5 Inspirasi Antimainstream dari Korea Selatan yang Bakal Luar Biasa Kalau Diterapkan di Indonesia

Kebiasaan baik masyarakat Korea Selatan bikin terkesan

oleh Nikmatus Solikha
08:00 AM on Jun 19, 2017

Siapa yang tidak kenal Korea Selatan? Melejitnya K-Pop dan drama dari Negeri Ginseng emang bikin nama negara asal Lee Min Ho itu kerap jadi idaman untuk dikunjungi abege dalam negeri. Hampir semua drama Korea pasti mengeksplor keindahan alam, kecanggihan teknologi bahkan sampai makanan khas.

Hal itu mungkin mempengaruhi pikiran kita untuk menginjakkan kaki di negara tersebut. Hayo ngaku, siapa yang pengen terbang ke Korea? Sah-sah saja sih, terlebih di Korea Selatan begitu banyak hal yang bisa dijadikan inspirasi. Contohnya saja, lima hal ini.

Baca Juga
Kaya dan Terkemuka, 4 Pasangan Ini Tetapkan Mahar Murah Banget, Ada yang Cuma Rp 70 Ribu Lho
Lama Tak Terdengar Kabarnya, Ternyata Inilah 4 Hal Hebat yang Dilakukan Ahok di Mako Brimob

‘Memanusiakan’ pohon

Jika saling menghormati sesama manusia selama ini dianggap sudah seharusnya, namun bagaimana dengan menghormati, menyayangi dan menghargai pohon? Untuk kelakuan satu ini, sepertinya kita memang butuh banyak belajar dengan warga di Korea Selatan.

Pohon diinfus dengan pupuk [image source]
Bagaimana mereka di sana selalu mencintai pohon seperti manusia. Hal itu dikarenakan mereka menyadari jika pohon adalah penghasil oksigen yang sangat dibutuhkan manusia. Rata-rata pohon di Korea dibudidayakan di daerah pinggiran, setelah cukup besar akan dipindah di kota-kota besar. Pohon-pohon besar di kota juga mendapat perawatan yang sangat unik, yaitu dengan cara memberikan kantong tetes berisi pupuk agar mereka tetap sehat.

Toiletnya super canggih

Nggak kalah dengan toilet di Jepang yang terkenal canggih, toilet di bandara Incheon juga berhasil menarik perhatian dunia gara-gara selalu bersih dengan otomatis. Toilet di bandara internasional tersebut dilengkapi dengan berbagai fitur yang membuat penggunanya merasa nyaman. Di bagian atas toilet terdapat sensor yang membuat plastik di atas toilet berganti secara otomatis.

Toilet canggih [image source]
Saat masuk toilet, pengunjung tinggal melambaikan tangan ke arah sensor. Setelahnya, plastik transparan akan berputar secara otomatis berganti dengan yang baru dan tentu saja bersih. Hal itu membuat si pengguna toilet tidak perlu repot-repot mengelap duduknya yang kotor atau basah.

Menghargai makanan tradisional

Apa makanan tradisional di Indonesia. Sate, gule, soto, bakso? Kita menyukainya? Sangat. Kita menghargainya? Iya dong. Tapi, apa kita membuat museumnya? Ehm, tunggu… kayaknya nggak kepikiran. Tapi masyarakat di Korea punya museum buat makanan tradisional mereka lho.

Museum Kimchi Seoul [image source]
Yuph, apalagi kalau bukan kimchi. Makanan fermentasi kubis dengan berbagai bumbu ini memang jadi andalan di Negeri Ginseng, saking dihormatinya, mereka juga membuat museum khusus untuk menyimpan ratusan jenis kimchi. Sejatinya, museum kimchi ini didirikan untuk memberikan informasi yang akurat tentang berbagai jenis makanan tradisional Korea tersebut.

Rasa nasionalisme kuat banget

Masyarakat Korea Selatan sangat mencintai negaranya. Sebagai contohnya saja, semua cowok di sana memenuhi tanggung jawab untuk melakukan wajib militer. Nggak peduli itu pengusaha atau artis sekalipun.

Oppa Choi Siwon makin gagah saat wajib militer [image source]
Kamu pasti sering melihat para Oppa-oppa yang biasa nge-dance di panggung, kemudian ikut wajib militer. Nggak cuma itu, mereka juga siap perang buat melindungi negara mereka dari serangan negara lain.

Yang merokok cuma sedikit

Berbeda dengan masyarakat Indonesia yang dari abege sampai usia senja tetap ngepul-ngepul asap, di Korea justru mayoritas masyarakatnya sadar akan bahaya merokok. Mereka tidak ingin mencemari udara di negara mereka sendiri.

Korea jarang yang merokok [image source]
Asap rokok yang mengepul dirasa dapat mengganggu orang lain, dan misalnya masih ada yang merokok, biasanya mereka akan masuk ruangan khusus agar asap yang dihasilkan tidak sampai mengganggu orang lain.

Itulah lima hal yang menginspirasi dari negeri ginseng. Menyukai Korea Selatan boleh, tapi jangan drama-drama atau musiknya saja. Ada sisi lain dari negara tetangga Korut itu yang layak untuk dijadikan inspirasi. Tak perlu malu untuk melakukannya sepanjang apa yang kita jadikan contoh itu baik.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA