ini. Meski terpilihnya Putin banyak membuahkan tudingan miring, namun toh masyarakat Rusia sudah menikmati hasil kerja nyatanya, terlebih dalam hal ekonomi negara. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah jasa-jasa Putin selama masa kerjanya mulai dari Wakil Perdana Menteri hingga Presiden.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Menyelidiki dan membongkar sejumlah kasus keuangan selama ia menjadi Wakil Perdana Menteri

Rusia pernah menjadi negara dengan perekonomian terpuruk karena adanya campur tangan pihak asing. Dijelaskan dalam gubu Globalisation and Its Discontent, ekonom AS, Joseph E. Stiglits bahwa Rusia merupakan korban resep ekonomi IMF. Sedang IMF dianggap memberikan solusi paling salah dalam perbaikan ekonomi. Kondisi buruk perekonomian Rusia terus berlangsung hingga tahun 1998.

Vladimir Putin [image source]
Pada tahun tersebut, pemerintah bahkan menyatakan tak lagi mampu membayar utang-utang luar negeri. Kondisi ekonomi Rusia baru menemukan titik terang pada tahun 1999, tahun yang sama sejak Vladimir Putin diangkat menjadi Wakil Pertama Perdana Menteri. Saat itu, Putin langsung mengambil tindakan dengan menyelidiki beberapa kasus keuangan di Rusia. Walhasil, banyak skandal yang terbongkar.

Mengatasi masalah krisis ekonomi dalam kurun waktu singkat

Putin menjabat sebagai presiden sejak tahun 2000 hingga sekarang. Sekian lama, ia dipercaya bisa memegang kendali kondisi Rusia. Memang, di bawah kepemimpannya, Rusia seolah kembali pada masa Uni Soviet. Namun, kebijakan-kebijakan yang Vladimir Putin terbukti berhasil.

Ahli mengatasi masalah ekonomi [image source]
Salah satu hasil nyata tentu saja masalah krisis ekonomi yang berhasil di atasi dalam kurun waktu 2005-2006. Rusia berhasil melunasi utangnya pada Paris Club dengan nominal yang nggak karuan banyaknya. Padahal, Rusia merupakan salah satu negara yang memiliki utang terbesar. Jika diperkirakan, total utang Rusia senilai $15 miliar.

Salah satu dari 100 orang paling berpengaruh di dunia

Seperti dibahas sebelumnya, meski Putin dulunya dihadapkan dengan situasi negara yang krisis akibat warisan dari para pendahulunya, ia berhasil kondisi dan menjaga keutuhan negara. Bahkan, ia berhasil menguatkan ekonomi Rusia.

Putih salah satu figur berpengaruh di dunia [image source]
Keberhasilan tersebut sontak membuat nama Putin dikenal sebagai salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia. Rasa bangga terang-terangan dikemukakan oleh mantan Presiden Soviet, Mikhail Gorbachev.

Memberikan dukungan penuh pada negara-negara Islam untuk membasmi terorisme

Vladimir Putin mengutarakan bahwa saat ini begitu banyak negara Islam uang menghadapi ancaman teroris. Untuk itu, mewakili Rusia Putin memberikan dukungan dan komitmen kerjasama dengan negara-negara Islam untuk membasmi segala bentuk ancaman tersebut.

Putin memberikan dukungan pada negara Islam, termasuk Indonesia [image source]
Putin menambahkan bahwa negaranya siap memperkuat keamanan dan juga menjaga stabilitas global, serta membangun tatanan dunia yang adil dan demokratis, bebas dari segala diskriminasi dan kuasa militer.

Serius memerangi ISIS

Vladimir Putin menunjukkan keseriusannya dalam memerangi terorisme. Bahkan, ia mengatakan bahwa warga Rusia yang menjadi bagian dari ISIS akan kehilangan status kewarganegaraannya. Menurut undang-undang Rusia, seorang presiden memang tidak bisa mencoret siapapun dari status kewarganegaraan.

Serius melawan ISIS [image source]
Meski demikian, pihak Rusia bakal mengubah kebijakan tersebut. Dengan berkonsultasi dengan para pakar hukum, keputusan untuk mencoret warga negara yang tergabung dengan ISIS akan dibuat.

Itulah jasa-jasa Vladimir Putin yang begitu nyata. Presiden Rusia ini selain dikenal kaya raya, ia juga ahli dalam hal memperbaiki ekonomi. Terlebih, pemimpin satu ini juga sukses jadi salah satu tokoh paling berpengaruh di dunia. Jelas, figur Putin memang layak dijadikan panutan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA