7 Hal Unik yang Akan Terjadi Jika Bahasa Indonesia Jadi Bahasa Internasional

oleh Rizal
15:00 PM on Nov 19, 2015

Bahasa Indonesia tercipta lewat sejarah yang sangat panjang. Berawal dari bahasa Melayu, kemudian diturunkan lalu melewati banyak proses hingga akhirnya menjadi bahasa Indonesia yang kita kenal sekarang. Banyak yang beranggapan jika bahasa Indonesia itu mudah, ekspresif serta padanan katanya bagus. Sehingga akan menarik jika dibuat menjadi bahasa internasional.

Menjadikan bahasa Indonesia sebagai bahasa internasional mungkin tak pernah terbayangkan. Namun jika hal ini seumpama terjadi, maka kita bakal untung luar biasa. Ya, banyak hal menarik yang bakal terjadi jika sampai wacana internasionalisasi bahasa Indonesia benar-benar terwujud.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

Nah, berikut adalah hal-hal unik yang bisa terjadi kalau bahasa kebanggaan kita itu dipakai sebagai bahasa internasional.

1. Tak Perlu Repot Kursus

Karena bahasa internasional sekarang adalah bahasa Inggris, maka mau tak mau kita harus belajar. Tak cukup lewat pelajaran di sekolah, kursus pun dipilih agar semakin jago. Memang bermanfaat sih, namun waktu dan biaya harus dikorbankan untuk itu.

Karena bahasa Indonesia sudah jadi bahasa internasional, maka sepertinya tak butuh kursus lagi [Image Source]
Karena bahasa Indonesia sudah jadi bahasa internasional, maka sepertinya tak butuh kursus lagi [Image Source]
Nah, jika bahasa Indonesia dipakai dunia maka kita tidak perlu melakukan hal-hal semacam itu. Kursus apalagi kalau dari umur dua tahun kita sudah bisa berbahasa Indonesia dengan lancar. Jika kita sering heran melihat anak-anak kecil di luar negeri jago bahasa Inggris, nanti gantian mereka yang akan terheran-heran lantaran melihat anak-anak kecil di sini sudah cas cis cus berbahasa Indonesia.

2. Guru Bahasa Indonesia Makin Mendunia

Salah satu cara yang sering kita lakukan untuk mahir berbahasa Inggris adalah mendatangkan native speaker. Belajar dengan orang yang sejak lahir sudah mahir bahasa Inggris tentu berbeda dengan tutor Indonesia yang jago bahasa Inggris. Terutama soal aksen, penekanan kata dan lainnya yang lebih akurat.

Guru bahasa Indonesia mungkin akan punya prospek karir yang lebih bagus [Image Source]
Guru bahasa Indonesia mungkin akan punya prospek karir yang lebih bagus [Image Source]
Jika bahasa Indonesia jadi bahasa Internasional, maka tinggal dibalik saja. Ya, akan banyak orang-orang Indonesia yang didatangkan ke berbagai penjuru dunia sebagai tutor alias guru. Guru bahasa Indonesia paling berkesempatan untuk itu. Dan jika mimpi indah tersebut benar-benar terjadi maka tak hanya penyanyi saja yang Goes International, tapi juga guru bahasa Indonesia.

3. Buku-Buku Akan Diterjemahkan Dalam Bahasa Indonesia

Dampak dari bahasa Inggris yang jadi bahasa internasional salah satunya adalah rilisan-rilisan buku yang berbahasa Inggris pula. Tujuannya sudah jelas biar market share-nya luas serta bisa dinikmati pembaca dari seluruh dunia.

Akan banyak buku luar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ini akan menguntungkan kita [Image Source]
Akan banyak buku luar yang diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia dan ini akan menguntungkan kita [Image Source]
Kalau bahasa Indonesia yang bakal dibikin jadi bahasa internasional, maka sudah pasti mayoritas buku terbitan luar Indonesia akan dikemas dalam bahasa kita. Dampaknya untuk kita tentu saja tak perlu pusing-pusing menerjemahkan dulu ketika membaca buku-buku luar negeri. Manfaat lainnya, mungkin saja orang-orang Indonesia bakal lebih maju dan pandai gara-gara ini.

4. Guide Berbahasa Indonesia Akan Menjamur di Luar Negeri

Guide seperti yang kita kenal adalah mereka yang kerjanya membimbing para wisatawan asing. Selama ini guide selalu identik dengan bahasa Inggris tak peduli dari mana asal wisatawannya. Nah, jika bahasa Indonesia yang benar-benar dipakai secara internasional, maka makin banyak pula guide yang berbahasa Indonesia.

Jika biasanya berbahasa Inggris, nantinya bakal banyak guide pakai bahasa kita [Image Source]
Jika biasanya berbahasa Inggris, nantinya bakal banyak guide pakai bahasa kita [Image Source]
Di Amerika, Eropa, Timur Tengah, mereka pasti menyediakan para guide berbahasa Indonesia bagi para wisatawan, tak cuma untuk kita tapi juga para pelancong negara lain. Asyiknya buat kita adalah tak perlu kesusahan untuk berkomunikasi dengan mereka. Kita juga tak mudah tertipu misalnya ketika menawar barang.

5. Bisnis Menengah ke Bawah Gampang Go International

Sebenarnya banyak bisnis kelas menengah ke bawah di Indonesia yang bisa dikembangkan jaringannya sampai level internasional. Sayangnya, kendala bahasa membuat sebagian orang ogah ribet. Ya, belum mahir berbahasa Inggris akan menyulitkan dalam berbagai hal. Misalnya ketika melakukan transaksi, konsultasi dengan pelanggan dan lain sebagainya.

Orang Indonesia akan lebih mudah meluaskan produknya ke level internasional [Image Source]
Orang Indonesia akan lebih mudah meluaskan produknya ke level internasional [Image Source]
Indonesia mungkin akan jadi negara industri nomor satu bila bahasa Indonesia dipakai jadi bahasa internasional. Ya, akan banyak wiraswasta yang makin mengembangkan bisnisnya sampai level luar negeri berkat mudahnya komunikasi yang dilakukan

6. Indonesia Akan Jadi Negara Maju

Amerika dan negara berbasis bahasa Inggris lain bisa dibilang sangat maju dari pada yang lainnya. Penyebab utamanya adalah faktor bahasa. Ya, hampir semua literatur ditulis dalam bahasa mereka, sehingga orang-orang sana lebih bisa memahami isinya dibandingkan kita.

Banyak literatur ilmu pengetahuan yang diterjemahkan pakai bahasa Indonesia bakal bikin negara ini maju [Image Source]
Banyak literatur ilmu pengetahuan yang diterjemahkan pakai bahasa Indonesia bakal bikin negara ini maju [Image Source]
Nah, hal tersebut akan berbalik seumpama bahasa Indonesia dipakai di dunia layaknya Inggris. Ya, banyak hal yang akan dituliskan dengan bahasa Indonesia. Tak hanya literatur saja, tapi juga konten website. Alhasil, orang-orang Indonesia akan semakin mudah dalam belajar dan dampaknya negara ini akan makin berkembang.

7. Dunia Mungkin Akan Jadi Lebih Baik

Kesantunan berbahasa memengaruhi perilaku. Tidak bermaksud menjelekkan bahasa Inggris, namun bahasa ini memang terdengar agak kasar. Terutama ketika dipakai dalam percakapan. Misalnya saja You, dalam bahasa Inggris kata ini dipakai semua subyek yang dituju. Entah sebaya, orangtua, pimpinan dan lainnya. Di bahasa Indonesia kita bisa mengemas You ini lebih baik. Misalnya, kamu dan juga Anda. Lebih spesifik dan juga halus.

Santunnya Indonesia pun mungkin akan menular ke banyak orang dan akhirnya mendunia [Image Source]
Santunnya Indonesia pun mungkin akan menular ke banyak orang dan akhirnya mendunia [Image Source]
Bahasa Indonesia sendiri sejatinya lahir dari perangai bangsa yang halus dan ramah. Maka ketika bahasa ini bisa mendunia, maka kesantunan orang-orang Indonesia akan menyebar ke seluruh dunia.

Kabar baiknya, wacana menjadikan bahasa Indonesia jadi bahasa internasional bukanlah hal yang mustahil. Saat ini bahasa kita dipelajari jutaan orang bahkan ada pula yang menjadikannya salah satu mata kuliah di universitas-universitas luar negeri. Jika suatu ketika bahasa Indonesia benar-benar jadi mendunia, maka bersiap-siaplah menikmati deretan kemudahan di atas.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA