Film India vs. Sinetron Indonesia, Keduanya Ternyata Mirip!

oleh Tetalogi
07:00 AM on Aug 31, 2015

Memang nggak salah kalau industri film India disebut Bollywood. Hollywood versi India ini memang berhasil meraih kesuksesan hingga ke tanah air kita. Bahkan, Bollywood memang menjadi salah satu produsen film terbesar di dunia, jadi tidak heran jika gaungnya terdengar sampai ke Indonesia.

Film India sudah pernah sangat populer di Indonesia beberapa tahun lalu. Jadi jangan heran jika ternyata beberapa aspek dalam film India dan sinetron di Indonesia ternyata sangat mirip! Berikut ini beberapa diantaranya.

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

1. Tokoh Utama Bertabrakan, Saling Tatap Mata, Lalu Jatuh Cinta

Ada salah satu adegan yang paling sering muncul baik di film India maupun sinetron Indonesia saat ingin membuat plot tentang jatuh cinta pada pandangan pertama dua tokoh utama. Skenario paling sering muncul adalah tokoh utama pria dan wanita nggak sengaja saling tabrakan, si wanita jatuh, si pria menangkapnya, keduanya saling pandang, lalu langsung jatuh cinta. Pliss deh di dunia nyata kalau tabrakan yang ada si wanita atau pria marah-marah, atau kalau nggak marah paling mentok ya minta maaf lalu ngeloyor pergi semua. Nggak pake acara pegang-pegangan sambil saling memandang sampai 2 menit begitu.

Cara jatuh cinta yang klise [Image Source]
Cara jatuh cinta yang klise [Image Source]
Atau skenario lain yang juga mirip adalah tokoh utama wanita dan pria yang saling benci setengah mati. Tapi meskipun saling benci, akan selalu ada momen yang membuat mereka selalu saja ketemu. Lalu akan muncul hal-hal sederhana yang bikin keduanya langsung jatuh cinta dengan mudahnya.

2. Kecelakaan Berujung Luka di Kepala

Kecelakaan model apapun, baik kecelakaan mobil atau motor, luka yang paling umum terlihat di film India dan sinetron adalah luka di dahi, lalu kepalanya dibalut perban, dengan sedikit tanda merah di bagian pelipis. Kok sepertinya selalu bagian pelipis ya yang berdarah?

Kalau kecelakaan, pasti kepalanya diperban [Image Source]
Kalau kecelakaan, pasti kepalanya diperban [Image Source]
Selain itu, saat terjadi adegan kecelakaan ketika si tokoh ini hampir ditabrak, si tokoh seperti kehilangan semua refleknya. Bukannya bergerak menghindar atau melompat karena reflek alami manusia, eh, si tokoh malah diam dan berteriak. Ya jelas aja ketabrak.

3. Polisi Datang Setelah Perkelahian Selesai

Adegan perkelahian itu selalu seru untuk menunjukkan betapa kuatnya si tokoh utama ini dalam melawan musuh-musuhnya. Berapapun jumlah musuh yang melawannya, si tokoh utama tetap bisa mengalahkan mereka semua dengan mudah dengan jurus-jurunya tanpa mengeluarkan keringat. Yang aneh, polisi datang justru saat perkelahian telah selesai dan musuh-musuhnya sudah bergelimpangan.

Adegan bertarung [Image Source]
Adegan bertarung [Image Source]
Masak sih yang ada di lokasi kejadian baru menghubungi polisi saat perkelahian sudah selesai? Atau perkelahiannya sambil kejar-kejaran hingga melintasi jalan yang berbeda sampai pak polisi kebingungan mencari lokasi perkelahian? Ayolah, di dunia nyata polisi nggak sampai segitu lambat bergerak kok kalau terjadi kerusuhan.

4. Banyak Gambar Close Up Wajah

Ini nih yang sering ada di film-film India dan sinetron Indonesia. Dalam adegan tertentu, akan ada saat ketika kamera tiba-tiba di close up hingga begitu dekat dengan wajah para aktor. Tentu sambil diikuti dengan suara-suara backsound yang cukup mengagetkan.

Banyak adegan close up wajah [Image Source]
Banyak adegan close up wajah [Image Source]
Terkadang yang lebih lucu, akan ada adegan konfrontasi dua orang tokoh, antagonis dan protagonis. Si antagonis melotot, si protagonis terkejut, kemudian kamera berganti-gantian menampilkan gambar close up kedua tokoh ini.

5. Berdiri Diam dan Memandang ke Kejauhan

Kebanyakan orang memang kalau marah atau sedih akan lebih suka diam. Tapi ada satu adegan tipikal film India yang juga sering muncul di sinetron Indonesia. Terkadang saat sedang sedih atau marah tokoh utama akan berdiri diam sambil memandang ke kejauhan. Entah apa sebenarnya yang mereka lihat di kejauhan sana.

Menangis memandang jendela [Image Source]
Menangis memandang jendela [Image Source]
Selain itu, ada satu adegan yang juga sangat tipikal di film India dan sinetron Indonesia. Yaitu ketika si tokoh utama sedang merenungi kesedihannya, ia akan berdiri diam sambil memandang jendela. Kadang juga diikuti dengan rintik air hujan yang menetes di jendela. Duh… dramatis banget.

6. Di Rumah Pun Full Makeup

Ada lagi nih yang paling sering ada di film India dan sinetron Indonesia adalah para aktornya yang selalu full makeup. Nggak pernah tuh mereka cuma pakai daster atau kaos biasa waktu di rumah. Pasti pakai lipstik, atau bulu mata yang lentik dengan maskara. Bahkan saat mereka baru bangun tidur.

Selalu full makeup dimanapun [Image Source]
Selalu full makeup dimanapun [Image Source]
Film India juga begitu, selalu cantik bahkan saat bangun tidur. Dengan makeup yang masih lengkap dan belum terhapus sama sekali. Jangan dicoba tidur pakai makeup ya kalau nggak mau jerawatan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang mirip antara film India dan sinetron Indonesia. Kalau menurut kamu, apa lagi yang mirip dari keduanya? Atau justru menurutmu film dari dua negara ini justru sangat berbeda?

 

 

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA