Kebaikan-Kebaikan Besar FPI yang Mungkin Belum Kamu Tahu

oleh Nikmatus Solikha
12:12 PM on Jan 23, 2017

Tidak bermaksud mendukung sikap sentimentil, tapi masyarakat sekarang kalau ditanya tentang FPI jawabannya selalu buruk. Mulai dari organisasi rusuh, tukang demo, suka grebek dan lain sebagainya. Pandangan macam ini juga semakin menebal ketika banyak media yang menayangkan hal-hal buruk tentang organisasi ini. Termasuk masalah Habib dan juga insiden bendera merah putih yang belakangan ini terjadi.

FPI mungkin kesannya kurang baik, tapi pada kenyataannya organisasi ini cukup sering berbuat baik. Mungkin tidak banyak yang tahu, tapi track record FPI itu cukup panjang untuk hal-hal yang berhubungan dengan kemanusiaan serta aksi-aksi lainnya. Sayangnya, beberapa mungkin lepas dari mata media sehingga apa yang nampak dari organisasi ini hanya hal-hal buruk.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Lalu, hal-hal hebat macam apa saja yang pernah dilakukan organisasi pimpinan Habib Rizieq ini? Simak ulasannya berikut.

Aksi Langsung Insiden Ketapang

Mungkin kamu masih ingat dengan aksi anarkis para preman yang merusak masjid di bilangan Ketapang. Peristiwa ini cukup bikin gempar gara-gara yang beraksi adalah para preman. Jumlahnya sendiri cukup bikin nyali ciut lantaran setidaknya ada 600 preman yang terlibat dalam aksi ini.

Masjid Ketapang [Image Source]
Ketika masyarakat hanya bisa prihatin dan aparat agak lambat dalam merespon, FPI turun untuk menyelesaikan masalah ini. Tidak dipungkiri ada beberapa clash yang terjadi, namun FPI berhasil mengusir para preman-preman tersebut. Ketika itu, pasukan FPI dipimpin langsung oleh Imam Besar Laskar LPI, KH. Tb. Siddiq AR.

Mendukung Santri Memperjuangkan Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Tak hanya mengusir preman, DPP-FPI juga pernah membuat semacam seruan kepada para santri untuk menegakkan Amar Ma’ruf nahi mungkar di kelurahan Rawa Buaya, Kecamatan Jati Negara, Jakarta Timur. Seruan ini berbentuk semacam dukungan bagi santri untuk menutup tempat-tempat maksiat di lingkungan masyarakat.

Gerakan FPI [Image Source]
Tempat-tempat maksiat ini sendiri meliputi banyak, misalnya sarang sarang minuman keras, tempat pelacuran, dan juga perjudian. Tak hanya itu, aksi ini juga sekaligus untuk memberangus premanisme. Meskipun mungkin dalam beberapa aksi ini ada sedikit kekerasan, tak bisa ditampik kalau dampaknya sangat positif. Setidaknya masyarakat yang jengah dengan peredaran dosa di sekitarnya, akhirnya bisa bernapas lega.

Membuka Pendaftaran Jihad Palestina

Tak hanya berkiprah di negeri sendiri, FPI juga pernah melebarkan sayapnya sampai Palestina. Kali ini bentuknya adalah semacam komite yang tujuan utamanya untuk membantu negara yang sedang dizalimi oleh Israel itu. Ketika itu FPI juga membuka semacam pendaftaran bagi siapa pun yang ingin ikut berjihat membela Palestina.

Relawan FPI [Image Source]
Wacana yang dibuat FPI ini bisa dibilang sukses karena pada realitanya bantuan-bantuan memang sampai ke sana. Secara tidak langsung Indonesia pun kecipratan bangga atas aksi FPI ini. Pasalnya, mereka tentu tak hanya membawa atribut organisasi, tapi juga negara asal. Luar biasa!

Membantu Korban Bencana Alam

Pada saat terjadi bencana Tsunami yang menimpa Nangroe Aceh Darusalam, FPI bergerak cepat dengan mengirim banyak sekali relawan untuk membantu di Aceh. FPI melakukan bantuan dan bertahan paling lama di Aceh.

POSKO FPI [Image Source]
Selama di Aceh, FPI banyak membantu di sektor krusial. Termasuk aksi-aksi evakuasi di titik paling parah. Ketika itu Habib Rizieq pun juga ikut turun langsung dalam proses-proses pemulihan Aceh. Lantaran loyalitas dan antusiasme yang besar dalam membantu, FPI pun dipandang bagus oleh warga-warga Aceh. Bahkan sampai hari ini.

Kalau kita catat satu-satu, sebenarnya masih begitu banyak jasa-jasa FPI. Terutama soal aksi-aksi mereka dalam membantu korban bencana alam. Tak hanya Aceh, banyak aksi lain yang mereka lakukan. Sayangnya, beberapa mungkin tidak terekam kamera. Kemudian soal kesan dan penilaian, semuanya dikembalikan lagi. Harusnya setelah melihat kebaikan-kebaikan mereka, sudut pandang terhadap FPI bisa sedikit berubah.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA