Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Indonesia dan Malaysia sebenarnya saudara serumpun, ibarat kakak beradik

oleh Arief Dian
14:00 PM on Aug 23, 2017

Hubungan Indonesia dan Malaysia dari dulu memang naik turun. Kadang karena masalah sepele, kedua netizen di dua negara ini langsung terbakar emosi. Alhasil terjadilah saling hujat antara para pengguna medsos di kedua negara. Hingga akhirnya jadilah sentimen negatif antara satu dengan yang lainnya.

Di balik semua itu, sebenarnya Indonesia dan Malaysia adalah ibarat kakak beradik. Ya, saat satu membutuhkan, maka yang lain akan siap membantu. Buktinya Malaysia selalu memberikan bantuannya pada Indonesia, meskipun dirinya sendiri seharusnya juga butuh pertolongan. Berikut adalah jasa Malaysia pada Indonesia yang tidak akan pernah dilupakan.

Baca Juga
Anton Lucanus, Driver Ojek Bule Ganteng yang Bikin Perempuan Rela Dibonceng ke Ujung Dunia
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak

Saling bekerja sama menggempur ISIS

Semenjak serangan pada kota Marawi yang dilancarkan oleh ISIS, rupanya negara lain di Asia Tenggara tidak mau tinggal diam. Untuk itu, beberapa negara itu melakukan kerja sama militer untuk membantu Filipina dalam memberantas terorisme di Marawi.

Kerja sama militer [image source]
Dan di saat itulah pihak militer Malaysia dan Indonesia saling bekerja sama untuk mengirimkan bantuannya pada Filipina. Lagi-lagi tanpa memandang dari mana berasal, kedua negara ini seolah saling bahu-membahu untuk menghilangkan terorisme dari kawasan Asia Tenggara. Bisa dibilang kalau hubungan kedua negara ini ibarat adik dan kakak ya, mereka berdua bekerja sama membantu siapa pun yang membutuhkan.

Malaysia turun tangan dalam bencana asap di Kalimantan

Melihat tetangganya mengalami kesulitan, rupanya Malaysia tidak hanya berpangku tangan. Dengan keadaan kebakaran luar biasa di Kalimantan beberapa tahun yang lalu, terjadilah bencana lain. Ya, kabut asap yang membuat rakyat Indonesia menderita. Lalu apa Malaysia diam saja?

Pesawat air malaysia [image source]
Tidak, mereka justru mengerahkan bantuannya baik para sukarelawan hingga militernya demi memadamkan api dan asap yang ada di sana. Sekali lagi, saudara satu rumpun itu membuktikan bagaimana eratnya hubungan kedua negara ini. Bayangkan, tanpa peduli dari mana berasal, banyak sukarelawan Malaysia yang melewati batas negara hanya demi  membantu negara kita. Salut buat Malaysia, kita memang berhutang budi kepadanya.

Tsunami Aceh, hanyalah satu kisah

Kita pasti ingat dengan tragedi bencana tsunami yang menimpa Aceh beberapa waktu yang lalu. Ya, dari bencana tersebut sudah 200 ratus ribuan korban yang berjatuhan. Namun di balik penderitaan tersebut, ingatkah kita bantuan paling awal yang diterima Indonesia? Ya, tidak lain dan tidak bukan berasal dari tetangga kita sendiri Malaysia. Padahal kalau ditengok, negara mereka sendiri waktu itu juga menjadi korban bencana tsunami.

Bantuan Tsunami [image source]
Namun justru mereka malah masih bisa membantu kita dengan datang langsung ke Indonesia.  Bukan hanya itu, bahkan sampai beberapa tahun pasca tsunami, Malaysia masih rutin memberikan bantuannya pada Aceh. Ya, jasa mereka seharusnya tidak kita lupakan. Memang sebagai negara yang bertetangga kita selalu butuh satu sama lain.

Bukan hanya sekali, berkali-kali kita hutang budi

Sebenarnya kepedulian Malaysia pada Indonesia tidak perlu ditanyakan lagi. Ya, telah berkali-kali Indonesia tertimpa musibah. Gempa di Aceh dan Jogja mungkin menjadi salah satu saksi kebaikan Malaysia pada Indonesia. Ya, kita ingat pastinya gempa Jogja yang sempat meluluh lantakan kota itu dulu.

Bantuan gempa [image source]
Dengan keadaan seperti itu, Malaysia tidak ragu memberikan bantuannya pada TKI yang menjadi korban di Jogja. Atau gempah Aceh dan Sumatera Barat tahun lalu, Negeri Jiran itu  bahkan mengulurkan bantuan sebesar $1 juta demi Indonesia. Ya, Indonesia dan Malaysia adalah satu saudara serumpun, satu terluka, lainnya pun ikut merasakan.

Dari berbagai kebaikan yang dilakukan oleh Malaysia itu, kita tidak boleh lupa kalau ternyata negeri Jiran adalah yang paling perhatian kepada Indonesia. Terlepas dari semua perselisihan dan kesalahan yang ada, jangan lupa kalau kita adalah satu saudara serumpun.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA