10 Iklan Super Jadul ala Indonesia yang Sudah Langka

oleh Tetalogi
10:00 AM on Jul 30, 2015

Semua hal yang berbau jadul itu menarik buat ditelusuri dan dikenang lagi. Kalau nggak menarik, maka nggak bakal ada festival atau kegiatan yang berbau ‘tempoe doeloe’, koleksi benda-benda kuno dan antik, atau restoran yang didesain ala jadul.

Baca Juga : 8 Iklan Jadul yang Paling Aneh

Baca Juga
4 Bukti Gregetnya Orang Indonesia Kalau Ada Bahaya, Kayak Sudah Hilang Urat Takutnya
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer

Bicara soal iklan jadul nggak bakal ada habisnya. Kamu tahu kan bikin iklan itu nggak gampang karena butuh kreativitas tinggi. Nah, lalu gimana iklan super jadul mempromosikan produk mereka dengan menarik tapi menggunakan peralatan yang tidak secanggih jaman sekarang?

1. Iklan Sabun Tjap Tangan

Tahun 1951an, ada sabun cuci yang bernama sabun Tjap Tangan. Selain tulisan sabun cap tangan, ada tulisan Sunlight Zeep dalam bungkus sabun tersebut. Nah, ternyata zeep adalah bahasa Belanda untuk kata sabun. Sunlight bisa berarti merek sabun tersebut. Sementara itu, di Belgia dan Belanda juga memang ada sabun dengan nama Sunlight Zeep. Jadi, merek sabun ini sebenarnya apa ya? Tjap Tangan atau Sunlight?

Sabun Tjap Tangan (Image Source]
Sabun Tjap Tangan [Image Source]
Ejaan lama masih digunakan di iklan ini, begitu juga gambar ibu-ibu di iklan cetak ini yang tampak menggelung rambutnya dan mencuci kain jarik. Sabun cuci juga masih berupa sabun batangan, bukan sabun cair atau serbuk seperti yang banyak digunakan saat ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya 16 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Orang Indonesia Kreatifnya Bukan Main
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA