Di Balik Panasnya Kasus Suap yang Dialami, Inilah 8 Jasa Tak Terlupakan Eddy Rumpoko Terhadap Kota Batu

Kota Batu yang sekarang ini adalah berkat dedikasi ER dalam membuat rakyat dan pejabat kompak.

oleh Halwa
15:00 PM on Sep 20, 2017

Maraknya pemberitaan kasus suap yang ditangani oleh KPK saat ini terkait wali kota Batu, ER, membuat banyak masyarakat khususnya warga setempat menyayangkan hal tersebut. ER merupakan inisial nama dari Eddy Rumpoko, ia menjabat wilayah kota Batu sebanyak dua periode dari tahun 2007-2012 dan 2012-2017. Masa jabatannya berakhir pada bulan Desember 2017 nanti dan digantikan oleh istrinya, Dewanti Rumpoko yang menang dalam Pilkada Februari lalu.

Kasus suap yang diduga dilakukan oleh ER membuat banyak orang seakan tidak percaya. Pasalnya, ia dikenal masyarakat sebagai walikota yang ramah, baik, sopan, bijaksana dan memberikan perubahan cukup drastis kepada wilayah tersebut. Sayangnya, gara-gara korupsi yang diduga dilakukannya, ER pun membuat banyak orang kecewa. Menilik soal jasa ER kepada Batu, berikut ini beberapa hal hebat yang pernah dilakukannya.

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Mendorong Pengembangan Pertanian Organik

Pertanian Organik [Image Source]
Sejak menjabat tahun 2007 silam, ER membuat banyak inovasi termasuk salah satunya di bidang pertanian. Ia mencegah pembangunan di area-area pertanian seperti ladang, kebun dan sawah. Hal tersebut dilakukan untuk menyiasati harga sembako dan kebutuhan pokok agar tidak melambung tinggi. Solusi lain yang dilakukan oleh ER adalah menerapkan program mengurangi bahan kimia pada tanaman yang ditanam. Hal itu dimaksudkan agar masyarakat kota Batu tidak banyak terserang penyakit dan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan yang bernutrisi.

Beasiswa Pendidikan Gratis Hingga SLTA

Beasiswa pendidikan [Image Source]
Kontribusi besar ER dibidang pendidikan ini juga diacungi jempol dan mendapat apresiasi yang luar biasa dari warga Batu, khususnya keluarga-keluarga yang terhimpit ekonomi. Di kota Batu ER memberlakukan pendidikan gratis untuk masyarakatnya sampai jenjang SLTA. Bahkan tak hanya warga setempat saja, penduduk luar yang tidak berKTP Batu pun juga mendapatkan kenyamanan ini.

Membongkar Pasang Pariwisata untuk Menarik Wisatawan

Alun-alun Batu [Image Source]
Awalnya, sepak terjang ER dimulai dari Alun-Alun Kota yang dipugar dan kembali dibangun sedemikian rupa hingga menarik pengunjung lokal maupun luar. Setelah mendapatkan cukup perhatian dengan panorama Alun-Alun Kota yang menarik, ia beralih ke tempat-tempat wisata seperti Coban Talun, Coban Rondo, Batu Night Spectaculer, Batu Secret Zoo, Eco Green Park, dan masih banyak lagi. Apa yang dilakukannya ini cukup membuahkan hasil. Terbukti dari banyaknya wisatawan yang mampir ke kota apel ini.

Konsumsi Susu Segar untuk Anak-Anak SD Wilayah Kota Batu

Susu segar murni [Image Source]
Program ER lainnya yang membuat takjub selain sektor pertanian dan pariwisata adalah kesehatan. Salah satu buktinya yakni dengan upayanya menciptakan program pemberian susu dan bahan nutrisi lain kepada anak-anak SD di sana. Tercatat sebanyak 5 milyar dikeluarkan Pemerintah Kota Batu untuk membeli susu dari peternak susu setiap tahunnya. Hal ini pun berdampak pula para para peternak sapi perah yang juga sangat diuntungkan.

Semenjak Menjabat, PAD Kota Batu Semakin Meningkat

PAD meningkat [Image Source]
Seiring dengan pembangunan pariwisata Batu yang super gencar, hal ini pun berakibat pada pendapatan asli daerah (PAD) yang semakin menanjak. Peningkatan PAD mulai terlihat pada 2010 yang mencapai Rp 17 miliar yang di tahun 2011 menjadi Rp 30 miliar. Tren itu tetap berlanjut sampai di tahun 2014 pendapatannya mencapai Rp 78 miliar dan terus bertambah. Kemungkinan kasus terciduknya ER tempo hari bakalan merembet ke arah pengelolaan dana dan pendapatan kota Batu. Tak lepas juga segala asset yang dimiliki ER akan terus diselidiki. Bisa saja, istri termasuk keluarganya juga akan dimintai keterangan oleh pihak KPK.

Meningkatkan Perekonomian Warga dengan Mudahnya Membuka Usaha Warung Kuliner dan Oleh-Oleh

Oleh-oleh khas Batu [Image Source]
Maraknya pariwisata di kota Batu membuat masyarakat begitu antusias ketika ingin membuka usaha. Hal ini terbukti dari banyaknya outlet makanan ataupun warung-warung yang berada di kota tersebut. Uniknya, ER sama sekali tidak mempersulit para warganya yang ingin membuka usaha seperti ini. Alhasil perekonomian masyarakat pun berangsur-angsur naik dan ini juga membuat nama kota Batu makin menggema .

Jaminan Kesehatan Ibu Hamil dan Santunan Bulanan untuk Lansia

Memperhatikan lansia [Image Source]
Pemerintah Kota Batu dibawah naungan Eddy Rumpoko juga membuat program jaminan kesehatan untuk ibu hamil. Dana pemerintah kota memang untuk membangun Batu dan menyejahterakan warganya. Selain itu juga ada santunan bulanan untuk lansia dikarenakan usia-usia mereka sudah tidak produktif untuk bekerja sehingga Pemkot memberlakukan program tersebut.

Mengadakan Acara-Acara Religi dan Event Bertaraf Internasional

Acara religi [Image Source]
Walikota Batu yang satu ini juga dikenal religius di depan mata masyarakatnya. Terbukti ia cukup sering mengadakan acara-acara keagamaan seperti sholawat dan juga pengajian. Pernah pula ia mengundang budayawan terkenal Indonesia yakni Cak Nun dan Kyai Kanjengnya. Acara-acara internasional juga beberapa kali digelar di hotel-hotel kawasan Batu.

Tak ada yang tahu sebelum kebenarannya terungkap. Kita sebagai masyarakat memang merasakan perubahan luar biasa dari kota Batu. Tetapi di balik itu, sesuatu yang tidak benar memang harus pertanggungjawabkan. Kalaupun memang terbukti bersalah, maka hukuman yang pantas untuk mereka. Tetapi satu yang pasti, Batu menjadi maju karena pemerintahan ER yang membuat rakyat dan pejabat kompak bersatu.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 28 Potret ini Akan Membuatmu Tahu Rupa Asli Korea Utara yang Sebenarnya
BACA JUGA