6 Hal Mengejutkan yang Akan Terjadi Jika Internet di Indonesia 1 Gigabyte Per Detik

oleh Rizal
07:00 AM on Dec 3, 2015

Sudah cukup puas dengan kecepatan internet yang ada sekarang? Tak perlu ditanya, sudah jelas jawabannya adalah tidak. Ya, hal ini memang masuk akal mengingat Indonesia masuk dalam jajaran terbawah daftar negara yang punya internet cepat. Tak hanya soal kecepatan, harga layanan internet belakangan yang makin tinggi juga bikin problematika tersendiri.

Hampir rata-rata dari kita memang menikmati internet lemot. Terkecuali yang berani bayar mahal untuk koneksi sampai 10 megabyte walaupun di luar negeri ukuran sebesar ini termasuk kecil. Berkebalikan dengan Indonesia, beberapa negara justru menikmati kecepatan internet yang bikin kita ngiler. Misalnya Korea Selatan yang menawarkan kecepatan hingga 22 Mb. Bahkan yang paling gila, Google menawarkan program Fiber-nya di Amerika serikat dengan kecepatan 1000 Mb alias 1 Gigabyte!

Baca Juga
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi

Wih, kira-kira bagaimana ya jadinya jika internet di Indonesia bisa berkecepatan 1 Gb per detiknya? Mungkin hal-hal asyik berikut ini yang bakal terjadi.

1. Browsing Akan Lebih Cepat Daripada Kita Berkedip

Browsing sudah jadi agenda harian yang tak pernah ditinggalkan. Oleh karenanya kita butuh yang namanya internet cepat agar informasi bisa langsung didapatkan tanpa perlu menunggu lama. Kalau soal browsing, provider di Indonesia sudah bisa dibilang oke. Namun, apa yang terjadi jika kita punya kecepatan 1 Gb per detik?

Dengan internet 1 gb, maka browsing akan lebih cepat dari pada kita berkedip [Image Source]
Dengan internet 1 gb, maka browsing akan lebih cepat dari pada kita berkedip [Image Source]
Ya, tentu saja halaman web akan terbuka seperti kilat bahkan lebih cepat dari kita berkedip yang katanya tak sampai sedetik itu. Dengan kecepatan ini kita juga takkan pernah masalah dengan website yang punya media berat. Semua akan load dengan sempurna dengan waktu amat cepat.

2. Download Ratusan Giga Tak Lebih Lama Dari Waktu Makan Siang

Dengan kecepatan 1 Gb per detik, sudah jelas impact-nya adalah aktivitas dowload yang gila-gilaan. Dulu, mungkin butuh berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk download file berukuran besar. Namun, hal tersebut hampir tak mungkin terjadi jika internet kita kecepatannya 1 Gb per detik.

Download ratusan giga mungkin sudah bukan masalah [Image Source]
Download ratusan giga mungkin sudah bukan masalah [Image Source]
Alhasil ini akan berdampak pada habit atau kebiasaan download kita yang akan berubah. Kita mungkin hanya akan download file-file terbaik untuk film, video dan lain sebagainya. Sehingga bisa dibayangkan pula hanya dalam dalam beberapa jam saja hardisk yang berukuran 1 terabyte bahkan lebih akan berisi penuh dengan hasil unduhan.

3. Bermain Game Online Tidak Akan Pernah Lag

Gamer selalu butuh yang namanya koneksi cepat. Tujuannya sudah tentu biar main game online tak mengalami lag, lemot, atau bahkan gampang disconnect. Dengan koneksi internet 1 Gb apa yang akan terjadi di dunia gaming? Tentu saja player tidak akan pernah merasakan lagi yang namanya lag, putus-putus dan sebagainya. Artinya? Surga, tentu saja.

Bagaimana dengan para gamer? Tentu saja mereka akan bahagia [Image Source]
Bagaimana dengan para gamer? Tentu saja mereka akan bahagia [Image Source]
Bahkan dengan kecepatan gila ini para developer game sudah tidak ragu lagi untuk mengimplementasikan visual yang berat. Akhirnya yang terjadi adalah revolusi game besar-besaran.

4. Selamat Tinggal Buffering!

Selain browsing, mayoritas netizen menghabiskan waktunya dengan streaming. Kecuali koneksinya cepat, maka sudah pasti yang namanya buffering akan selalu dihadapi. Nah, dengan internet 1 Gb per detik, mungkin itu adalah masa di mana buffering bukan lagi masalah.

Buffering justru akan jadi hal yang aneh [Image Source]
Buffering justru akan jadi hal yang aneh [Image Source]
Streaming bakal super lancar meskipun kualitasnya high definition atau bahkan lebih tinggi lagi. Bahkan orang-orang akan melirik aktivitas ini sebagai sarana hiburan utama mereka. Hingga akhirnya mungkin yang namanya televisi konvensional yang diisi acara lokal akan ditinggalkan. Semua akan beralih ke media streaming yang akan menjangkau banyak sekali hiburan. Termasuk saluran televisi luar negeri.

5. Komunikasi Berbasis Internet Lancar Jaya

Jujur saja sekarang kita sudah jarang sekali menggunakan SMS. Mayoritas pengguna telepon genggam atau smartphone sudah beralih ke media aplikasi komunikasi berbasis internet. Memang enak sih, komunikasi tanpa delay, plus bisa saling bertukar banyak hal dan yang paling penting biayanya yang murah.

Komunikasi via aplikasi berbasis internet jadi makin lancar [Image Source]
Komunikasi via aplikasi berbasis internet jadi makin lancar [Image Source]
Internet kita sudah cukup mengatasi masalah komunikasi ini. Namun, tentu bukan jadi masalah jika kita punya koneksi 1 Gb. Justru dengan kecepatan segila itu, kita akan merasakan makin nyamannya berkomunikasi. Takkan pernah lagi kita menemukan pesan tidak delivered dan sebagainya. Komunikasi seperti video call via aplikasi berbasis internet juga makin mudah. Takkan ada lag dan berasa ngobrol seperti biasa.

6. Internet Rawan Disalahgunakan

Internet super ngebut manfaatnya banyak, namun ada pula kerugiannya. Terutama adalah potensi rawan disalahgunakannya sangat besar. Pertama adalah kemungkinan untuk digunakan download file yang tidak patut misalnya video-video tertentu. Jujur saja, masih banyak hal-hal yang demikian. Jika dengan internet lelet saja memungkinkan, apalagi dengan koneksi 1 Gb.

Sayangnya internet akan banyak salah digunakan [Image Source]
Sayangnya internet akan banyak salah digunakan [Image Source]
Akan banyak pula pembajakan karya dengan internet yang cepat ini. Baik video, musik atau hal-hal lainnya. Hal yang dilematis memang, sehingga ketika wacana internet super ngebut ini terealisasi, pemerintah sudah harus punya undang-undang baru. Biar para kreatif tidak tekor karena karyanya dihabisi netizen.

Begitulah kira-kira yang akan terjadi jika internet yang kita nikmati bisa sampai 1 Gb per detik. Memang sepertinya mustahil sih, apalagi infrastruktur kita mungkin belum segreget yang ada di luar negeri. Mungkin 10 tahun lagi hal-hal seperti ini akan terjadi di Indonesia. Namun sebelum benar-benar diimplementasikan, sepertinya netizen harus lebih mengedukasi dirinya tentang bagaimana penggunaan bijak dari internet super ngebut ini. Terutama risiko-risiko buruk yang mungkin terjadi jika salah memanfaatkan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA