Heboh, Tren Foto Instagram in Hand Membanjiri Dunia Maya!

oleh Alfry
10:59 AM on Apr 2, 2015

Instagram merupakan media sosial yang fokus pada layanan sharing foto antar user. Penggunanya pun kian hari kian bertambah banyak, bahkan ada juga orang tua yang sudah membuatkan akun Instagram buat bayi mereka yang baru lahir. Hal ini menunjukkan betapa besar minat orang untuk menunjukkan eksistensinya di dunia maya melalui Instagram.

Beberapa waktu terakhir ini fenomena foto bertajuk Instagram in Hand menjadi trending topik di dunia. Jutaan foto serupa dengan tagar #InstagramInHand telah diunggah di akun sharing foto Instagram. Mulai dari anak muda hingga orang dewasa semuanya turut andil dalam fenomena ini alasannya beragam, mulai dari tidak ingin ketinggalan zaman hingga sekedar ikut-ikutan saja. Berikut penjelasan kenapa tren foto ini menjadi begitu tenar dan bagaimana cara membuatnya.

Baca Juga
5 Sepeda Balap Termahal di Dunia yang Harganya Bisa Bikin Kamu Miskin dalam Sekejap
Inilah 4 Negara yang Dulunya Kaya Raya namun Sekarang Terluntah Akibat Korupsi

1. Apa Itu Instagram In Hand?

Tren ini sedang membanjiri dunia maya, awalnya tagar #InstagramInHand muncul di media sosial berbagi foto Instagram. Namun lama-kelamaan foto model serupa juga menyebar ke media sosial lainnya. Tak pelak dalam waktu singkat berjuta-juta pengguna akun sosial media mengunggah foto bertajuk Intagram in Hand ini. Lantas apa yang dimaksud dengan Instagram in Hand itu?

Instagram in Hand
Instagram in Hand

Pada dasarnya Instagram in Hand merupakan tren foto tangan yang seolah-olah sedang menggenggam laman Instagram dengan mode transparan. Beragam posisi telah dipraktekkan oleh pengguna akun Instagram. Namun satu hal yang menjadi ciri utama dari tren foto ini yaitu, posisi tangan yang mengikuti screenshoot laman Instagram seperti di atas.

2. #InstagramInHand Menjadi Trending Topik Dunia

Tak butuh waktu lama untuk membuat tren #InstagramInHand merajai daftar topik paling tren di dunia. Hal ini tak lepas dari keunikan hasil editing model foto sehingga membuat semacam efek domino di kalangan pengguna sosial media terutama Instagram. Satu-demi satu pengguna akun sosial mulai mencari tahu cara membuatnya dan langsung ikut mengunggah di akun pribadinya.

Instagram In Hand jadi Trending Topik (Kompas)
Instagram In Hand jadi Trending Topik (Kompas)

Sebenarnya fenomena ini sangat wajar terjadi, mengingat hasil foto yang ditunjukkan seolah-olah menampilkan sebuah teknologi canggih yang membuat orang penasaran. Jika dilihat sepintas Instagram in Hand nampak seperti teknologi virtual reality yang mampu memproyeksikan monitor smartphone ke tangan pemakainya. Tak heran jika banyak pula orang yang terkecoh dan mengira ini adalah teknologi smartphone terbaru.

3. Cara Membuat Instagram In Hand

Sangat mudah untuk membuat foto Instagram in hand, buat yang masih penasaran bisa mengikuti trik berikut ini. Hal pertama yang musti dipersiapkan adalah alat tempurnya terlebih dahulu yaitu berupa aplikasi edit foto yang dilengkapi dengan fitur menggabungkan dua foto dalam satu frame. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan adalah PicsArt.

Pertama, pastikan Anda telah menginstal aplikasi edit foto di smartphone Anda. Setelah itu barulah Anda mempersiapkan foto yang dibutuhkan. Ada dua jenis foto yang dibutuhkan dalam membuat model foto ini, foto pose tangan dan juga screenshoot halaman instagram.

SIapkan foto pose tangan dan Screenshoot Instagram
SIapkan foto pose tangan dan Screenshoot Instagram

Kedua, jalankan aplikasi edit foto yang telah terinstal. Pilih menu edit foto dan cari foto tangan yang sudah Anda simpan sebelumnya. Foto tangan ini nantinya akan menjadi foto utama dalam pembuatan Instagram in hand.

Memasukkan foto tangan  melalui menut edit foto
Memasukkan foto tangan melalui menut edit foto

Ketiga, lihat menu bagian bawah layar dan cari pilihan Add Photo. Menu ini berfungsi untuk menambahkan gambar pada frame yang sama. Pilihlah foto screenshoot Instagram sebagai foto kedua. Geser dan sesuaikan posisi screenshoot Instagram di foto telapak tangan Anda. Setelah itu atur opacity atau transparansinya.

Add foto dan atur transparansi foto
Add foto dan atur transparansi foto

Keempat, setelah semua pengaturan selesai simpan hasil editing Anda di dalam memori ponsel. Foto ala #InstagramInHand siap untuk diunggah dan dibagikan ke jejaring sosial yang Anda miliki.

Dalam perkembangannya tren foto ini tidak hanya dilakukan oleh pengguna Instagram saja. Caranya yang bisa diaplikasikan di seluruh akun media sosial membuat gaya foto menggenggam laman sosmed mode transparan juga ditiru oleh pengguna sosial media lain seperti facebook, twitter dan lain sebagainya. Tertarik mencoba ikut tren ini?

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA