WOW, Pria di 5 Negara ini Bisa Beristri Lebih dari Satu

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Feb 26, 2016

Saat ini jumlah penduduk di dunia ini mencapai lebih dari 7 miliar jiwa. Jumlah sebanyak itu, populasi pria dan wanita tidaklah sama. Perbandingan atau rasio pria dan wanita saat ini adalah 1.01, artinya setiap ada 101 orang pria ada 100 wanita. Jumlah itu total dari usia anak-anak hingga usia tua. Untuk usia produktif (15-64 tahun) rasio ini menurun hingga setiap ada 99 orang pria ada 100 wanita. Atau dengan kata lain jumlah wanita produktif jauh lebih banyak dari pria produktif.

Di beberapa negara dunia, jumlah wanita jauh lebih bayak. Bahkan rasionya bisa mencapai 0,8 atau setiap 8 pria ada 10 wanita. Untuk mengatasi hal ini, ada negara yang sampai memperbolehkan seorang pria menikah lebih dari satu wanita. Nah, yuk simak negara mana saja yang jumlah wanitanya jauh lebih banyak dari pria. Bahkan negaranya memperbolehkan poligami.

Baca Juga
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun

1. Rusia

Rusia adalah negara yang digadang-gadang menganjurkan penduduk prianya menikah lebih dari satu. Saat ini rasio jumlah penduduk pria dan wanita di rusia yang masih produktif adalah 0,85 berdasarkan data PBB tahun 2015. Rasio ini membuat jumlah pria jauh lebih banyak di Rusia hingga negeri ini mulai krisis penduduk yang produktif.

Gadis-gadis Rusia [image source]
Gadis-gadis Rusia [image source]
Sebuah wacana mencuat jika ke depannya, Rusia akan mengizinkan penduduk di negaranya menikah dengan lebih dari satu wanita. Bahkan negara akan memberikan tunjangan untuk pernikahannya itu. Dorongan untuk menikah lebih dari satu dilakukan karena tingkat kelahiran di Rusia sangat kecil. Dikhawatirkan jika hal ini tak terjadi negeri ini akan kekurangan penduduk produktif.

2. Bangladesh

Bangladesh melegalkan adanya praktik poligami di negaranya. Meski demikian, aturan yang diterapkan sangatlah ketat. Biasanya orang benar-benar kaya yang boleh menikahi lebih dari satu istri agar bisa memakmurkan banyak wanita di negeri itu. Dan terpenting lagi bisa memperbanyak angka kelahiran.

Pernikahan Bangladesh [image source]
Pernikahan Bangladesh [image source]
Saat ini rasio penduduk pria dan wanita di Bangladeh mencapai 0,89 untuk usia produktif. Dari data ini sudah jelas terlihat jika jumlah pria di negeri ini lebih banyak dari jumlah wanita. Jika hal ini tak segara ditanggulangi, negeri ini akan krisis jumlah penduduk. Apalagi Bangladesh dikenal sebagai negeri yang kerap terkena bencana alam.

3. Nepal

Nepal memang tidak secara langsung mengizinkan penduduk prianya untuk menikahi lebih dari satu wanita. Bahkan jika itu terjadi penduduk pria akan dihukum hingga empat tahun penjara dan juga denda hingga 25.000 Nepal Rupee. Meski dihukum, pernikahan kedua tidak dianulir hingga masih dianggap resmi.

Wanita Nepal [image source]
Wanita Nepal [image source]
Saat ini rasio penduduk pria dan wanita di Nepal mencapai 0,92. Jumlah yang masih jauh untuk menyamakan jumlah penduduk pria dan wanita yang produktif agar bisa seimbang. Itulah mengapa banyak pria di negeri ini yang ingin menikah lebih dari satu kali meski harus berakhir dengan masuk ke dalam bui.

4. Singapura

Rasio jumlah penduduk pria dan wanita di Singapura adalah 0,95. Artinya jumlah penduduk wanita jauh lebih banyak dari pria terutama di usia yang masih produktif. Negara ini mungkin tidak melegalkan pernikahan yang lebih dari satu terutama pada pernikahan sipil. Nanun masih mengizinkan pernikahan lebih dari satu pada pernikahan Agama Islam.

Gadis Singapura [image source]
Gadis Singapura [image source]
Syarat yang harus dipenuhi untuk menikah lebih dari satu adalah mendapatkan persetujuan dari para istri. Jika istrinya setuju bisa dijalankan dengan baik. Namun jika tidak, maka pernikahan tidak bisa dilakukan. Praktik pernikahan poligami yang ada di sana nyaris mirip seperti yang terjadi di negeri sendiri.

5. Kazakhstan

Kazakhstan sebenarnya melarang adanya poligami bagi penduduk prianya. Bahkan siapa saja akan terkena hukuman penjara yang cukup berat. Namun kriminalisasi dari poligami telah dihapuskan pada tahun 1998 silam hingga semakin banyak pria berpoligami. Bahkan menurut survei yang dilakukan di sana, sekitar 40% pria tertarik untuk melakukan poligami dan memiliki lebih dari satu istri.

gadis Kazakhstan [image source]
gadis Kazakhstan [image source]
Secara budaya, pernikahan poligami di sana banyak sekali terjadi, terutama bagi mereka yang beragama Islam. Saat ini jumlah penduduk wanita di Kazakhstan lebih banyak daripada jumlah penduduk prianya. Hal ini juga yang membuat banyak pria di negara itu ingin beristri lebih dari satu.

Inilah lima negara yang memperbolehkan menikah lebih dari satu. Oh ya, jika diberi kesempatan untuk memilih, sobat Boombantis ingin tinggal di negara mana? Hayo, jawab!

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA