Meskipun Sangat Indah, Jangan Sekali-Kali Mencoba Mendekati 5 Danau ini

oleh Rizal
15:00 PM on Sep 15, 2015

Mengingat peneliti masih belum secara pasti menemukan planet lain selain Bumi yang bisa ditinggali, maka bisa disimpulkan sementara jika planet inilah satu-satunya yang bisa mendukung kehidupan. Tanpa perlu pembuktian mendalam hal ini memang benar adanya, toh kita masih nyaman-nyaman saja tinggal di sini. Nah, meskipun jadi satu-satunya tempat yang diketahui bisa dihidupi, namun Bumi tak hanya berisi hal-hal yang indah saja.

Benar sekali, ada banyak sekali tempat-tempat mengerikan berada di sekitar kita. Tak hanya gunung berapi, tapi juga deretan danau-danau mematikan yang akan diulas kali ini. Meskipun sangat berbahaya, namun danau ini memiliki keindahan tersendiri. Jadi, jangan tertipu dengan penampilannya, karena jika tak waspada mungkin ini akan jadi kunjunganmu yang terakhir.

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

1. Danau Mendidih, Dominika

Di Jepang ada sebuah tempat pemandian air panas yang disebut Onsen. Sepertinya namanya, air di sana benar-benar panas dan umumnya memang bukan buatan alias langsung keluar dari perut Bumi. Indonesia sendiri juga punya banyak tempat seperti ini. Misalnya di Bogor dan Malang.

Berendam di sini akan membuat seseorang matang sempurna [Image Source]
Berendam di sini akan membuat seseorang matang sempurna [Image Source]
Nah, di Dominika juga ada yang seperti ini bahkan bentuknya adalah sebuah danau, namun tak seperti yang ada di Jepang atau Indonesia, suhu sumber mata air panas di sini tak karuan tingginya, sekitar 197an Fahrenheit. Suhu yang cukup untuk membuat orang-orang yang mencoba berendam di sana matang sempurna. Salah satu bukti lagi kalau danau ini memang airnya panas luar biasa adalah kepulan asap pekat serta pemandangan air yang mendidih dengan buih-buih panasnya itu.

2. Danau Tapal Kuda, Arkansas

Sekilas Danau Tapal Kuda ini memang sangat cantik. Airnya yang bening dan tenang itu seolah sempurna dengan nuansa hijau pepohonan yang ada di sekitarnya. Namun jangan tertipu dengan penampilan ini, karena aslinya Danau Tapal Kuda adalah pembunuh yang sudah memakan banyak korban.

Meskipun tenang, danau ini sangat mematikan [Image Source]
Meskipun tenang, danau ini sangat mematikan [Image Source]
Pada tahun 2006 kemarin 3 orang tewas gara-gara berada di sekitar danau ini. Mereka bahkan tidak menyentuh airnya sama sekali. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Ternyata di bawah danau ini merupakan gunung berapi yang masih aktif. Diketahui posisi tersebut membuat air danaunya mengandung banyak sekali karbon dioksida. Seperti yang kamu tahu, terlalu banyak menghirup gas hasil pembakaran tersebut akan membuat seseorang mati lemas secara perlahan. Alhasil, danau ini pun tidak pernah lagi dikunjungi. Sesekali memang ada yang mampir walaupun hanya sebentar saja.

3. Danau Karachay, Rusia

Ural jadi salah satu kompleks pegunungan yang paling indah di dunia. Tak hanya terhampar pemandangan hijau yang menyegarkan mata, ada juga guratan-guratan salju yang membuatnya kontras dan unik. Di pegunungan Ural ini juga terdapat beberapa danau cantik. Namun begitu ada sebuah danau yang paling dihindari para hiker.

Hanya dengan berdiri di tepian danau ini sudah cukup untuk membuat diri kita kena radiasi tingkat tinggi [Image Source]
Hanya dengan berdiri di tepian danau ini sudah cukup untuk membuat diri kita kena radiasi tingkat tinggi [Image Source]
Nah, di salah satu bagian barat pegunungan Ural, ada sebuah danau yang dijadikan sebagai tempat limbah nuklir Rusia selama bertahun-tahun. Alhasil, zat-zat penghasil radioaktif sangat kental di sini. Konon katanya, hanya berdiri di tepi danau tersebut akan membuatmu segera terinfeksi dan kemudian mati tak lama kemudian.

Pada tahun 1961 lalu, danau ini juga telah meracuni sekitar 500 ribu orang. Gara-garanya, debu radioaktif yang dibuang di danau ini ternyata terbawa angin dan mungkin terhirup oleh penduduk di sekitarnya. Jumlah ini pun juga katanya hampir menyamai korban bom atom yang menimpa Hiroshima.

4. Danau Monoun, Kamerun

Sebenarnya danau yang terletak di Kamerun ini jauh dari kata aneh. Pasalnya, semuanya terlihat normal dan tidak membahayakan. Airnya yang jernih serta pemandangan sekitarnya yang indah, membuat Monoun mungkin jadi destinasi wisata yang keren di Kamerun.

Meskipun airnya jernih dan tenang, danau ini bisa meledak tiba-tiba [Image Source]
Meskipun airnya jernih dan tenang, danau ini bisa meledak tiba-tiba [Image Source]
Namun, jangan pernah sekali pun mencoba berenang atau memancing di sana jika tidak siap dengan risiko tubuh tercabik-cabik. Bukan karena ada banyak hewan buas di sini, tapi danau ini kerap kali memunculkan ledakan yang tak terduga. Meskipun tidak seheboh bom sungguhan, namun terkena ledakannya akan sangat fatal.

Menurut peneliti, air danau Monoun mengandung carbon dioxide dalam jumlah besar. Jadi, sewaktu-waktu akan memunculkan ledakan kejutan yang dihasilkan dari proses kimia dan fisika gas tersebut. Danau ini pernah menewaskan sekitar 37 orang pada tahun 1984.

5. Danau Nyos, Kamerun

Terletak tak jauh dari Danau Monoun, ada pula Danau Nyos yang menawarkan bahaya yang juga tak kalah ngeri. Seperti si tetangga, sekilas takkan di sadari jika Nyos menawarkan bahaya besar karena tampilannya yang sangat eksotis dan indah. Namun selama kurung waktu 100 tahun terakhir danau ini sudah membunuh ribuan manusia dan juga hewan-hewan ternak.

Airnya yang asam telah membunuhi ribuan manusia dan juga banyak sekali hewan ternak [Image Source]
Airnya yang asam telah membunuhi ribuan manusia dan juga banyak sekali hewan ternak [Image Source]
Diketahui ternyata danau ini mengandung karbon dioksida dalam jumlah yang banyak sekali. Alhasil, air danau pun berubah kandungannya menjadi karbon asam. Mengonsumsi airnya tentu akan membunuh seseorang dalam hitungan menit saja. Makanya meskipun tanah di sini cukup subur, tapi para penduduknya memutuskan untuk migrasi ke daerah yang lain.

Ya, tidak hanya manusia yang bisa menipu secara penampilan, deretan danau di atas pun melakukan hal yang sama. Sekilas mungkin sangat indah, namun menyimpan bahasa yang luar biasa ganasnya. Meskipun begitu, tak masalah sebenarnya mengunjungi deretan tempat di atas. Asal memperhatikan jarak dan juga aturan-aturan yang telah ditentukan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA