7 Istilah Ini Berganti Nama Ketika Bulan Ramadan

oleh titi
07:40 AM on Jun 14, 2015

Puasa telah tiba, waktu membenahkan diri agar menjadi pribadi lebih baik lagi di hadapan Sang Pencipta. Selain bulan yang penuh nikmat, Ramadhan adalah bulan yang melipat gandakan rezeki bagi kita semua.

Banyak dari kita menghabiskan waktu untuk hal yang bermanfaat. Dan dari sinilah istilah baru yang muncul selama bulan puasa padahal di hari biasa sudah ada. Mau tahu apa saja istilah-istilah tersebut. Berikut ini ulasannya.

Baca Juga
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya

1. Kudapan – Takjil

Ketika puasa datang, hal yang paling disukai adalah suasana ketika berbuka puasa. Dengan bermacam menu makanan dan hidangan ini membangkitkan gairah untuk melahap semua makanan. Makanan inilah yang disebut dengan Takjil.

Takjil
Takjil [Image Source]
Ta’jil menjadi bagian sajian pertama ketika adzhan magrib berkumandang. Biasanya berupa kolak, es campur dan kudapan lainnya. Namun jika melihat kesehariaan, takjil ini adalah hidangan kudapan sore yang digunakan untuk sajian tamu dan berganti nama ketika bulan puasa datang.

2. Jajan Pasar – Pasar Takjil

Karena waktu yang sedikit banyak orang tidak sempat untuk membuat takjil sendiri. Akhirnya mereka lebih suka membeli takjil di beberapa warung dadakan di pinggir jalan.

Pasar Takjil
Pasar Takjil [Image Source]
Jangan salah, sudah banyak tersebar sebuah pasar yang hanya menjual takjil. Pasar takjil juga hanya ada di bulan Puasa. Biasanya pasar ini tidak ada, hanya kumpulan orang yang berjejer dengan menjual makanan ringan atau jajan pasar,

3. Nyari Jajan – Ngabuburit

Ngabuburit adalah salah satu rencana yang paling disukai kebanyak orang saat ini. Selain menunggu waktu berbuka, berjalan dengan teman bisa mengasyikan sambil mencari ta’jil untuk berbuka.

Ngabuburit
Ngabuburit [Image Source]
Ngabuburit juga hanya ada ketika bulan puasa datang. Karena berurusan dengan pencarian takjil tak banyak juga menyebutnya mencari hidangan makanan sambil jalan-jalan. Dan ngabuburit ini sebenarnya istilah kerennya jalan-jalan dan mencari makan.

4. Hangout/Dinner – Buka Bersama

Ajang reunian dengan teman lama atau juga dengan teman kantor bisa dimana saja dan kapan saja. Terkadang moment yang paling menunjang adalah mengumpulkan ide dari masing-masing orang untuk menentukkan waktu dan tempat.

Buka Bersama
Buka Bersama[Image Source]
Namun jika bulan puasa datang, tak diragukan lagi ajang kangen-kangenan ini berubah nama menjadi acara buka bersama. Niatnya untuk sekedar makan dan temu kangen, tapi waktu puasa lebih ngenah karena waktu menunggu buka juga bisa digunakan untuk bercerita dengan teman.

5. Bingkisan – Parsel

Hal yang tunggu bagi banyak orang terutama ibu-ibu adalah parcel lebaran. Bukan hanya untuk sekedar menambah silahturohim antar teman juga dapat memperbanyak hidangan untuk jamuan tamu di hari lebaran.

Parcel Lebaran
Parcel Lebaran [Image Source]
Parsel memang banyak dikenal ditiap waktu. Namun parcel lebaran hanya ada di waktu lebaran datang. Biasanya orang menyebutkan bingkisan dilain waktu lebaran.

6. Uang Saku – Galak Gampil

Salah satu yang ditunggu oleh banyak anak kecil adalah uang saku dari saudara-saudaranya. Biasanya mereka mendapatkan uang yang dibungkus rapi didalam amplop lucu.

Angpau Lebaran
Angpau Lebaran [Image Source]
Waktu lebaran uang saku ini bakal berupa nama menjadi galak gampil yang mirip dengan angpao saat Imlek. Ketika berslam-salaman dengan saudara, uang ini akan diberikan untuk saudara-saudaranya. Amplop untuk galak gampilpun juga lucu-lucu dengan ucapan selamat hari raya.

7. Bonus Tahunan – THR

Inilah salah satu hal yang kita tunggu sebagai karyawan selama satu tahun. THR yang diberikan ketika bulan puasa dan mendekati hari lebaran ini menjadi sebuah jackpot yang selalu ditunggu untuk menambah pundi-pundi rupiah sebelum lebaran tiba.

THR
THR [Image Source]
THR memang hanya datang satu kali dalam setahun. Dan datangnya hanya ketika lebaran akan datang. Namun sebenarnya THR bisa juga diartikan bonus yang dapat kita dapatkan ketika berhasil mengerjakan sesuatu.

Masih banyak lagi istilah lain yang ternyata berganti nama ketika bulan puasa saja. Meski mempunyai nama yang berbeda, bagaimanapun juga bukan Ramadhan adalah bulan suci, utamakan beribadah agar apapun yang kita lakukan dan dapatkan, semua bernilai barokah. Amin. Selamat berpuasa.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA