Inilah 4 Bukti Kalau Indonesia Adalah Tempat “Sakral” Bagi Warga Suriname Keturunan Jawa

Bagaimana pun kedua negara penduduknya ada yang berasal dari suku bangsa yang sama

oleh Arief Dian
15:00 PM on Oct 21, 2017

Banyak orang sudah paham kalau sebagian warga Suriname rupanya memang fasih berbahasa Jawa. Hal itu bukan sesuatu yang aneh mengingat sejarahnya kalau nenek moyang mereka ada yang berasal dari suku Jawa. Oleh sebab itu baik Indonesia dan Suriname selalu mempertahankan hubungan baiknya mengingat sejarah masing-masing.

Tetapi di pandangan orang-orang Suriname, bagaimana ya Indonesia itu? Rupanya bagi orang Suriname sendiri Indonesia adalah tempat sakral yang wajib dikunjungi. Ibaratnya sudah seperti tanah suci kedua. Lalu kenapa bisa seperti itu? Simak ulasan berikut ini.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Pandan Langka yang Jadi Pertanda Berlian Berharga Bikin Kaya
Gak Melulu Tentang Perang, Inilah 4 Kisah Mistis dari Dunia Militer yang “Ngeri-ngeri Sedap”

Datang ke Indonesia dianggap ziarah sakral

Kalau diibaratkan bagi orang Suriname keturunan Jawa saat datang ke Indonesia itu seperti mudik yang sudah lama diimpikan. Bagaimana lagi, terutama untuk mereka yang berumur sangat tua, bahkan dibuat menitikan air mata saat berkunjung ke Indonesia. Bisa dibilang sudah seperti ibadah haji kedua bagi para keturunan Jawa di Suriname. Itu karena mereka bisa melihat secara langsung tradisi nenek moyangnya dulu.

Ziara Sakral [image source]
Apalagi mengingat datang ke Indonesia ini sejatinya bagi mereka bukanlah hal yang mudah. Kurang lebih diperlukan biaya sampai 30 juta hanya untuk perjalanan saja. Belum lagi jarak tempuh dari Suriname ke Indonesia bisa lebih dari 9 jam. Meskipun begitu, antusias warga Suriname ke Indonesia sangat luar biasa besar.

Indonesia adalah tempat mencari garis leluhur yang hilang

Ya, memang jika mengaca dari sejarah yang ada, para leluhur keturunan Jawa di Suriname memang sejatinya berasal dari Indonesia. Oleh sebab itu, banyak dari warga Suriname sendiri yang rupanya melakukan kunjungan ke beberapa daerah di Indonesia untuk menyambung tali silahturahmi yang hilang.

Bertemu saudara yang hilang [image source]
Tentu kunjungan tersebut tidak hanya wisata jalan-jalan ke tempat-tempat indah di Indonesia saja, namun juga menelusuri kerabat mereka yang masih hidup di desa-desa di Indonesia. Lalu bagaimana bisa diketemukan? Rupanya di Suriname sendiri ada sebuah buku yang mencatat mengenai para migran asal Jawa yang dulu dibawa oleh Belanda ke Suriname. Dan ya, dari catatan itulah garis keturunan yang terpisah bisa ditemukan.

Bertemu saudara luar negeri lain keturunan Jawa hanya di Indonesia

Seperti yang diketahui rupanya tidak hanya di Indonesia  atau  Suriname saja keturunan Jawa dapat ditemukan. Pasalnya di Belanda, Malaysia dan beberapa negara lainnya juga ada Diaspora (keturunan Indonesia) yang juga tersebar.

Betemu keturunan jawa lain [image source]
Nah, uniknya hanya di Indonesia ini mereka akhirnya bisa bersatu kembali untuk merayakan festival tahunan. Ya, rupanya Yogyakarta hampir tiap tahun mempertemukan dalam sebuah acara “Ngumpulke Balung Pisah” ( mengumpulkan tulang yang terpisah) di mana seluruh keturunan Jawa di seluruh dunia berkumpul di sana. Dengan begitu, jadi wajar kalau Indonesia jadi tempat sakral bagi orang Suriname.

Memahami kebudayaan yang telah jauh berbeda

Meskipun para keturunan suku Jawa yang ada di luar negeri itu sampai sekarang masih mempertahankan kebudayaan dan adat nenek moyang, namun pastinya ada banyak atau sedikit budaya yang berbeda. Misalnya saja masalah masakan soto, banyak orang Indonesia yang pernah berkunjung ke Suriname mengaku rasa yang ada di sana benar-benar berbeda dengan Indonesia.

Memahami budaya asli Jawa [image source]
Rupanya hal itu pula yang terjadi pada sebagian keturunan Jawa yang ada di belahan dunia lain. Oleh sebab itu dengan berkunjung ke Jawa mereka akan memahami bagaimana budaya nenek moyang asli mereka yang asli dan tidak terkontaminasi oleh kemajuan zaman.

Bagaimana pun hubungan Indonesia dan Suriname itu sudah ibarat saudara jauh, jadi bukan hal yang aneh kalau warga sana banyak yang ingin datang ke bumi pertiwi. Oleh sebab itu masing-masing dari kedua negara ini mesti mempertahankan hubungan baik ini mengingat beberapa penduduknya berasal dari suku bangsa yang sama.

 

 

 

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA