7 Sisi Gelap Indonesia yang Bisa Menguji Kecintaanmu Pada Negeri Ini

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Jan 8, 2016

Kita semuanya tahu jika Indonesia adalah negara hebat dengan keanekaragaman suku dan budaya yang melimpah. Selain itu, Indonesia juga menyimpan banyak sekali potensi wisata yang sebagian besar belum dikembangkan dengan baik. Indonesia memiliki puluhan ribu kepulauan yang menyebar dari Sabang sampai Merauke dan dikelilingi laut yang luas. Tak mengherankan jika julukan negara maritim disandang Indonesia meski tak semua sektor ini manfaatkan dengan baik.

Baca Juga : Apa Kabar 7 Anak Presiden yang Pernah Menjabat di Indonesia?

Baca Juga
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala
Disebut Perompak oleh Mantan PM Malaysia, Justru Inilah Fakta Suku Bugis Seorang Pelaut Handal

Anyway, coba sekarang kita lihat Indonesia dari sisi yang lain. Artikel ini bukan bermaksud menjelek-jelekkan negeri ini. Baik buruk kita harus tetap menyukai Indonesia, kan? Tapi beberapa hal ini seperti layak untuk diulas secara lebih rinci.

1. Punya Pulau Terpadat di Dunia

Disadari atau pun tidak, Pulau Jawa termasuk pulau terpadat di dunia. Setidaknya di pulau ini ada sekitar 150 juta orang bermukim. Jumlah ini akan terus meningkat dan kota besar seperti Jakarta, dan Surabaya menjadi konsentrasi utama para penduduk yang ingin mencari peruntungan dalam masalah pekerjaan.

Salah satu ikon wisata Pulau Jawa [image source]
Salah satu ikon wisata Pulau Jawa [image source]
Luas Pulau Jawa kurang lebih sama dengan salah satu negara bagian Amerika bernama North Carolina. Dengan luas yang sama tempat ini hanya memiliki 5 juta penduduk. Artinya Jawa memiliki jumlah penduduk 30 kali lebih banyak dari tempat di Amerika. Jika penduduk di pulau ini tak segera disebar ke daerah lain, bukan tak mungkin Pulau Jawa akan menjadi kacau.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA