5 Jajanan Tradisional Khas Indonesia yang Sudah Melekat di Hati

oleh Rahma Muliani
13:14 PM on Oct 15, 2015

Siapa yang di sini suka jajan kuliner? Di Indonesia ada begitu banyak sekali jajanan yang rasanya enak lagi murah rasanya. Jajanan-jajanan ini dapat kita temui dengan mudah di beberapa tempat seperti pasar, sekolah ataupun pedagangnya sendiri yang lewat di depan rumah kita.

Walaupun sajian kuliner ala modern sudah bertebaran di tanah air kita yang tercinta ini, akan tetapi jajanan tradisional ini tak akan pernah kehilangan peminatnya. Karena memang rasanya sudah melekat dihati orang Indonesia dan sulit untuk dilupakan. Dan inilah beberapa jajanan orang Indonesia tersebut yang cukup terkenal :

Baca Juga
Bukan Metropolitan, Justru Inilah 5 Kota Paling Kaya yang Ada Di Indonesia
5 Hal Menjengkelkan Tentang SEA Games di Malaysia Ini Bikin Indonesia Meradang

1. Donat Gula

Kamu pecinta donat? dan kamu sering nongkrong di cafe-cafe donat? Wah, jika iya sebaiknya kamu jangan lupakan jajanan tradisional yang satu ini nih. Meski warnanya tak semenarik donat-donat yang ada di cafe-cafe tadi, tapi rasanya sama-sama nikmat loh.

Tak Kalah Nikmat Dengan Donat Ternama
Tak Kalah Nikmat dengan Donat Ternama [imagesource]
Harganya juga cukup bersahabat, biasanya untuk satu buah Donat Gula berkisar antara Rp. 1000 sampai Rp.2000 saja. Si bulet yang berbolong tengahnya ini cukup cantik dengan taburan gula halus di permukaannya. Kamu bisa menemukannya dengan mudah di kantin sekolah ataupun pasar tradisional.

2. Kue Cucur

Jajanan yang ini bernama Kue Cucur, bentuknya bulat dan berwarna cokelat. Camilan yang berbahan dasar tepung beras, tepung terigu dan gula merah ini rasanya gurih dan juga manis. Karena kue ini dimasak dengan cara di goreng, bagian pinggirnya sangat renyah namun tetap lembut di bagian tengahnya.

Manisnya Kue Cucur
Manisnya Kue Cucur [imagesource]
Kue cucur merupakan jajanan tradisional atau kue tradisional khas dari daerah Jakarta (Betawi). Camilan ini sering hadir di berbagai upacara adat budaya Betawi. Tapi kita juga dapat menemuinya dengan mudah di pasar-pasar tradisional.

3. Lemper

Kamu tahu makanan Jepang bernama Sushi ? Sejenis makanan yang terdiri dari nasi yang dibentuk dengan berbagai lauk-pauk. Di Indonesia juga ada nih makanan yang bentuknya hampir serupa dengan Sushi, namanya adalah Lemper.

Sushinya Orang Indonesia
Sushinya Orang Indonesia [imagesource]
Jika biasanya Sushi berbahan dasar nasi, kalau Lemper berbahan dasar beras ketan. Biasanya berisi daging ayam cincang yang diberi bumbu ataupun abon sapi. Satu hal yang membuat makanan ini unik, karena di luarnya dibungkus menggunakan daun pisang.

4. Otak-Otak

Masih berbungkus daun pisang, kalau yang satu ini namanya Otak-Otak. Berbahan dasar ikan tenggiri dan juga tepung tapioka yang dicampur dengan bumbu. Ada dua jenis dari jajanan yang satu ini, yakni Otak-Otak Bakar dan Otak-Otak Goreng.

Lebih Nikmat Disantap dengan Sambel Kacang
Lebih Nikmat Disantap dengan Sambel Kacang [imagesource]
Otak-otak biasanya disajikan dengan sambel kacang yang pedas. kalau soal rasa, pasti sudah terbayang bukan seperti apa. Yang pasti gurih dan juga pedas. Jajanan tradisional yang satu ini bisa kita temui di beberapa daerah sekitar Jalur Pantura dan daerah pesisirnya.

5. Kue Putu

Kalau jajanan yang satu ini terbuat dari kelapa yang sudah diparut, tepung beras dan gula jawa. Biasanya terdapat 2 warna, yakni Kue Putu Putih dan Kue Putu Hijau. Soal rasa tak perlu diragukan lagi, sangat nikmat apalagi jika dinikmati dengan segelas minuman hangat.

Kalau Pedagangnya Lewat Ada Bunyi Siulan Khas
Kalau Pedagangnya Lewat Ada Bunyi Siulan Khas [imagesource]
Kue Putu biasanya dimasak dengan cara dikukus. Biasanya dikukus menggunakan tabung-tabung bambu berukuran kecil. Menariknya, saat kue ini dikukus akan menghasilkan bunyi siulan. Bunyi itulah yang menjadi tanda kalau pedagang kue putu sedang lewat di depan rumah.

Meski kita mampu untuk membeli jajanan modern yang rasanya cukup nikmat dan lebih mahal, akan tetapi kita tetap harus melestarikan jajanan tradisional dari negeri sendiri bukan. Lagi pula rasanya juga tidak jauh berbeda, bahkan lebih nikmat. Kalau di daerah kamu, jajanan tradisional apa nih yang paling terkenal dan enak rasanya? 🙂

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA