5 Ironi Kehidupan yang Hanya Terjadi di Pulau Kalimantan yang Kaya

oleh Adi Nugroho
14:00 PM on Nov 12, 2015

Kalimantan atau yang orang luar negeri sebut Borneo adalah salah satu pulau terbesar di dunia. Di pulau ini tumbuh banyak sekali hutan hujan tropis dan juga hidup ribuan satwa yang sangat endemik dan tak ditemukan di tempat lain. Sayangnya, hal yang sangat hebat ini lambat laun habis karena ulah manusianya sendiri. Akhirnya apa yang menjadi kebanggaan suku asli Kalimantan hanya tinggal namanya saja.

Baca Juga : 5 Fakta Unik Suku Bajau, Manusia Air di Kalimantan

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

Selain masalah hutan, ada banyak ironi kehidupan yang terjadi di Kalimantan. Penduduk yang harus mampu menjalani hidup dengan baik. Justru harus bersusah payah dan bertahan di tengah kekurangan yang terus mengikat. Berikut hal-hal yang harusnya ada di Kalimantan namun lenyap dan hanya menyisakan sebuah dongeng belaka.

1. Hutan Luas dan Banyak Namun Manusianya Justru Sesak Napas

Hutan yang ada di Kalimantan diperkirakan ada sekitar 45 juta hektar. Dari luas ini sekitar 30% hutan yang ada telah habis akibat illegal logging dan juga pembukaan lahan untuk kebun kelapa sawit. Kalimantan memiliki banyak sekali hutan yang harus menyumbang banyak sekali udara segar. Namun nyatanya pulau ini justru dilanda dengan bencana kabut asap hingga banyak orang yang sesak napas hingga kematian pun juga datang.

Hutan di kalimantan [image source]
Hutan di kalimantan [image source]
Sebuah ironi di mana pulau yang harus penuh udara segara justru bertransformasi menjadi pulau berpolusi. Pihak-pihak terkait yang membakar hutan adalah penyebab penderitaan pulau paru-paru dunia ini terancam. Pemerintah harus menindak secara tegas pihak-pihak yang membuat hutan Kalimantan berkurang terus-terus menerus. Bukan tidak mungkin puluhan tahun lagi hutan ini akan tinggal jadi separuh.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA