in

Dari julukan Jalur Neraka Sampai Paling Berbahaya di Dunia, Inilah 5 Jalan Maut yang ada di Indonesia

Korban kecelakaan Alas Roban, Batang Jawa Tengah [image source]

Hampir semua jalan yang ada di Indonesia memang sudah diaspal halus dan dilengkapi dengan rambu-rambu peringatan. Meski demikian, bukan berarti jalanan bisa dipastikan aman. Tentu saja yang namanya jalan umum yang dilalui banyak pengendara memiliki bahaya tersendiri.

Namun, ada beberapa jalan di Indonesia yang bisa dibilang paling maut. Bahkan, ada beberapa di antaranya memiliki julukan mengerikan, mulai dari Jalur Neraka, Dead Road, hingga jalan paling berbahaya di dunia. Jalan apa saja itu? Berikut ini adalah ulasan 5 jalan paling maut yang ada di Indonesia.

Jalur Cadas Pangeran

Jalur yang menghubungkan Bandung dan Sumedang ini berada di kawasan pegunungan. Tak heran jika jalan tersebut memiliki rute yang berkelok. Jika kamu akan melalui jalur ini, baiknya harus sepenuhnya fokus pada tikungan yang tajam.

Jalur Cadas Pangeran [image source]
Selain disuguhi tikungan ekstrim, saat melalui jalur tersebut juga harus banyak berdoa, sebab tak jarang kawasan tersebut mengalami longsor. Jalur Cadas Pangeran juga merupakan salah satu jalur paling maut karena nggak jarang memakan korban jika. Kebanyakan kasus kendaraan masuk jurang karena pengemudi memacu kendaraan melampaui batas.

Tanjakan Gombel, Semarang

Jalan berbahaya selanjutnya adalah Tanjakan Gombel yang berada di Semarang. Jalan dengan rute yang tergolong curam ini juga kerap kali terjadi tanah longsor. Sering pula tersebut memakan korban jiwa. Meski demikian, nyatanya jalur tersebut masih banyak dilalui pengendara—terlebih di musim mudik.

Tanjakan Gombel di Semarang [image source]
Selain rawan longsor, jalur tersebut juga dikenal karena hal-hal mistis. Sesuai dengan namanya, Tanjakan Gombel memang memiliki mitos yang berkaitan dengan hal gaib. Hingga saat ini, masih banyak masyarakat yang percaya jika terjadinya longsor ataupun kecelakaan di sana disebabkan oleh makhluk-makluk halus yang tempat pertapaannya terganggu.

Alas Roban, Batang Jawa Tengah

Saking seramnya Alas Roban, jalan yang berada di Batang Jawa Tengah tersebut sampai dijuluki ‘Jalur Neraka’. Lokasi tersebut juga jadi perhatian dan pengawasan aparat setempat, khususnya di musim mudik dan arus balik. Kecelakaan sudah jadi catatan rutin dinas perhubungan setempat. Bagaimana tidak? Jalan tersebut memiliki rute yang sangat berkelok lengkap dengan pepohonan tinggi yang tumbuh di sekitar.

Korban kecelakaan Alas Roban, Batang Jawa Tengah [image source]
Kurangnya penerangan di lokasi tersebut juga jadi salah satu yang membuat Alas Roban terkesan angker. Sama seperti Tanjakan Gombel, Alas Roban juga salah satu kawasan yang dianggap mistis oleh masyarakat setempat karena kerap terjadi kecelakaan.

Kelok 44 Sumbar, Indonesia

Apa kamu pernah mendengar jalan Stillwell yang berada di China? Jalur tersebut merupakan salah satu yang paling berbahaya di dunia. Namun, asal tahu saja, Indonesia memiliki jalan yang dua kali lebih berbahaya daripada Stillwel. Jalan apa itu?

Jalanan memukau Kelok 44 Sumbar, Indonesia [image source]
Adalah Kelok 44 Sumbar, salah satu jalan paling berbahaya di Indonesia ini memiliki tikungan yang mengerikan. Berada di kawasan Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Jalanan tersebut menghubungkan Bukittinggi dengan Maninjau. Meski dianggap menantang maut, namun pemandangan di sekitar Kelok 44 Sumbar juga sangat memukau. Para pelancong bakal disuguhi panorama indahnya Danau Maninjau yang terlihat jelas dari ketinggian.

Senggigi, Nusa Tenggara Barat

Jika kamu seorang traveler yang demen mengunjungi surga-surga yang ada di Indonesia, Lombok tentu jadi salah satu list lokasi wisata yang harus dikunjungi. Namun, tahukah kamu tentang jalan Senggigi? Lokasi menuju pantai indah di Lombok tersebut begitu berbahaya hingga ada beberapa orang yang merasa nyawanya dipertaruhkan saat melewati jalan tersebut.

Senggigi, Nusa Tenggara Barat [image source]
Yang membuat Senggigi makin mengerikan adalah kondisi jalan yang kadang menurun kadang menanjak, terlebih adanya jurang di tepi jalan. Panorama jalanan Senggigi memang begitu indah, namun jika kamu tengah mengemudi, lebih baik fokus saja ke jalanan dan jangan lengah karena terlalu asik mengamati pemandangan.

Itulah lima jalan paling maut yang ada di Indonesia. Meski sejatinya, jalan raya di manapun selalu jadi medan berbahaya bagi semua pengguna jalan. Hal paling utama adalah kita harus selalu fokus saat berkendara dan selalu mematuhi rambu-rambu yang ada.

Written by Nikmatus Solikha

Leave a Reply

Kecanduan Demam Iklan Es Krim Kocak, Postingan Walikota Semarang Buat Netizen Terpingkal

Pengorbanan Nadya Suleman, Perempuan Cantik yang Rela Jadi Bintang ‘Dewasa’ Demi Membesarkan 14 Anak