5 Tempat di Indonesia yang Rentan Jadi Target Terorisme ISIS

oleh Adi Nugroho
12:00 PM on Nov 24, 2015

ISIS adalah bencana bagi semua negara di dunia saat ini. Setelah Paris dibom dan ditembaki secara membabi buta, dunia akhirnya mulai bergerak. Rusia memiliki ketertarikan untuk melancarkan serangan. Amerika pun juga tak kalah cepat. Negara adidaya ini berhasil meyakinkan dewan keamanan PBB untuk bertindak dengan tegas. ISIS adalah bencana global yang bisa menyerang siapa saja, termasuk Indonesia.

Kita tidak berharap akan menerima serangan dari teroris ini. Namun Indonesia pernah diserang oleh Al-Qaeda melalui anak buahnya. Jadi kemungkinan Indonesia diserang ISIS juga ada. Terlebih ada beberapa simpatisan ISIS yang tinggal di Indonesia. Jika sampai hal ini terjadi berikut ada 5 tempat yang rawan dijadikan target aksi terorisme ISIS.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Bali

Bali adalah tujuan wisata dunia. Setiap tahun ada puluhan ribu turis asing dari berbagai negara yang berlibur ke pulau ini. Dalam sejarahnya Bali pernah dibom dua kali oleh aksi terorisme yang masih berafiliasi dengan Al-Qaeda. Jadi jika ISIS menyerang Indonesia, bali akan jadi sasaran paling empuk untuk dibombardir.

Bali [image source]
Bali [image source]
Alasan mereka menyerang Bali karena pulau ini dianggap memiliki banyak hal buruk. Banyak warga non Muslim yang ada di sini (sebenarnya ISIS pun juga kerap menyerang warga Muslim). Jika Bali sampai bergejolak maka Indonesia akan mengalami kerugian yang sangat besar. Teroris suka sekali membuat suatu negara jadi menderita akan ulahnya.

2. Situs Budaya

Situs-situs budaya seperti Candi, kompleks purbakala, hingga museum tidak akan luput dari ISIS. Di beberapa negara Timur Tengah, ISIS tela menghancurkan banyak sekali situs budaya yang merupakan Warisan Budaya Dunia. Pihak ISIS menganggap penginggalan sejarah seperti tidak sesuai dengan ajaran yang mereka anut. Penghancuran adalah satu-satunya cara untuk meluruskan semua kelakuan manusia.

Candi Borobudur [image source]
Candi Borobudur [image source]
Well, situs budaya atau peninggalan adalah hal yang sangat berharga. Bahkan tidak ternilai lagi oleh uang. Jika situs seperti Borobudur dan Prambanan sampai hancur, Indonesia akan kehilangan maha karya dari masa lalu. Itulah mengapa pemerintah harus memperketat penjagaan terhadap situs budaya seperti ini. Lengah sedikit, semua hal berharga yang bangsa ini punyai akan lenyap dengan sendirinya.

3. Masjid dan Tempat Berkumpul Orang Syiah

Di Indonesia sendiri saat ini Syiah masih dianggap sebagai aliran yang sesat. Meski demikian, MUI menganggap Syiah masih diperbolehkan di Indonesia. Di beberapa negara Timur Tengah, ISIS selalu menyerang masjid-masjid orang Syiah. Bahkan mereka meletakkan bom saat mereka melakukan Sholat Idul Adha hingga puluhan korban akan jatuh.

Masjid [image source]
Masjid [image source]
Indonesia memiliki beberapa kelompok Syiah yang terus berkembang. Jika ISIS mulai masuk Indonesia, keberadaan mereka mungkin akan terancam. Tempat ibadah dan juga tempat berkumpul bisa jadi diledakkan tanpa sebab. Itulah ISIS, sebuah kelompok yang akan menghancurkan apa saja yang dianggap mereka tidak benar.

4. Tempat Ibadah Agama Selain Islam

Satu hal yang menurut ISIS perlu dihancurkan: orang atau kelompok orang yang tidak sesuai dengan ideologi yang dianut. ISIS menganggap mereka Muslim meski kelakuannya tidak mencerminkan sama sekali. Di Indonesia saat ini ada 6 agama yang diakui. Tempat ibadah juga beraneka ragam. Mulai dari Masjid, Gereja, Pura, hingga Klenteng.

Klenteng [image source]
Klenteng [image source]
Hal-hal semacam ini mungkin akan dianggap “kafir” bagi ISIS. Jika mereka masuk ke Indonesia, kemungkinan besar tempat ibadah akan diserang. Mereka akan rela melakukan apa saja asal dianggap melakukan jihat. Dianggap melakukan pertarungan melawan keburukan. Tapi mereka tidak sadar jika sebenarnya yang dilakukan adalah sebuah kejahatan.

5. Kantor Pemerintahan dan Fasilitas Umum

ISIS pernah berkata akan menghancurkan Gedung Putih di Amerika. Ia juga akan membumihanguskan lagi Prancis yang saat ini sudah mengangkat senjata untuk perang. Di negara seperti Arab dan Mesir, ISIS kerap menyerang dan menghancurkan fasilitas publik seperti Kantor Pemerintahan dan Kantor Polisi.

Istana Merdeka [image source]
Istana Merdeka [image source]
Jika ISIS sampai datang dan menyerang Indonesia. Istana negara akan rentan terkena ledakan bom dan juga aksi penembakan. Selain itu kantor pemerintahan dan fasilitas umum juga rawan mendapatkan serangan. Mall besar juga kemungkinan besar dimasuki ISIS dan orang-orang yang loyal kepada mereka.

Itulah lima tempat yang kemungkinan besar rentan terhadap serangan ISIS. Kita semua berharap ISIS tidak akan mengacau Indonesia. Kalau pun sampai terjadi semoga Indonesia bisa mencegahnya sedini mungkin. Jangan biarkan terorisme mengobrak-barik Indonesia yang sudah banyak masalah ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA