5 Jajanan Khas Indonesia Banget Ini Dijamin Bakal Laku Keras Kalau Kamu Jual di Luar Negeri

Kalau satu pisang goreng harganya Rp 75 ribu di luar negeri, balik-balik Indonesia bisa jadi kaya nih

oleh Faradina
10:00 AM on Jun 13, 2017

Apa sih yang tidak membanggakan dari Indonesia? Meskipun negara ini mungkin tidak se-hits Amerika atau Inggris, ternyata nama Indonesia cukup dikenal oleh warga negara dunia lho. Kali ini bukan lagi tentang Bali atau Pulau Komodo maupun destinasi wisata lain yang tidak perlu dipertanyakan lagi. Kuliner Tanah Air pun ternyata mampu menghipnotis indera perasa warga negara lain yang sengaja datang ke Indonesia atau mungkin mencobanya di luar negeri sana.

Karena memang saat ini faktanya ada banyak masyarakat kita yang menyambangi dan tinggal di luar negeri juga berbisnis kuliner Indonesia. Sudah lah ya kalau kita berbicara tentang popularitas tempe, rendang, maupun sate di mata dunia. Kali ini kita akan membahas tentang jajanan Tanah Air yang sukses merebut hati bule-bule itu. Di bawah ini ada lima jenis jajanan Indonesia yang bakal laku keras kalau dijajakan di luar negeri.

Baca Juga
3 Kuliner Es Krim Mengusung Tema ‘Panas Dingin’ Ini Dijamin Bikin Bingung tapi Nagih
5 Kuliner Bakso dengan Bentuk ‘Ngeri’ tapi Ketika Disantap Malah Bikin Nagih, Penasaran?

Si empuk pukis

Kalau anak muda kita zaman sekarang hobi banget makan kue ala luar negeri yang namanya pancake, ternyata hal sebaliknya dirasakan masyarakat di luar sana. Pasalnya menurut Chef Haryanto Makmoer yang merupakan seorang konsultan bakery ada satu jajanan kita digemari masyarakat di Afrika karena tak kalah lezat dari pancake. Salah satunya adalah kue pukis.

Pukis [image source]
Jajanan yang sekarang sering kita dapati dijual di pinggir jalan ini mungkin dianggap panganan ndeso oleh kalangan tertentu. Namun saat chef ini melakukan demo kue pukis, para pengunjung ternyata kembali datang keesokan harinya dan mengaku pukis punya rasa enak layaknya pancake yang empuk. Tuh kan, pukis yang selama ini kamu lirik di pinggir jalan bisa jadi peluang bisnis kuliner oke loh di luar negeri.

Leker yang manis

Mendengar nama jajanan leker, sepertinya banyak dari kalian yang bernostalgia mengenang masa-masa SD. Jenis jajanan yang satu ini memang sering sekali ditemukan di sekolah-sekolah karena manisnya memang diminati anak-anak. Tak hanya anak-anak, leker sekarang juga sering jadi incaran orang dewasa.

Leker [image source]
Ada salah satu penjual leker di Semarang yang dikenal dengan Leker Paimo dan sangat populer. Bagaimana tidak, penjual yang satu ini punya sekitar 25 varian rasa untuk lekernya. Dan ternyata leker ini sering sekali dipesan khusus oleh pelanggan di Australia, Singapura, sampai Amerika. Yang jauh saja harus pesan dari Semarang, apalagi kalau sampai ada gerai leker Indonesia di negara-negara tersebut, ya kan?

Lapis legit sang primadona

Kalau yang satu ini sempat jadi berita besar, karena usut-punya usut lapis legit didaulat sebagai salah satu kue paling enak di dunia berdampingan dengan blackforest sampai dorayaki. Memang sih menurut fakta kue yang satu ini bukan asli Indonesia melainkan hasil serapan budaya kolonial Belanda. Tapi saat ini rasa khas sang lapis legit sudah sangat mengingatkan semua orang akan Indonesia.

Lapis legit [image source]
Kue yang terdiri dari dua lapisan warna coklat tua dan coklat keemasan ini memiliki rasa manis serta tekstur lembut. Dua hal itulah yang kemudian membuat lapis legit banyak diminati warga negara asing ketika berkunjung ke Tanah Air.

Bika Ambon bikin nagih

Kue yang sering membuat banyak orang salah paham ini juga ternyata sangat populer di Eropa, salah satunya di Belanda karena di negara tersebut memang ramai warga Indonesia mencoba peruntungan bisnis kuliner. Bika Ambon yang bukan berasal dari Ambon, melainkan jadi khas Medan ini menjadi salah satu jajanan favorit bule-bule Eropa.

Bika ambon [image source]
Rasa dan teksturnya yang unik menjadikan si bika ambon dicari-cari meskipun dijual dengan harga yang tidak murah di sana. Bayangkan saja untuk oleh-oleh Medan dengan ukuran kecil saja harga jualnya antara Rp 23 ribu sampai Rp 28 ribu. Ada pula yang menjualnya per 600 gram dengan harga Rp 130 ribu.

Pisang goreng yang kriuk

Aduh, siapa sih yang bisa menolak eksotis dan renyahnya gorengan. Mau itu yang dijual di mall atau ibu-ibu gerobak pinggir jalan selalu deh berhasil bikin kita ngiler. Ternyata bukan cuma kita, lagi-lagi masyarakat Belanda juga dibuat jatuh cinta dengan mantapnya gorengan, terutama pisang goreng.

Pisang goreng [image source]
Kalau di Indonesia hanya dengan Rp 500 sampai Rp 1000 kita sudah bisa merasakan manisnya si pisang goreng, lain halnya di Belanda. Satu pisang goreng di Belanda bisa dibeli dengan kurang lebih Rp 75 ribu. Jadi kalau kalian berniat bisnis kuliner di luar negeri, nggak perlu mikir jauh-jauh soal burger atau pizza karena pisang goreng aja udah bikin dompet tebel.

Siapa sangka ya pukis, leker, lapis legit, bika ambon, sampai pisang goreng lah yang selama ini jadi jajanan primadona. Lima jenis kuliner Indonesia yang nggak bakal kalah laris dibanding para pendahulunya, seperti tempe. Terutama untuk kalian yang selama ini terlalu menghambakan aneka makanan luar negeri kekinian, coba deh dilihat dan dirasa lagi bahwa kekayaan makanan dalam negeri juga bisa kok memandinginya. Bule-bule aja bakal belu jajanan Indonesia kalau dijual di luar negeri, masak kita mau terus-terusan sok bule?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA