Iklan Jadul VS Iklan Sekarang, Lebih Keren Mana?

oleh Centralismo
14:41 PM on Jun 13, 2015

Seni untuk menjual produk memang sudah dikenal sejak lama. Hanya saja media dan cara yang digunakan selalu berubah-ubah dari waktu ke waktu. Kreativitas manusia memang sangat diperlukan dalam memasarkan sesuatu.

iklan jadul

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

Kali ini Boombastis akan mengulas beberapa iklan dari produk legendaris Indonesia. Kita akan membandingkan iklan yang diproduksi di tahun “jadul” dengan iklan yang muncul akhir-akhir ini. Kira-kira, mana yang lebih keren, ya?

1. Blue Band

Ini adalah merk margarin yang paling digemari masyarakat Indonesia. Meski merk margarin baru terus bermunculan, merk satu ini tetap menjadi andalah bagi keluarga Indonesia. Dan inilah iklan Blueband yang diambil dari salah satu majalah di tahun 70-an.

Blueband Lama
Blueband Lama [imagesource]
Sementara iklan Blue band yang terbaru tampak lebih berwarna. Namun tidak ada penjelasan tentang mafaat dari margarin tersebut.

Blue Band Sekarang
Blue Band Sekarang [imagesource]
Hanya menggambarkan sepotong sandwich yang sangat menggoda selera. Lebih keren versi komik jadul atau versi berwarna yang menggugah selera ini, ya?

2. Jamu Cap Djago

Jamu adalah obat tradisional khas Indonesia. Selain menjadi obat, jamu juga dijadikan minuman sehari-hari sebagai bentuk dari suplemen makanan sekaligus vitamin. Berikut ini adalah iklan dari jamu legendaris, Jamu Cap Jago.

Jamu Cap Djago Dulu
Jamu Cap Djago Dulu [imagesource]
Seiring banyaknya gempuran vitamin dan suplemen dalam bentuk kapsul, sepertinya jamu kehilangan pamor.

Jamu Cap Jago Sekarang
Jamu Cap Jago Sekarang [imagesource]
Sehingga kini jamu tidak lagi sepopuler dulu. Iklan Jamu Cap Djago pun tetap dijaga simpel, seolah tidak bergairah menuju perubahan jaman.

3. Lifebuoy

Lifebouy bisa dikatakan sebagai sabun sejuta umat. Sabun ini digemari oleh masyarakat Indonesia, disamping karena kualitasnya yang bagus, juga karena harganya yang ekonomis. Inilah iklan pamflet pertama dari sabun Lifebouy.

Lifebuoy Dulu
Lifebuoy Dulu [imagesource]
Sementara iklan Lifebouy sekarang tampak lebih “futuristik”.

Lifebuoy Sekarang
Lifebuoy Sekarang [imagesource]
Lifebouy juga terus mengembangkan produknya dan memproduksi sabun cair, shampo hingga hand sanitizer. Brand sabun terbesar se-Asia Tenggara ini tampaknya terus berjaya.

4. Baterai Everady

Iklan kali ini datang dari baterai Eveready. Iklan yang membingungkan, di satu sisi kreatif namun di satu sisi agak menyeramkan. Lihat saja gambar wanita yang tersenyum dengan terpaan sinar senter berikut.

Baterai Eveready Dulu
Baterai Eveready Dulu [imagesource]
Kini iklan baterai berlambang kucing tersebut tampak lebih fresh. Lambang kucing juga mengalami sedikit modifikasi.

Baterai Eveready Sekarang
Baterai Eveready Sekarang [imagesource]
Selain itu, Eveready mengambil seorang bintang besar Bollywood, Akhsay Kumar, sebagai brand ambasador mereka.

5. Pepsodent

Pasta gigi ini menjadi idola masyarakat Indonesia sejak awal kemunculannya. Dalam iklan jadul satu ini, tampak gambar seorang wanita berkebaya yang digambar dengan sangat rapi, seperti menggunakan teknologi komputer. Sederhana, tapi artistik.

Pepsoden Dulu
Pepsodent Dulu [imagesource]
Sementara iklan pepsodent yang baru kini disertai dengan penampakan seorang “dokter”.

Pepsoden Sekarang
Pepsoden Sekarang [imagesource]
Entah kenapa, untuk membuktikan bahwa produknya adalah yang terbaik, semua produk kebersihan merasa perlu menghadirkan sosok dokter berjas putih dalam iklannya.

Iklan jaman sekarang memang memiliki banyak “kemewahan” sendiri, diantaranya kemajuan teknologi dan luasnya media. Namun, iklan-iklan jaman dahulu juga tidak kalah keren dan artistik. Kalian lebih suka iklan versi jadul atau versi terkini? (HLH)

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA