Inilah 4 Jasa Tak Terbantahkan “Polisi Cepek” alias “Pak Ogah” yang Sering Dilupakan

Berguna atau merugikannya mereka tergantung pada presepsi masing-masing

oleh Arief Dian
17:00 PM on Jul 26, 2017

Keberadaan polisi cepek di masyarakat selalu menimbulkan pro dan kontra. Ada yang bilang atas jasa mereka para pengendara bisa lolos dari kemacetan. Namun ada juga yang bilang justru karena merekalah banyak kesemrawutan terjadi di jalan raya. Dengan dalih lebih mendahulukan mobil atau motor yang memberikan uang, akibatnya lebih banyak masyarakat yang kontra dengan profesi itu.

Di balik semua itu, kita sering melupakan  banyak jasa para polisi cepek. Kamu mungkin tidak sadar ternyata berkat mereka pula banyak nyawa yang diselamatkan. Terlepas dari segala stigma negatif, berikut adalah manfaat dari keberadaan polisi cepek itu.

Baca Juga
Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ternyata Inilah 4 Hal Hebat yang Dilakukan Ahok di Mako Brimob
Kisah Lucy Agnes, Putri Bos Djarum yang Lebih Memilih Meninggalkan Kemewahan Demi Jadi Biarawati

Jelas, para polisi cepek ini pahlawan di saat jam padat

Seperti yang diketahui kalau tugas seorang polisi cepek ini kadang bukan hal yang main-main. Keadaan saling ingin duluan para pengendara, kadang malah membuat lalu lintas semakin semrawut. Akhirnya para “Pak ogah” ini sebagai bagian masyarakat yang menggantikan secara sementara tugas para polisi. Memang sih beberapa dari mereka malah memberikan citra buruk pada polisi cepak.

Lalu lintas [image source]
Asal ada uang, maka anda akan didahulukan, menjadi moto utama beberapa oknum polisi cepak. Namun ingat, tidak semua polisi cepek punya kelakuan seperti itu. Pasalnya ada kok yang sampai rela tidak mau dibayar hanya karena peduli dengan lalu lintas yang semrawut. Secara tidak langsung, baik polisi maupun masyarakat, terbantu oleh mereka.

Para polisi cepek adalah penghibur

Siapa bilang kalau orang yang menjadi polisi cepek hanya punya gaya itu-itu saja. Pasalnya demi menjalani profesinya menggantikan sementara para polisi, pak ogah ini punya cara unik saat bertugas. Ya, banyak ditemui para polisi cepek yang seolah sedang bergoyang saat mengatur mobil dan motor yang lewat.

Polisi cepek [image source]
Sederhana memang, namun justru hal itu menjadi hiburan tersendiri bagi orang yang melihatnya. Terutama saat sedang macet atau penat datang, para polisi cepek ini lumayan buat mencairkan suasana yang sedang tegang. So, tidak selamanya mereka ini selalu lekat dengan stigma buruk.

Mereka pahlawan yang bisa diandalkan

Siapa bilang kalau polisi cepek ini hanya bertugas dalam mengatur lalu lintas, pasalnya banyak dari mereka juga sering membantu di jalan raya loh. Ya, tanpa mau di bayar dengan uang sepeserpun, banyak polisi cepek yang mau menyeberangkan anak sekolah atau lansia di jalan raya.

Pahlawan [image source]
Kadang tidak jarang para polisi cepek ini membawa barang bawaan yang dibawa oleh para penyeberang. Polisi cepek ini juga sangat ramah pada para pendatang, jika kalian tersesat atau mau tanya alamat, maka cobalah untuk menanyakan hal itu pada mereka. Pasalnya para polisi cepak ini hafal dengan jelas keadaan sekitar dan jangan khawatir gratis kok.

Keadaan darurat, mereka tanggap

Seumpama terjadi kecelakaan di dekat tempat para polisi cepek ini beroperasi, biasanya merekalah yang duluan tanggap. Respon mereka dalam menolong pengendara yang butuh bantuan patut diacungi jempol. Tidak melulu hanya uang yang diprioritaskan, namun yang lebih kritis harus diutamakan.

Siap sedia [image source]
Contoh lain, para polisi cepek ini selalu bisa diandalkan saat mobil ambulans atau pemadam kebakaran akan tiba. Dan berpikir panjang, polisi cepek lebih mendahulukan mereka karena tahu ada yang dalam bahaya. Mungkin bisa dibilang kadang mereka sadar kendaraan mana yang lebih dulu didahulukan ketimbang yang lain. Sedangkan kita malah kebanyakan lebih egois dalam menggunakan jalan.

Memang image polisi cepek sekarang lebih cenderung negatif karena kesalahan beberapa oknumnya. Namun ingat, tidak semua akan berperilaku seperti itu, bahkan banyak dari mereka yang rela tidak dibayar. Berguna atau merugikannya mereka tergantung pada presepsi masing-masing.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA