Indonesia Resmi Mendapatkan Sanksi Dari FIFA

oleh Adys Disty
07:10 AM on Jun 4, 2015
Foto Ilustrasi via liputan6
Foto Ilustrasi via liputan6

Indonesia sudah resmi mendapatkan sanksi suspensi dari Badan Sepak Bola Tertinggi Dunia, FIFA. Surat tersebut tertanggal, Sabtu 30 Mei 2015 ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal FIFA, Jerome Valcke. Sanksi ini berimbas kepada keikutsertaan tim nasional Indonesia dan seluruh klub asal Indonesia tidak bisa berlaga di kompetisi resmi FIFA dan AFC.

Sanksi tersebut dijatuhkan setelah FIFA mengingatkan anggota asosiasi yang dalam hal ini adalah PSSI harus bebas dari intervensi pemerintah. FIFA menganggap bahwa Indonesia tak  mengindahkan tiga kali surat peringatan yang telah dibuat dan dikirim masing-masing pada tanggal 18 Februari, 4 Mei dan 22 Mei.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

PSSI disanksi karena melanggar statuta FIFA Pasal 13 dan 17 terkait intervensi pemerintah. Selama masa hukuman, PSSI kehilangan hak keanggotan seperti tertuang dalam Pasal 12 ayat 1 statuta FIFA. Semua timnas dan klub dilarang tampil di event internasional termasuk kegiatan AFC dan FIFA.

FIFA sendiri tidak memberikan batasan waktu kapan sanksi itu akan dicabut. Namun, FIFA memberikan empat persyaratan agar sanksi tersebut dicabut. Empat syarat itu disebutkan dalam surat sanksi yang diberikan FIFA ke Sekretaris Jenderal PSSI, Azwan Karim tertanggal 30 Mei 2015.

Hal pertama yang disebutkan dalam syarat itu adalah Komite Eksekutif PSSI yang terpilih harus mampu mengelola urusan PSSI secara independen dan tanpa terpengaruh dari pihak ketiga, termasuk Menteri (atau lembaganya). Syarat yang kedua, tanggung jawab untuk tim nasional Indonesia wewenangnya dikembalikan kepada PSSI.

Sedangkan syarat ketiga, tanggung jawab semua kompetisi PSSI dikembalikan wewenangnya kepada PSSI atau Liga yang berada di bawahnya. Terakhir, semua klub yang mendapatkan lisensi dari PSSI berdasarkan regulasi lisensi klub PSSI harus mampu bersaing di kompetisi PSSI. “Kami mengucapkan terima kasih dan meminta Anda untuk mengirimkan keputusan ini kepada pihak terkait dan berharap bahwa masalah ini dapat diselesaikan secepatnya agar suspensi dapat dicabut,” tulis FIFA.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA