5 Hal Sangat Buruk ini Mungkin Akan Terjadi Jika Indonesia dan Malaysia Berperang

oleh Adi Nugroho
07:00 AM on Dec 8, 2015

Bukan rahasia lagi jika Indonesia dan Malaysia selalu punya masalah yang membuat dua negara membara. Mulai dari klaim wilayah yang kerap dimenangkan Malaysia hingga klaim budaya yang membuat Indonesia jadi berkacak pinggang.

Baca Juga : 5 Dosa Malaysia yang Ternyata Bikin Geram Negara Lain Selain Indonesia

Baca Juga
Dinobatkan Jadi Atlet Tercantik dan Terseksi SEA Games 2017, Ini Lho Pesona Lindswell Kwok Yang Bikin Indonesia Bangga
Inilah 4 Bukti Kalau Pengguna Medsos yang Ada di Indonesia Polosnya Bukan Main

Well, kita memang tak menginginkan apa yang namanya peperangan. Namun jika skenario paling buruk terjadi dan membuat Indonesia dan Malaysia melakukan adu kekuatan militer. Inilah 5 hal buruk yang tak bisa dihindarkan. (Sekali lagi perang adalah hal yang tak kita inginkan.)

1. Asia Tenggara Jadi Kacau Balau

Bisa dibilang, pusat dari Asia Tenggara adalah Indonesia. Negeri kita ini adalah bagian besar dari kawasan Asia Tenggara yang saat ini mulai diakui kehebatannya oleh dunia. Jika perang antara Indonesia dan Malaysia terjadi maka kawasan ini akan kacau. Banyak negara akan terkena dampaknya secara nyata, bahkan mungkin menyebabkan korban nyawa.

Asia Tenggara Jadi Kacau Balau [image source]
Asia Tenggara Jadi Kacau Balau [image source]

Kawasan Sumatra dan Kalimantan akan jadi medan perang yang tak terelakkan lagi. Negara seperti Singapura dan Brunei Darussalam akan terkena dampak secara langsung karena negara mereka berada di jalur perang. Jika perang ini berlangsung lama, bisa dipastikan dampaknya akan melebar dan jadi masalah global hingga banyak negara yang terlibat.

2. Akan Banyak Negara yang Terlibat Perang

Asia Tenggara adalah kawasan yang banyak menyimpan potensi sumber daya alam. Tentu banyak negara jadi ingin mengincar hal berharga itu. Akhirnya akan ada negara yang menyatakan diri sebagai pro Indonesia dan pro Malaysia. Negara yang mungkin pro Indonesia adalah China (dan Rusia), negara ini memiliki banyak sekali kepentingan di Indonesia terutama masalah perdagangan dan tenaga kerja. Jika Indonesia kacau maka mereka akan kehilangan pasar terbesarnya.

Akan Banyak Negara yang Terlibat Perang [image source]
Akan Banyak Negara yang Terlibat Perang [image source]
Negara yang mungkin akan membela Malaysia adalah Amerika. Alasannya tentu saja masalah tambang emas di Papua. Jika Indonesia bisa dikalahkan, tambang itu akan sepenuhnya bisa dikuasai oleh Amerika. Tak ada lagi kontrak-kontrak yang membuat semua pihak jadi kebakaran jenggot dan adu kebodohan di sosial media.

3. Pariwisata Akan Tamat

Kawasan Asia Tenggara dikenal memiliki banyak sekali objek wisata yang unik. Jika perang terjadi maka Indonesia akan kehilangan jutaan wisatawan asingnya. Bali akan sepi dan tak ada lagi kegiatan ekonomi. Malaysia pun akan mengalami hal serupa, jika perang terjadi maka akan banyak negara yang melakukan travel warning.

Pariwisata Akan Tamat [image source]
Pariwisata Akan Tamat [image source]
Thailand yang berdekatan dengan Malaysia akan mengalami dampaknya juga secara langsung. Wisatawan dari banyak negara akan urung datang karena takut dengan perang. Terakhir, tak ada lagi wisata belanja di Singapura. Negara ini akan menghadapi kekelaman dalam sektor pariwisata, dan juga keamanan karena berada di tengah-tengah dua negara yang sedang konflik.

4. Ekonomi Dunia Akan Ikut Drop

Kawasan Asia Tenggara adalah kawasan bisnis yang memiliki potensi yang besar akan berkembang dengan baik. Selain itu, Indonesia juga memiliki banyak komoditi unggulan yang sering diekspor ke luar negeri. Jika perang terjadi akan banyak sekali komoditi yang mengalami kemacetan dalam penjualannya.

Ekonomi Dunia Akan Ikut Drop [image source]
Ekonomi Dunia Akan Ikut Drop [image source]
Indonesia dan Malaysia juga merupakan konsumen besar dalam aneka bisnis. Jika perang terjadi maka bisnis akan kehilangan banyak sekali konsumen. Kawasan Asia Tenggara akan menjadi kawasan yang susah dimasuki oleh beraneka jenis bisnis dan lambat laun akan menjadi daerah yang “mati” dalam sektor ekonomi.

5. Nasib TKI Akan Binasa

Nasib TKI yang berasal dari Indonesia bisa tamat. Tak ada lagi yang namanya pekerjaan di Malaysia yang kerap mereka gunakan sebagai tempat bekerja. Saat perang tentu mereka akan disuruh pulang atau bahkan dijadikan sebagai tawanan perang karena militer Malaysia saat ini kalah jauh dengan yang dimiliki oleh Indonesia.

Nasib TKI Akan Binasa [image source]
Nasib TKI Akan Binasa [image source]
Jika tak ada TKI maka tak ada lagi pemasukan devisa bagi negara. Indonesia akan semakin minus dan kebingungan uang untuk mencukupi kebutuhan perang. Sementara itu uang negara banyak yang dikorupsi oleh orang-orang di atas sana. Masalah jadi semakin kompleks hingga penderitaan akan menjadi akhir dari semuanya.

Baca Juga : 4 Kekuatan Militer Malaysia yang Harus Diwaspadai Indonesia

Itulah lima hal sangat buruk yang akan terjadi jika Indonesia dan Malaysia mengalami perang. Lima hal di atas adalah skenario terburuk yang mungkin terjadi. Dan kita semua berharap hal semacam ini tak akan terjadi di masa depan. Perang tidak akan membawa apa-apa selain kehancuran.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA