10 Iklan Super Jadul ala Indonesia yang Sudah Langka

oleh Tetalogi
10:00 AM on Jul 30, 2015

Semua hal yang berbau jadul itu menarik buat ditelusuri dan dikenang lagi. Kalau nggak menarik, maka nggak bakal ada festival atau kegiatan yang berbau ‘tempoe doeloe’, koleksi benda-benda kuno dan antik, atau restoran yang didesain ala jadul.

Baca Juga : 8 Iklan Jadul yang Paling Aneh

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Bicara soal iklan jadul nggak bakal ada habisnya. Kamu tahu kan bikin iklan itu nggak gampang karena butuh kreativitas tinggi. Nah, lalu gimana iklan super jadul mempromosikan produk mereka dengan menarik tapi menggunakan peralatan yang tidak secanggih jaman sekarang?

1. Iklan Sabun Tjap Tangan

Tahun 1951an, ada sabun cuci yang bernama sabun Tjap Tangan. Selain tulisan sabun cap tangan, ada tulisan Sunlight Zeep dalam bungkus sabun tersebut. Nah, ternyata zeep adalah bahasa Belanda untuk kata sabun. Sunlight bisa berarti merek sabun tersebut. Sementara itu, di Belgia dan Belanda juga memang ada sabun dengan nama Sunlight Zeep. Jadi, merek sabun ini sebenarnya apa ya? Tjap Tangan atau Sunlight?

Sabun Tjap Tangan (Image Source]
Sabun Tjap Tangan [Image Source]
Ejaan lama masih digunakan di iklan ini, begitu juga gambar ibu-ibu di iklan cetak ini yang tampak menggelung rambutnya dan mencuci kain jarik. Sabun cuci juga masih berupa sabun batangan, bukan sabun cair atau serbuk seperti yang banyak digunakan saat ini.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA