Royal Clock Tower Mekkah Pecahkan Rekor Jam Terbesar di Dunia

oleh Alfry
21:08 PM on Nov 12, 2014

Selama ini jika membahas tentang jam terbesar di dunia pasti ujung-ujungnya merujuk pada Big Ben di London, Inggris. Memang tidak salah jika pertanyaannya adalah jam apa yang paling besar di dunia sebelum tahun 2012?. Kini jika ditanya jam terbesar di dunia dan kita menjawab Big Ben bisa ditertawakan orang sekampung dikira kita kuper alias kurang pergaulan.

Predikat sebagai jam dengan tampilan terbesar di dunia kini disematakan pada Royal Clock Tower yang berada di puncak gedung pencakar langit Abraj Al Bait yang berada di Arab Saudi. Predikat ini sekaligus menggeser posisi nomer wahid Big Ben yang sudah disandangnya selama ratusan tahun. Tidak hanya itu, gelar tambahan sebagai menara jam tertinggi di dunia semakin menggenapi kedigdayaan jam pendatang baru yang juga menjadi landmark kota Mekkah ini. Bayangkan saja jam raksasa ini digantung di puncak gedung pencakar langit dengan ketinggian 601 sedangkan Big Ben hanya berada di seper enam dari ketinggian Royal Clock Tower ini atau berada di kisaran 96 meter saja.

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Royal Clock Tower, Mekkah (c) 3.bp.blogspot.com
Royal Clock Tower, Mekkah (c) 3.bp.blogspot.com

Royal Clock Tower merupakan jam 4 sisi yang masing-masing memiliki diameter mencapai 40 meter. Coba bayangkan jam sebesar itu pasti menjadi pusat perhatian para jemaah umroh maupun jemaah haji yang sedang beribadah di Masjidil Haram. Saat malam hari jam ini memancarkan kilaunya yang terang didukung oleh dua juta lampu led dan 21.000 lampu hijau dan putih yang berkerlap-kerlip satiap harinya.

Sejak tahun 2012 Royal Clock Tower mengukuhkan diri sebagai jam terbesar dan tertinggi di dunia (c) erviewer.com
Sejak tahun 2012 Royal Clock Tower mengukuhkan diri sebagai jam terbesar dan tertinggi di dunia (c) erviewer.com

Bangunan pencakar langit dimana jam ini berada pun terdiri dari 120 lantai yang dilengkapi dengan ruang untuk beribadah yang dapat menampung jemaah sebanyak 10.000 orang. Di dalamnya juga terdapt mall lima lantai untuk keperluan belanja. Jam terbesar dan tertinggi di dunia ini adalah hasil rancangan arsitek Jerman, Mahmoud Bodo Rasch.

Umat muslim kini boleh bangga karena memiliki ikon yang mendunia berupa jam raksasa yang mengalahkan kemasyuran Big Ben yang terkenal. Siapa tahu suatu saat nanti patokan dalam pembagian jam dunia akan berada di kota Mekkah buka di Greenwich lagi. Bagaimana menurut Anda, mungkinkah hal itu terjadi?

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA