Ilusi Optik Keren Bikin Wajah Para Selebritis Ini Kelihatan Aneh!

oleh Tetalogi
12:07 PM on Jul 20, 2015

Kamu tentu sudah sering mendengar tentang ilusi optik bukan? Ilusi optik terjadi karena kesalahan penangkapan mata manusia. Akibatnya, kita sering dibuat bingung oleh gambar yang terlihat tidak seperti seharusnya atau seperti terlihat bergerak meskipun sebenarnya gambar tersebut diam.

Mata memiliki apa yang disebut peripheral vision atau bagian yang terlihat atau pandangan di sekeliling atau samping dari apa yang fokus kita lihat. Peripheral vision inilah yang membuat kita bisa melihat kurang lebih hingga 220 derajat secara horisontal dan 170 derajat secara vertikal. Meski begitu, peripheral vision ini ternyata nggak benar-benar akurat 100 persen, lho!

Baca Juga
Fakta Silat Marunda, Warisan Maut Si Pitung yang Bikin VOC Terkencing-kencing Tak Berdaya
Blunder! 9 Pejabat Ini Pernah Salah Ucap Ketika Sedang Menyampaikan Pidato Penting

Untuk membuktikannya, coba deh kamu lihat video di bawah ini. Fokuskan pandangan matamu pada satu titik di tengah, kemudian klik play, dan kamu akan melihat wajah para selebriti terkenal ini jadi aneh dan sulit dikenali.

Ilusi ini disebut dengan “Flashed Face Distortion Effect”. Dengan menyejajarkan gambar dua wajah di samping dari pandangan mata dan mengganti gambarnya dengan cepat, kamu akan bisa melihat bagaimana perbedaan wajah tersebut menjadi semakin ekstrim. Jika seseorang memiliki rahang yang lebar, ia akan terlihat hampir seperti ogre. Jika seseorang memiliki dahi yang lebar, ia akan terlihat bulat.

Bagaimana, keren bukan? Para selebriti yang sebenarnya cantik dan tampan tersebut jadi terlihat aneh saat dilihat dengan pandangan peripheral vision!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA