Jaga Berat Badan Agar Tidak Melonjak Setelah Puasa

oleh Maya Galuh
11:43 AM on Jul 16, 2015

Setelah sebulan penuh kita berpuasa, akhirnya lebaran akan segera hadir menghampiri kita. Hari raya Idul Fitri ini menjadi salah satu yang paling dinanti oleh kita semua umat muslim. Karena di hari itulah kita merayakan hari kemenangan setelah satu bulan penuh menjaga diri dari segala hal yang membatalkan puasa.

Saat kita membicarakan tentang hari raya lebaran, tentu sudah terbayang kemeriahan acara berkumpul bersama keluarga dan menikmati sajian lezat khas lebaran. Ada opor, gulai, sate, ketupat, kue-kue kering, berbagai macam sirup dan es, serta masih banyak lagi. Kamu tentu sudah tidak sabar menyiapkan berbagai menu istimewa ini sebagai jamuan untuk keluarga dan para tetangga yang akan datang, bukan?

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Candice Swanepoel
Jaga Berat Badan

Eits, tapi tunggu dulu. Meskipun terdengar lezat, jangan sampai menu-menu masakan yang kamu buat ini nantinya akan membuat berat badanmu melambung setelah berpuasa ya. Lalu, bagaimana caranya agar tetap bisa makan enak tapi berat bedan tetap stabil?

Nah, selain masakan khas lebaran seperti opor, gulai, dan sejenisnya, sediakan pula makanan yang tidak digoreng. Jika biasanya kamu menghidangkan lauk yang digoreng, ganti cara memasaknya dengan dikukus, dipanggang, steam, atau direbus. Dengan begini masakanmu tidak akan terlalu tinggi lemak.

Jangan lupa juga siapkan menu sehat seperti sayuran hijau yang dimasak tanpa menggunakan santan, lalapan, urap, dan sejenisnya. Akan lebih baik lagi jika kamu juga menyediakan buah-buahan sebagai makanan penutup. Daripada membuat es buah yang mengandung banyak gula, akan lebih baik lagi jika kamu cukup menyediakan irisan buah saja. Selain praktis, menu ini juga lebih sehat.

Selanjutnya, kalau kamu bertamu ke rumah kerabat atau tetangga dan diberi suguhan menu lebaran seperti rendang, opor, gulai, dan sejenisnya, usahakan hindari kuahnya. Kuah masakan ini sudah mengandung tinggi lemak. Bayangkan jika kamu mengambil kuah sekaligus dagingnya. Ada berapa banyak lemak yang kamu makan saat lebaran saja? Cukup ambil daging dan isinya saja. Akan lebih baik lagi kalau kamu menemukan daging ayam tanpa kulit atau daging yang tanpa lemak.

Bagaimana, tidak sulit kan menjaga tubuh tetap ideal meski lebaran tiba? Yuk segera siapkan menu sehatmu!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA