5 Jasa Besar Mao Zedong ini Berhasil Membuat Tiongkok Merajai Dunia

oleh Rizal
07:00 AM on Apr 27, 2016

Layaknya Soekarno bagi kita, begitulah orang-orang Tiongkok memandang sosok bernama Mao Zedong. Pria ini dianggap sebagai kunci titik balik Tiongkok, di mana dulu mereka begitu lemah dan gampang ditindas, perlahan menjadi bangsa besar yang seolah tak terbendung kekuatannya. Mao, orang-orang Tiongkok sangat berterima kasih untuk apa yang sudah dilakukan sosok ini.

Begitu dielu-elukan bukan berarti Mao adalah orang yang sempurna. Tercatat ia pernah melakukan berbagai macam kegilaan yang sadis. Salah satunya yang paling terkenal adalah matinya jutaan orang Tiongkok ketika negeri tirai bambu itu ada di tangannya. Meskipun demikian, jasanya dianggap lebih besar dan penting karena memang berhasil mengubah Tiongkok yang lemah menjadi digjaya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Ada begitu banyak hal sangar yang dilakukan seorang Mao Zedong kepada Tiongkok dan bikin negara satu itu menggila seperti hari ini. Simak ulasannya berikut.

1. Mao Berperan Aktif Menyudahi Penjajahan Jepang Atas Tiongkok

Penjajahan Jepang atas Tiongkok adalah salah satu kolonialisme paling kejam sepanjang sejarah. Tercatat kala itu Jepang benar-benar melampiaskan kebiadabannya dengan sangat parah. Mereka membunuh orang-orang Tiongkok seperti binatang, dan memperkosa wanita-wanitanya seperti mainan usang. Tak heran, sampai hari ini orang-orang Tiongkok masih menyimpan dendam kesumat meskipun pemerintah Jepang pernah meminta maaf.

Mao Zedong ketika bersama Pasukannya [Image Source]
Mao Zedong ketika bersama Pasukannya [Image Source]
Nah, di masa penjajahan yang mencekam itu, banyak terjadi perlawanan. Salah satunya dilakukan oleh Pasukan Merah yang diprakarsai oleh Mao Zedong. Ketika itu Mao dan tentaranya ini menyusuri daerah-daerah yang dikuasai Jepang. Usaha ini bisa dibilang berhasil, hingga akhirnya di tahun 1945 Jepang benar-benar minggat dari Tiongkok.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA