6 Iklan Rokok yang Bikin Kamu Ngebet Traveling Ketimbang Beli Produknya

oleh Alfry
16:50 PM on May 8, 2015

Dari sekian banyak iklan di televisi mungkin iklan rokok adalah satu-satunya iklan yang paling menyegarkan. Iklan rokok dikemas secara unik dan tidak menonjolkan produk yang diiklankan malah mereka membuat iklan dengan menampilkan aneka tempat wisata keren yang bikin pemirsa jadi ngebet traveling ketimbang membeli produk rokok yang diiklankan.

Banyak tempat wisata di Indonesia yang terekspos ke media lantaran menjadi lokasi syuting iklan rokok. Kadang tempat wisata yang muncul dalam iklan rokok bisa menjadi inspirasi traveling para traveler. Nah, dikumpulkan Boombastis dari berbagai sumber berikut 6 iklan rokok yang membuat kamu ngebet jalan-jalan.

Baca Juga
Ternyata Beberapa Negara Ini Benderanya Terinspirasi Dari Majapahit Loh, Mana Saja Tuh
Bikin Emosi! Rombongan Pemuda Indonesia Ini Malah Sengaja Membentangkan Bendera Secara Terbalik

1. Dunhill Mild, Fine Cut – Batu Payung, Lombok

Iklan ini muncul pada tahun 2013 silam dan langsung menuai berbagai komentar dari para netizen. Ada yang mengagumi lokasi tempat pengambilan gambarnya namun tak sedikit pula yang mencibir karena menganggap iklan tersebut ambigu. Anda bisa melihat iklan tersebut dalam video di bawah ini. Dalam video berdurasi 58 detik tersebut menggambarkan seorang laki-laki membawa ikan dan memotongnya untuk di bakar. Cukup aneh memang mengingat sebenarnya ini adalah iklan rokok bukanlah iklan makanan.

Namun bagi orang yang melek traveling, mata akan terfokus pada tempat yang digunakan untuk syuting. Tempat di pinggir pantai yang indah dengan batu karang yang mengelilingi nampak membuat suasana makin manis. Di manakah lokasi syuting iklan rokok Dunhill ini? Ternyata iklan ini mengambil setting di kawasan Batu Payung, Lombok. Anda bisa menjumpainya di Kecamatan Juput, Kabupaten Lombok Tengah. Pantai unik tak berpasir ini berada bersebelahan dengan pantai Tanjung Aan. Dinamakan Batu Payung karena di pantai ini terdapat karang besar yang bentuknya seperti payung.

2. Djarum Super, My Great Adventure Indonesia (2011)

Mungkin sudah menjadi ciri khas iklan dari produk rokok Djarum Super untuk membuat iklan produknya dengan mengambil spot-spot keren di Indonesia. Seperti halnya iklan rokok yang lain, di sini sama sekali tidak menonjolkan produk rokok bahkan bintang iklannyapun tidak terlihat sedang menghisap rokok. Dalam video berdurasi dua menit ini menampilkan aktifitas 3 sekawan yang berpetualang alam Indonesia dari ujung barat hingga ujung timur.

Berbagai aktifitas seru ditampilkan dalam petualangan tiga sekawan ini dalam menjelajahi keganasan serta keindahan alam nusantara. Beberapa destinasi wisata kerenpun bermunculan di sana, sebut saja ganasnya hutan Sumatera, Taman Nasional Way Kambas, Gunung Rinjani di Lombok, Kuta Reef di Bali, Gunung Krakatau hingga di Raja Ampat. Semua ditampilkan secara elegan dan membuat siapa saja kepingin segera liburan ke tempat-tempat itu. Anda pasti juga langsung kepincut ingin segera berangkat jalan-jalan setelah melihat video tersebut, bukan begitu?

3. Djarum Super, My Great Adventure Indonesia Continues

Ini kelanjutan dari iklan Djarum Super tahun 2011 yang juga mengeksplorasi kekayaan alam Indonesia. Lagi-lagi mereka tidak menonjolkan produk rokok sama sekali. Dalam iklan kali ini produkan rokok asal Kudus memberi tema iklannya My Great Adventure Indonesia Continues. Iklan ini mulai terbit pada pertengahan tahun 2012. Iklan ini juga bikin ngiri orang untuk jalan-jalan ketimbang beli rokok,tidak percaya lihat videonya di bawah ini.

Pada scene pertama penonton disuguhkan aktifitas seru di dalam Gua Jomblang, Yogyakarta. Ini merupakan gua vertikal sehingga untuk masuk ke dalam gua harus melakukan Single Rope Technique (SRT) sedalam 40 meter. Lanjut setelah itu penonton dipameri aksi surfing di Sungai Kampar yang terkenal dengan gelombang Bono-nya yang dahsyat.

Sungai Kampar ini berada di Desa Teluk Meranti, Riau. Belum cukup sampai disitu lagi-lagi penonton diiming-imingi keindahan alam Maratua di Kaltim, dan Lapopu di Sumba Barat yang terkenal dengan kuda liarnya. Akhirnya ditutup dengan atraksi keren di daerah Laliang, Sumba Barat dan pantai indah Cimaja, Jawa Barat. Bikin ngiler kan!

4. Djarum Super Karapan Sapi Pakai Papan Selancar

Ini iklan terbaru yang masih sering wara-wiri di televisi, iklan Djarum Super Karapan Sapi Pakai Papan Selancar. Dalam iklan terlihat jelas tiga sekawan yang dalam iklan sebelumnya hobi menjelajahi Indonesia kini mampir di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Di daerah ini memiliki atraksi permainan yang sangat unik yaitu Pacu Jawi namanya.

Mendengar istilah Pacu Jawi mungkin masih asing di telinga traveler namun ini sebenarnya sebuah atraksi balapan sapi sama seperti karapan sapi di Madura. Bedanya trek yang digunakan dalam Pacu Jawi adalah area persawahan yang penuh lumpur bukan trek kering seperti di Madura.

Pacu Jawi ini dilakukan setiap tahun selama empat minggu. Kembali lagi ke iklan Djarum, jadi pemuda ini tertantang untuk melakukan pacu jawi namun menggunakan papan selancar mereka. Aksinya terlihat menantang namun tetap seru.

5. U Mild, Ngantor di Pulau Alor Pake Celana Kolor

Anda masih ingat kan dengan iklan U Mild dengan slogannya “Ngantor engga harus di depan monitor, ngantor bisa di pulau Alor pakai celana kolor.” Cukup unik dan mudah untuk diingat memang, namun lebih menarik lagi adalah lokasi syuting yang digunakan. Lokasi syuting iklan rokok milik PT Asia Tembakau ini diambil di Pulau Alor yang ada di ujung timur Kepulauan Nusa Tenggara.

Sama seperti gambaran dalam iklan berdurasi 15 detik tersebut bahwa Pulau Alor memang memiliki keindahan laut yang luar biasabukan hanya dipermukaan namun hingga alam bawah lautnya. Tercatat pulau yang berbatasan dengan Flores ini memiliki 18 titik selam kelas dunia yang rutin didatangi wisatawan domestik hingga mancanegara. Lagi-lagi iklan rokok membuat orang yang lihat jadi pengen jalan-jalan ketimbang beli produknya.

6. Magnum Blue, Style Tanpa Batas

Untuk iklan yang terkahir ini belum diketahui dengan pasti dimana lokasi syuting yang digunakan. Awal bulan April lalu, produsen rokok Dji Sam Soe lewat produk terbarunya Magnum Blue merilis iklan yang memperlihatkan aktifitas sekelompok pemuda sedang traveling di sebuah pulau yang memiliki pantai super keren.

Tidak banyak informasi yang bisa didapat mengenai lokasi syuting iklan ini, namun banyak spekulasi yang mengatakan bahwa iklan ini dibuat di salah satu pantai di Maluku. Melihat dalam iklan berdurasi satu menit tersebut terdapat adegan munculnya hiu paus, mungkin saja iklan ini diambil di perairan Maluku. Mungkin ada pembaca yang tahu dengan pasti dimana iklan ini diambil? Silahkan share di kolom komentar.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA