Inilah 4 Kelebihan Indonesia yang Tak Dimiliki Arab Saudi

oleh Aini Boom
07:00 AM on Feb 27, 2017

Bukan bermaksud ingin merendahkan bangsa sendiri, tapi membandingkan Indonesia dan Arab adalah hal yang memang agak aneh. Negeri kita dan mereka terpaut jauh dalam berbagai hal. Mulai dari ekonomi sampai infrastruktur. Tidak heran kenapa demikian karena Arab Saudi adalah negara yang sangat kaya. Bahkan rumor mengatakan Amerika saja berutang duit kepada negara satu ini.

Meskipun demikian, namun bukan berarti Indonesia benar-benar terbanting dengan Arab. Kita masih memiliki banyak keunggulan pula yang bikin Arab tidak ada apa-apanya. Tentu bukan kemakmuran dan kekayaan ya walaupun sebenarnya potensi kita mengungguli mereka di ranah itu juga tinggi.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Lalu, hal hebat apa saja yang dimiliki Indonesia namun tidak dipunyai Arab? Simak ulasannya berikut.

Indonesia Mempunyai Tambang Emas Terbesar di Dunia

Indonesia merupakan negara yang memiliki tambang emas terbesar di dunia, Grasberg. Bertempat di Papua, tambang ini memiliki cadangan sebesar 29,8 juta troy ounces dan memiliki 20.000 orang sebagai pekerjanya. Tak hanya di Papua, di beberapa titik lain di Indonesia, juga banyak spot-spot penghasil emas yang tiap tahunnya menelurkan begitu banyak si logam mulia.

Indonesia punya tambang emas [Image Source]
Arab Saudi mungkin memiliki begitu banyak minyak, namun negara mereka sepi emas. Mungkin ada potensinya, namun bisa dipastikan sangat sedikit. Jadi, untuk urusan tambang emas, Indonesia menendang Arab sangat jauh.

Indonesia Memiliki Potensi Sumber Daya Manusia yang Besar

Data yang diambil dari Bank Dunia menunjukkan bahwa jumlah penduduk Arab Saudi sebanyak 28,83 juta. Sedangkan menurut sumber yang sama, jumlah penduduk Indonesia mencapai angka 249,9 juta. Dengan jumlah penduduk sebesar ini, tentu peluang untuk mendapatkan sumber daya manusia yang berkualitas akan lebih terbuka lebar dibanding negara yang memiliki sedikit penduduk.

Indonesia punya lebih banyak SDA [Image Source]
Terkait hal ini banyak pakar yang menghubungkan banyaknya penduduk Indonesia dengan bonus demografi yang akan dicapai pada tahun 2020-2030. Diprediksi bahwa pada rentang tahun tersebut, jumlah usia produktif di Indonesia mencapai 2/3 dari keseluruhan jumlah penduduk. Artinya, peluang untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang tinggi dapat dicapai.

Indonesia Memiliki Banyak Bahasa dan Budaya di Tiap-Tiap Daerah

Arab Saudi merupakan negara yang memiliki satu budaya, yaitu budaya Arab dan satu bahasa yaitu bahasa Arab. Bahasa Arab sendiri memiliki dua macam, pertama bahasa arab dengan standar baku yang disebut Arab fushah. Kedua, bahasa Arab Amiyyah atau bahasa arab yang digunakan dalam keseharian. Selain itu, pakaian khas arab juga tidak terlalu beragam. Untuk laki-laki, mereka biasa memaki baju putih dengan sorban. Sedangkan perempuan kebanyakan memakai gamis berwarna hitam.

Kebudayaan Indonesia [Image Source]
Sedangkan di Indonesia, ada sekitar 300 lebih bahasa yang digunakan dalam masyarakat. Tidak jarang meskipun dalam satu kecamatan, tiap kampung memiliki beberapa bahasa dan dialek kedaerahan yang berbeda. Meski kaya akan berbagai bahasa, namun bahasa persatuan yang resmi digunakan adalah bahasa Indonesia. Seperti halnya bahasa, kebudayaan Indonesia sangat beragam macamnya. Bentuk nyata kebudayaan juga tercermin pada banyaknya pakaian tradisional yang ada di Indonesia

Indonesia Memiliki Hutan Tropis Terbesar di Dunia

Kembali soal potensi kekayaan alam, ada satu lagi yang bikin Indonesia menang telak dari Arab Saudi. Ya, hal tersebut tak lain adalah hutan kita yang luar biasa. Hutan Indonesia adalah salah satu yang paling masif di dunia, keberadaannya bahkan penting tak hanya bagi orang NKRI sendiri tapi juga dunia.

Hutan Indonesia lebih greget [Image Source]
Lain halnya dengan Arab Saudi. Meskipun kaya minyak negara ini tidak memiliki hutan selebat Indonesia. Mungkin ada hutan kecil-kecil, tapi sangat jauh kalau dibandingkan dengan milik kita. Hutan di Indonesia bahkan tersebar merata dari ujung barat sampai timur.

Arab saudi mungkin kaya raya dan minyaknya luar biasa. Tapi, Indonesia juga tidak kalah dengan memiliki hal-hal di atas. Sebenarnya tak hanya itu, soal militer Indonesia juga lebih perkasa. Tercatat militer kita di tahun 2016 kemarin menempati posisi 14 dunia, sedangkan Arab Saudi berada di peringkat 24. Cukup jauh.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA