in

6 Jalur Utama Paling Berbahaya dan Mengerikan Yang Ada di Dunia

Adanya jalan yang layak di sebuah negara membuat perekomiannya berjalan dengan mulus. Tidak ada satu daerahpun yang tertinggal karena pendistribusian kebutuhan sehari-harinya teratasi. Namun masih banyak negara yang memiliki jalanan yang tak layak di lewati, bahkan merupakan jalur utama.

Tak hanya tidak layak pakai, beberapa jalur utama yang ada di bawah ini juga terkesan horror dan berbahaya. Para penggunanya dapat mengalami kecelakaan jika tidak berhati-hati mengendarai kendaraan. Jalur utama manakah yang paling berbahaya dan mengerikan di dunia. Berikut uraiannya.

1. Trans Siberian Highway, Rusia

Jalur kendaraan darat ini bukanlah kereta api yang memiliki nama yang hampir sama. Namun merupakan jalan tol yang terbentang menghubungkan Rusia bagian utara hingga menuju bagian tenggara negara itu. Jalur utama yang menghubungkan Vladivostok ke St Petersburg ini dikenal sebagai jalur paling berbahaya dan mengerikan. Hal ini dikarenakan lintasan jalan yang melewati hutan, pegunungan dan padang pasir.

Trans Siberian Highway Russia
Trans Siberian Highway Russia [Image Source]
Hal lain yang membuat jalan buatan Stalin ini semakin mengerikan adalah bentuk jalan yang sebagian besar tak beraspal dan memiliki tektur badan yang tak merata. Selain itu ada cerita yang menarik tentang jalur utama ini dimana ada tempat yang memiliki bentuk semi lingkaran aneh dan memutus jalur lurus jalan ini.

2. Highway 1, Meksiko

Sebuah gempa yang terjadi pada tahun 2013 lalu membuat jalan raya Esenada-Tijuana di Baja California, Meksiko rusak parah. Tak hanya retak di beberapa bagian, gempa tersebut menyebabkan jalanan rusak tak bisa dilewati. Bahkan ada beberapa bagian dari badan jalan yang runtuh ikut longsoran tanah.

Highway 1, Meksiko
Highway 1, Meksiko [Image Source]
Setelah kejadian mengerikan tersebut, kini jalan ini masih saja dalam perbaikan yang tak kunjung selesai. Jalur utama yang mengarah ke kota pelabuhan Ensenada di semenanjung Baja California ini kini telah beraspal kembali namun masih banyak batu-batu besar yang dapat membahayakan para pengguna jalan. Apalagi dengan jenis jalan yang berada di atas tebing tanpa pagar.

3. Pan American Highway

Jalur utama yang menjadi penghubung antara Alaska dan Argentina adalah Pan American Highway. Jalan terbentang sepanjang 30.000 km ini dapat terlihat mengerikan jika dilihat dari angkasa. Tak hanya mengerikan saja, jalan ini juga dikenal paling berbahaya.

Pan American Highway
Pan American Highway [Image Source]
Selain pemandangan hutan, padang pasir hingga gletser yang dapat ditemui di jalur ini, ada juga bagian jalan yang berkelok sehingga dapat membahayakan orang yang membawa kendaraan. Tentunya butuh keahlian khusus dan juga stamina yang kuat jika melewatinya karena tidak sediki orang yang mengalami kecelakaan.

4. North Yungas Road

Jalan yang berada di Bolivia ini merupakan salah satu jalan yang paling berbahaya di dunia. Tak hanya berbahaya dan mengerikan saja, jalan yang menjadi penghubung utama untuk ke kota di atas bukit ini bisa mematikan bagi penggunanya. Sebut saja dalam kurun waktu 2 minggu sekali, setidaknya terjadi kecelakaan fatal hingga korban mencapai 200 hingga 300 orang.

North Yungas Road
North Yungas Road [Image Source]
Hal ini dikarenakan kondisi jalan yang berdampingan dengan jurang yang sangat dalam. Belum lagi tidak adanya pembatas dari baja, lebar jalan yang terlalu sempit dan licin ini memungkin kecelakaan akan berakhir dengan maut. Kecelakaan yang terjadi juga sering disebabkan karena cuaca yang kerap kali mendung dan juga kuragnya pencahayaan di jalan.

5. Commonwealth Avenue, Filipina

Jalur utama yang terkenal berbahaya dan mengerikan juga tak lepas dari Commonwealth Avenue, Filipina. Jalan yang dijuluki sebagai “Jalan Raya Pembunuh” ini terletak di kota Quezon. Tak seperti 4 jalur sebelumnya, bukan pemandangan hutan, gurun ataupun tebing mematikan, jalan ini malah memiliki pemandangan arus lalu lintas yang super padat.

Commonwealth Avenue, Filipina
Commonwealth Avenue, Filipina [Image Source]
Hampir 100 kecelakaan baik para pejalan kaki maupun mobil terjadi di jalur ini pertahunnya, sementara korban yang meninggal mencapai angka 7000 jiwa. Tidak heran jika jalur ini menjadi jalur paling mengerikan jika pejalan kakinya berjalan di rute mobil. Selain itu juga tidak jalur khusus untuk pengguna motor dan mobil sehingga mereka dengan mudah melanggar peraturan lalu lintas.

6. BR 116 Brazil

Jalur utama yang berada di Brazil ini merupakan jalan raya kedua terbesar dan dikenal sebagai The Highway Of Death. Jalur yang membentang sepanjang 4.385 km yang menghubungkan Kota Fortaleza di bagian utara ke kota Jaguarao di bagian selatan.

BR 116 Brazil
BR 116 Brazil [Image Source]
Yang membuat jalur ini mengerikan adalah tingginya angka kecelakaan yang terjadi di tiap tahunnya. Hal ini dikarenakan banyak titik tertentu dari jalur ini berdekatan dengan jurang yang sangat curam. Belum lagi dengan jalan-jalan yang licin bekas dari air hujan. Berbahayanya lagi, ternyata jalur ini juga berisikan banyak gangster yang membuat resah. Selain itu, mereka denga tega meperkerjakan anak di bawah umur sebagai pekerja seks.

Jika jalan tidak sering dilewati mungkin hal yang biasa dan menjadi pengguna semakin berhati-hati. Namun sebaliknya, jika jalur banyak penggunanya tapi sanga berbahaya dan mengerikan lebih baik memilih jalur lain yang menjadi tempat tujuannya. Tetu biaya ongkos lebih mahal, tapi biaya ongkos lebih murah dari mempertaruhkan nyawa.

Written by titi

Leave a Reply

11 Penemuan Mengagumkan Oleh Bangsa China

Tippi Degre, ‘Tarzan’ Sungguhan yang Hidup di Hutan Afrika