5 Perubahan Wajah Indonesia Menjelang Ramadan

oleh Febri
07:20 AM on Jun 14, 2015

Bulan Ramadan adalah bulan yang istimewa. Tak hanya dari segi religiusnya saja, tapi industri hiburan juga ikut berbondong-bondong membuat acara yang bernuansa Ramadan. Mulai dari acara ceramah hingga sinetron-sinetronnya, juga disesuaikan dengan datangnya bulan penuh berkah.

Di Indonesia sendiri, ada berbagai macam acara TV yang secara rutin ditampilkan hanya pada saat bulan Ramadan saja. Konsep yang diangkat pun beragam, tapi tak jauh-jauh dari nuansa religiusnya. Penasaran bagaimana wajah pertelevisian Indonesia bisa berubah saat bulan Ramadan? Berikut ini informasinya.

Baca Juga
6 Efek Mengerikan Akibat Penggunaan Steroid untuk Membesarkan Otot, Cowok-Cowok Buka Mata Deh!
5 Alasan Mengapa Cewek Lebih Bahagia dengan Pria Bertampang Pas-Pasan, Alhamdulilah

1. Iklan

Datangnya bulan Ramadan dipandang sebagai momen yang hanya datang setahun sekali saja, maka hampir semua industri pertelevisian berbondong-bondong menarik perhatian pemirsa dengan acara-acara andalannya. Iklan pun juga tak luput menyuguhkan konsep ala ramadan, seperti dalam video berikut ini.

Iklan rokok yang biasanya menampilkan sisi maskulinitas pria. Saat bulan ramadan, iklan tersebut lebih ditekankan pada sisi moral dan sosialnya hingga terbawa dengan suasana Ramadan. Selain itu, juga akan banyak muncul iklan sirup. Mungkin omset penjualan sirup akan meningkat saat bulan Ramadan, sehingga perusahaan lebih memilih beriklan di bulan tersebut.

2. Sinetron

Sinetron juga mengalami perubahan, baik sinetron yang sudah tayang sebelum ramadan, maupun sinetron yang hanya tayang satu bulan penuh selama ramadan saja. Masih ingatkah dengan sinetron Para Pencari Tuhan?

Sinetron
Sinetron [ImageSource]
Itu adalah salah satu contoh sinetron Indonesia yang hanya tayang di bulan Ramadan saja, selain itu, industri musik dan Film juga ikut terkena imbasnya. Banyak film dan lagu islami bermunculan menjelang bulan Ramadan.

3. Acara TV Saat Sahur

Ketika tiba waktu sahur saat bulan puasa, banyak stasiun televisi yang memanfaatkan waktu tersebut untuk menayangkan acara spesial, salah satunya adalah acara komedi. Sayang, konsepnya pun bisa dibilang begitu-begitu saja tiap tahun.

Program Komedi Saat Waktu Sahur
Program Komedi Saat Waktu Sahur [ImageSource]
Yang cukup mengherankan adalah biasanya di sela-sela acara komedi tersebut terdapat acara kuis dari sponsor, dengan pertanyaan yang terkadang lucu dan tidak berbobot. Sepertinya memang sengaja dibuat seperti itu, agar penelpon bisa langsung menjawabnya dengan benardan mudah mendapatkan hadiah.

4. Ceramah

Program-program yang berlabelkan ramadan juga akan banyak bermunculan. Ada berbagai macam jenis acara dan biasanya menjelang buka puasa akan ada ceramah singkat yang diberikan oleh para ustad maupun tokoh agama, acara seperti ini disebut kultum.

Kultum
Kultum [ImageSource]
Acara ceramah seperti ini tentu mendatangkan banyak manfaat bagi para muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa. Tapi sayang, program ceramah menjelang buka puasa seperti ini, kalah dengan acara-acara lain yang terkadang berlebihan dan tidak bermutu.

5. Acara Kompetisi

Acara lainnya yang menjadi sorotan publik tentu adalah munculnya kompetisi-kompetisi bernuansa islami yang tayang dibulan ramadan seperti program “Hafidz Indonesia” yang memperlombakan anak-anak penghafal Al-Quran.

Salah satu acara kompetisi di TV
Salah satu acara kompetisi di TV [ImageSource]
Selain itu, ada juga kompetisi dakwah hingga memasak juga ikut menghiasi wajah pertelevisian Indonesia. Kompetisi-kompetisi seperti ini juga ikut diramaikan oleh juri-juri kondang dari berbagai kalangan.

Bulan Ramadan memang bulan yang istimewa, tentu harapannya acara-acara TV Indonesia bisa lebih berkualitas dan menjaga norma kesopanan tidak hanya pada bulan ramadan saja, tapi juga di bulan-bulan yang lainnya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA