5 Internet Hoax yang Sudah Menipu Banyak Orang di Dunia

oleh Rizal
15:00 PM on Aug 7, 2015

Sejak pertama ditemukan hingga sekarang, sudah jutaan kasus penyalahgunaan internet yang berhasil di-blow up. Mulai dari pencurian data, peretasan hingga yang paling sering adalah menyebarkan hoax alias kebohongan. Membicarakan hoax, mungkin kamu masih ingat beberapa kejadian fenomenal terkait dengan aktivitas ini.

Misalnya saja gerakan BaldforBieber yang membuat hampir sebagian besar remaja putri memangkas habis rambutnya, atau foto sebuah laba-laba sebesar musang bernama Camel Spider yang ternyata hanya permainan kamera belaka. Masih ada beberapa hoax lain yang sukses membodohi banyak pengguna internet. Simak ulasan menariknya berikut.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Bald For Bieber

Siapa yang tidak kenal dengan Justin Bieber? Dulu remaja tanggung ini sukses mengguncang dunia, walaupun kini namanya sudah jarang lagi muncul. Di awal ketenarannya, Bieber benar-benar seperti virus yang menjangkiti para remaja putri di seluruh dunia. Sehingga tak mengherankan jika apa pun yang dilakukan Beiber benar-benar mengundang perhatian mereka. Termasuk salah satunya adalah gerakan Bald For Bieber.

Bald For Beiber, ada yang pernah tertipu dengan ini? [Image Source]
Bald For Bieber, ada yang pernah tertipu dengan ini? [Image Source]
Diceritakan sebelumnya jika ada seorang netizen yang mengatakan kalau Beiber didiagnosa terkena kanker. Nah, untuk memberikan dukungan terhadap sang idola ia pun menciptakan gerakan Bald For Bieber dengan aksinya memangkas seluruh rambutnya. Lantaran Bieber terkenal dan banyak dipuja, gerakan ini pun viral.

Para penggemar tak habis-habisnya bergantian memajang foto botak mereka lengkap dengan caption Bald For Bieber. Belakangan diketahui jika gerakan ini hanyalah iseng belaka.

2. Isi Daya iPod Menggunakan Bawang

Apa sih yang tidak kamu temukan di Youtube. Mulai tutorial programming hingga tips cinta jitu ada di sini. Termasuk bagi penyuka teknologi, Youtube adalah tempat terbaik untuk mencari inspirasi. Namun tidak semua yang kamu lihat adalah benar adanya seperti kasus charger iPod menggunakan bawang ini.

Kalau bawang punya cadangan listrik, sepertinya kita tak usah beli power bank [Image Source]
Kalau bawang punya cadangan listrik, sepertinya kita tak usah beli power bank [Image Source]
Video yang diunggah pada tahun 2007 itu seakan menunjukkan fakta jika bawang ternyata punya cadangan energi listrik dan bisa digunakan sebagai power bank. Namun siapa sangka ternyata ini hanyalah aksi hoax. Jutaan viewer tertipu oleh aksi ini dan membuat port charger mereka beraroma bawang.

3. Cerita Miris Tapi Palsu

Seorang blogger dengan akun Youtube bernama Lonelygirl15 pernah sukses membuat jutaan pasang mata viewer sembab. Gara-garanya, video tersebut berisi cerita-cerita dramatis si gadis yang sangat rumit sehingga menimbulkan simpati para penonton. Namun indikasi jika video tersebut bohong belaka adalah ketika ia menceritakan kalau keluarganya terlibat dalam sebuah sekte.

Lonelygirl15 [Image Source]
Lonelygirl15 [Image Source]
Benar saja, ternyata drama yang disajikan Lonelygirl15 dalam tiap videonya tak lebih dari semacam web series. Tak ada maksud apa pun selain ia ingin menarik banyak viewer dan mendapatkan uang dari sana. Yah, mungkin lantaran wajah pemainnya yang cantik membuat viewer tidak memperdulikan jika mereka hanya dijadikan obyek mencari uang.

4. Bayi Hampir Diculik Elang

Video ini pernah sangat happening di akhir tahun 2012 lalu dan membuat banyak orangtua mulai mengikat anak bayi mereka di rumah. Bagaimana tidak, di dalamnya ditunjukkan adegan yang sama sekali tidak terbayangkan sebelumnya. Seekor elang menyambar seorang bayi dan hampir membawanya terbang.

Ngeri nih kalau elang ternyata kuat menyambar seorang bayi [Image Source]
Ngeri nih kalau elang ternyata kuat menyambar seorang bayi [Image Source]
Dilihat dengan detail pun nampak sangat jelas kalau cakar tajam elang tersebut merenggut bayi dengan kejamnya. Namun lagi-lagi ini hanyalah video lelucon belaka. Belakangan terungkap kalau video tersebut hanyalah semacam proyek akhir sekolah untuk kelas 3D animation dan desain.

5. Camel Spider

Pada tahun 2004 lalu, sebuah pesan elektronik yang disebarluaskan ke internet berhasil membuat banyak netizen terkejut. Bagaimana tidak, di email tersebut nampak sebuah foto laba-laba super jumbo yang belakangan diketahui bernama Camel Spider. Dari ukurannya, jelas hewan ini menggeser The Huntsman Spider sebagai laba-laba terbesar lantaran ukuran tubuhnya yang berkali-kali lipat.

Ini juga sempat bikin heboh, walaupun akhirnya diketahui cuma hoax [Image Source]
Ini juga sempat bikin heboh, walaupun akhirnya diketahui cuma hoax [Image Source]
Sayangnya, lagi-lagi ini hanyalah hoax. Camel Spider sendiri memang ada namun ukurannya tidak seperti yang ada dalam surat elektronik tersebut. Diduga si fotografer sengaja bermain angle dan efek sehingga membuat hewan yang aslinya hanya 5 inci ini terlihat sangat besar.

Nah, mulai sekarang lebih aware deh dengan semua informasi yang ada di internet. Termasuk apa yang tengah happening. Bisa saja itu adalah ulah orang iseng yang hanya ingin mengambil keuntungan pribadi saja. Pertanyaan terakhir, apakah kamu pernah tertipu dengan deretan hoax di atas?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA