Bukan Hanya Militer, Beberapa Hal Milik Indonesia Ini juga Bikin Nyali Singapura Ciut

Gara-gara Indonesia, perekonomian Singapura jadi gonjang-ganjing

oleh Arief Dian
10:00 AM on Aug 14, 2017

Singapura mungkin memang sebuah negara kecil, namun perekonomian yang ada di sana luar biasa berkembang. Itu bukan hal yang aneh mengingat di sana juga merupakan pusat perdagangan.  Selain itu kerja samanya dengan beberapa negara besar seperti Inggris dan Australia, membuat negara ini jadi makin jaya.

Namun sepertinya Singapura perlu was-was dengan Indonesia. Pasalnya, mereka sangat mengandalkan negara kita buat mendapatkan kekayaannya. Seandainya Indonesia mengambil satu saja kebijakan untuk memproteksi diri dari mereka, bisa rugi besar Singapura. Itu baru dari bidang Ekonomi, masih banyak keunggulan Indonesia dibanding Singapura, seperti militer dan lain-lain. Lalu apa saja itu? Simak ulasan berikut.

Baca Juga
Perawat Ini Main Hape di Tengah Operasi, Keselamatan Pasien Jadi Nomor Dua
Murka Karena Hutang Tak Kunjung Dibayar, Ijazah Dibakar Sebagai Gantinya

Tax Amnesty Indonesia bikin mereka kelabakan

Seperti yang diketahui, kebijakan tax amnesty beberapa waktu yang lalu rupanya tidak hanya berdampak pada Indonesia, luar negeri pun terkena imbasnya, terutama Singapura. Ya, sadar atau tidak, negara kecil itu merupakan surganya para orang kaya negeri kita menimbun uang. Seperti diketahui kalau di Singapura rupanya pajak di sana super rendah ketimbang bumi pertiwi.

Tax Amnesty [image source]
Akibatnya banyak orang tajir yang “menitipkan” kekayaannya di negara bekas persemakmuran Inggris itu. Kurang lebih ada Rp 11 ribu Triliun loh uang Indonesia di sana. Lantaran adanya Tax amnesty, Singapura jadi kelabakakan, sampai-sampai bank asal negara tersebut menawarkan kemudahan jika ingin pindah kewarganegaraan lho, hanya demi agar uang Indonesia tidam kembali.

Demokrasi Indonesia yang dianggap bukan omong saja

Nampaknya, demokrasi di Indonesia juga bikin Singapura jadi ketar-ketir. Pasalnya jika dibandingkan dengan yang ada di sana, demokrasi yang ada di Indonesia rupanya lebih nyata. Tidak percaya? coba lihat keadaan yang ada di sana. Ya, rupanya di Singapura ada partai yang paling berkuasa di antara yang lain.

Demokrasi Indonesia [image source]
People Action Party atau sering disingkat PAP, sudah berkuasa sejak negara itu berdiri. Sudah bisa ditebak, meskipun ada partai oposisi, namun hasilnya PAP selalu saja menang dalam perebutan kursi di sana. Bisa dipastikan lebih dari 80 persen dari jabatan diisi oleh orang dari partai yang satu ini. Kalau macam begini, mana demokrasinya?

Penanaman investasi yang dibatasi, banyak kerugian lain

Sejak beberapa tahun, bisa dibilang kalau kekayaan milik Singapura juga ada andil Indonesia. Pasalnya sudah sejak lama Singapura telah lumayan mendominasi investasi di bumi pertiwi. Namun semenjak adanya kebijakan baru, maka dominasi investasi dari Singapura harus kandas di tengah jalan.

Investasi yang di dominasi Singapura [image source]
Indonesia telah mencoba membangun hubungan dengan beberapa negara seperti Rusia ataupun beberapa yang lainnya. Bukan hanya dari segi investasi, dalam masalah perikanan pun rupanya Singapura juga mengalami kerugian besar. Ya, kebijakan menenggelamkan kapal milik bu Susi yang kontroversial, sepertinya mengakibatkan nelayan Singapura yang jadi korbannya.

Tentunya militer ibarat gajah dan semut

Peringkat Indonesia dalam kekuatan militer di Asia tenggara tidak perlu dipertanyakan lagi. Bukan hanya negara tetangga, bahkan dunia pun mengakuinya hingga masuk 14 besar. Hal ini pastinya sangat tidak bisa dibandingkan dengan yang ada di Singapura. Oleh sebab itu sepertinya Singapura harus bergabung dengan persekutuan antara beberapa negara FPDA seperti Inggris, Australia dan Selandia Baru.

Tentara Singapura dan Indonesia [image source]
Takut-takut, ada lagi gesekan dengan Indonesia seperti yang pernah terjadi dulu. Dengan peringkat Singapura yang hanya nyatol di rangking 65, jangan pernah bandingkan dengan kekuatan Indonesia. Tidak usah jauh-jauh, latihan saja mereka harus pinjam hutan di pulau Kalimantan, jangan bandingkan dengan Denjaka atau kopasus yang latihannya seperti neraka.

Sudah lihat kan betapa jayanya negara kita ketimbang Singapura, bahkan sampai minta bantuan beberapa negara. Mungkin dalam segi perekonomian negara kita sedikit tertinggal, namun hal ini juga bisa jadi pertanda kalau kelak Indonesia juga bisa maju dan mengalahkan Singapura.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi 6 Tokoh-tokoh Terkenal Tanah Air yang Moksa atau Menghilang Tanpa Bekas Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Inilah 4 Putri Super Cantik Faisal Harris dan Sarita, Korban Kehancuran Keluarga Akibat ‘Pelakor’ 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia Tuhan Maha Adil, Begini Nasib Terkini Pasangan Tangerang yang Diarak karena Dituduh Mesum Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 8 Anak Artis Ini Nggak Kalah Cantik dari Ibunya, Bikin Para Cowok Rela Antri untuk Mendapatkannya Inilah Perbandingan Kekayaan Beberapa Pengacara Kondang, Ada yang Bisa Buat Makan 3 Kampung loh Inilah Tontaipur, Pasukan Spesial Angkatan Darat Indonesia yang Kemampuannya Luar Biasa 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Sempat Jadi Tontonan Wajib Anak 90an, Begini Nasib Pemain Shaolin Soccer Sekarang
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA