Hati-hati dengan 5 Ikan Ini Karena Mereka Bisa Membunuh Manusia dalam Sekejap

oleh Tetalogi
16:35 PM on Dec 4, 2015

Ikan memang bisa menjadi salah satu sumber nutrisi yang baik untuk manusia. Karena itulah permintaan akan ikan laut selalu tinggi setiap saat.

Tapi tidak semua ikan bisa ditangkap dan dikonsumsi manusia begitu saja. Ikan-ikan berikut ini justru punya kemampuan membunuh manusia dalam sekejap.

Baca Juga
Menengok Gaji dan Tunjangan Gubernur dan Wagub DKI, Kalau Dijumlah Bisa Beli Kerupuk 3 Kontainer
4 Kejadian Generasi Micin Pingin Ngeksis Tapi Gak Tahu Tempat Ini Bikin Netizen Geram

1. Goliath Tigerfish

Bentuk ikan ini memang seseram namanya. Ia adalah jenis ikan Tigerfish yang paling besar lengkap dengan gigi-gigi besar tajam seperti pisau. Ikan terbesar yang pernah terekam dari jenis ini adalah sepanjang 1,5 meter dengan berat hampir 70 kg.

Gigi-gigi tajam Goliath Tigerfish [Image Source]
Gigi-gigi tajam Goliath Tigerfish [Image Source]
Penduduk lokal mengatakan bahwa Goliath Tigerfish adalah satu-satunya ikan yang tidak takut dengan buaya dan bahkan memakan buaya kecil. Ikan ini juga diketahui pernah menyerang manusia meskipun jarang. Ia mampu bergerak dengan sangat cepat dan kuat. Beberapa kematian misterius terjadi di sungai Kongo kemungkinan akibat ulah ikan ini.

2. Piraiba Catfish

Piraiba Catfish mampu tumbuh hingga sepanjang 3,6 meter dengan berat lebih dari 120 kg. Ikan ini bisa dibilang sebagai monster yang sesungguhnya karena ia juga mampu menyerang manusia.

Piraiba Catfish [Image Source]
Piraiba Catfish [Image Source]
Beberapa insiden terjadi berhubungan dengan ikan ini karena ia mencoba memangsa manusia. Dalam sebuah serial dokumentasi River Monsters, seorang nelayan lokal ditemukan ditelan oleh ikan ini dari kepala dulu hingga sampai sejauh pinggang. Nelayan tersebut akhirnya meninggal dunia.

3. Goonch Fish

Goonch juga dikenal dengan nama Giant Devil Catfish. Ikan ini adalah spesies besar yang ditemukan di sungai sekitar Asia Selatan dan kemungkinan juga di Asia Tenggara. Ikan ini bisa tumbuh hingga sepanjang 2 meter dengan berat lebih dari 100 kg.

Goonch Fish [Image Source]
Goonch Fish [Image Source]
Antara tahun 1998 hingga 2007, terdapat beberapa kasus orang hilang secara misterius di sungai Kali yang membentang di antara India dan Nepal. Penyebab kematian ini tidak diketahui sampai akhirnya ikan Gooch dengan gigi yang sangat tajam berhasil ditangkap di sungai tersebut.

Masyarakat percaya bahwa ikan ini tahu rasa daging manusia karena kebiasaan adat yang membakar mayat dan melemparkannya ke sungai. Korban digigit dan diseret hingga tewas oleh ikan ini sebelum dimakan. Seorang remaja berusia 17 tahun tertangkap oleh ikan ini di hadapan kekasihnya. Mayatnya kemudian tidak pernah ditemukan kembali.

4. Wels Catfish

Ikan raksasa ini bisa tumbuh hingga lebih dari 4 meter dengan berat lebih dari 400 kg. Ikan ini terletak di perairan timur dan selatan Eropa, tapi kini juga bisa ditemukan di Eropa Barat, United Kingdom, hingga ke Timur Kazakhstan, selatan Yunani, dan Turki.

Wels Catfish [Image Source]
Wels Catfish [Image Source]
Baru-baru ini, seorang perenang German terluka parah karena digigit oleh ikan ini. Sementara itu, di Rusia juga ditemukan Wels Catfish dengan tubuh manusia di dalam perutnya.

5. Blowfish

Blowfish atau dikenal dengan Puffer Fish memang tidak tumbuh dengan ukuran yang terlalu besar. Mereka bergerak dengan sangat lamban jika dibandingkan dengan ikan lain dan tidak memiliki gigi tajam seperti ikan predator lainnya.

Blowfish [Image Source]
Blowfish [Image Source]
Meski tidak terlihat berbahaya, ikan ini memiliki racun yang sangat mematikan yang disebut tetrodotoxin. Racun ini sangat mematikan bagi manusia dan bahkan 1200 kali lebih beracun dari sianida. Racun yang terdapat dalam satu ikan puffer fish mampu membunuh 30 orang manusia dewasa.

Tidak hanya hiu saja yang berbahaya dan bisa menyerang manusia. Ternyata ada juga ikan-ikan lain yang beberapa kali mengincar manusia. Untuk itu, ada baiknya jika kita tetap berhati-hati dan waspada ketika berada di perairan baik itu di laut atau pun sungai.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA