Wow, Siapa Sangka Ikan Cupang Ini Harganya Setara dengan Satu Buah Motor Baru

Niatnya pasrah lelang ikan, eh malah ditawar sampai puluhan juta. Nasib mujur dah

oleh Faradina
13:00 PM on Jul 2, 2017

Memelihara binatang sepertinya sudah menjadi hobi banyak kalangan masyarakat. Mulai dari anak-anak sampai orang dewasa pun nampaknya lebih memilih memelihara binatang sebagai teman sehari-hari. Jenis hewan yang dipelihara pun bermacam-macam, mulai dari kucing, anjing, burung, ikan, bahkan ular dan biawak. Ya itu semua tergantung kesenangan masing-masing orang tersebut inginnya ditemani oleh jenis apa di rumah.

Aneka hewan peliharaan itupun tidak bisa kita pandang sebelah mata, pasalnya beberapa dari mereka memiliki harga yang cukup fantastis lho. Bukan cuma kucing atau anjing yang harganya bikin kantong jebol, burung sampai si kecil ikan hias pun sekarang harganya bisa sangat berbahaya. Salah satunya adalah ikan cupang berikut ini. Ikan yang juga dikenal dengan hewan aduan ini ada yang harganya mencapai puluhan juta. Apa nggak bikin rekening kempes kalau begini ya.

Baca Juga
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi
4 Lomba Agustusan Greget Ala Suku Dayak Ini Dijamin Bakal Bikin Kamu Melongo

Ikan cupang termahal di dunia

Akhir tahun lalu publik cukup dikejutkan dengan berita tentang jual beli ikan cupang termahal di dunia. Berawal dari unggahan sang pemilik bernama Kachen Worachai pada sebuah grup lelang facebook, di mana pria tersebut sangat berharap ada orang yang membeli ikan piaraannya tersebut. Unggahan tersebut awalnya memang seakan mengisyaratkan bahwa sang penjual pasrah pada siapa pun yang ingin membeli ikan cupangnya. Namun di hari kedua setelah gambar diunggah, dia sangat terkejut karena ada yang menawar cupangnya dengan harga $285 atau setara dengan Rp 3,7 juta.

Cupang Thailand [image source]
Setelah itu ada pula orang yang sempat menawar ikan cupang miliknya dengan harga $671 atau setara dengan Rp 8,9 juta. Mujur, mungkin itulah kata yang tepat untuk Kachen pasalnya lelang si cupang hanya berlangsung selama kurang lebih 2 hari. Dan akhirnya cupang tersebut dijualnya pada seorang pembeli dengan harga mencapai $1.530 atau setara dengan kurang lebih Rp 20 juta. Harga tersebut juga akhirnya ditetapkan sebagai nilai termahal untuk seekor cupang.

Cupang mahal ini sangat langka

Mungkin banyak yang bertanya-tanya ya sebenarnya apa yang membuat si cupang dihargai sangat mahal, apakah dia termasuk jenis yang tidak akan pernah kalah jika diadu? Ternyata unsur yang membuat si cupang kecil itu bernilai tinggi adalah warnanya. Cupang mahal itu memiliki warna biru dengan garis putih horizontal pada bagian perut, ditambah warna merah yang sejajar di bagian sirip bawah ikan.

Cupang langka [image source]
Ikan ini juga disebut-sebut memiliki warna yang mirip dengan bendera kebangsaan Thailand. Kachen bercerita bahwa dia tidak pernah menyangka cupangnya akan laku dengan harga setinggi itu. Namun, pria pemilik toko itu juga menyebutkan bahwa kesempatan seseorang mendapatkan ikan dengan warna selangka itu adalah 1:100.000. Jadi ya wajar saja bila akhirnya si cupang jadi rebutan banyak orang. Pria yang sudah memasuki usia kepala empat itu juga menceritakan bahwa sudah ada banyak orang yang mencoba menangkarkan ikan untuk mendapat warna serupa. Namun apa daya memang keberuntungan sedang berada di pihaknya.

Jenis-jenis ikan cupang langka

Ikan cupang milik Kachen itu boleh jadi menjadi yang paling mahal di dunia, namun masih ada beberapa jenis lainnya yang juga menjadi andalan. Untuk harga pasarannya sendiri, beberapa jenis cupang dibandrol dengan Rp 5000 sampai Rp 300 ribu. Syukur-syukur kalau kita punya beberapa yang dihargai ratusan ribu ya, lumayan juga buat tambahan uang bensin sehari-hari. Adapun salah satu jenis yang jadi andalan adalah ikan cupang halfmoon atau bulan sepotong.

Cupang halfmoon dan serit [image source]
Jenis tersebut dinilai andalan karena memiliki bentuk yang cantik. Bila dilihat dari samping, jenis halfmoon akan terlihat seperti bulan setengah. Dan jika si halfmoon sudah berenang, siripnya akan bergerak dengan sangat anggun layaknya penari. Itulah yang kemudian membuat jenis ini banyak diminati. Selain itu ada pula jenis cupang crown tail atau serit. Nah kalau yang satu ini memang disebut-sebut lahir di Indonesia dan kecantikannya sudah diakui di dunia internasional. Wajib punya nih kalau kamu ngaku pecinta cupang.

Memelihara ikan untuk mendapat keuntungan mungkin bisa dibilang hal yang tidak pasti ya. Kalau memang yang kita miliki itu merupakan jenis langka seperti milik Kachen ya sudah jelas Rp 20 juta di tangan. Tapi kalau ternyata jenisnya sudah biasa, ya tidak perlu ngoyo menawarkannya dengan harga tinggi. Karena yang namanya ikan hias itu tidak selalu mengandung unsur keuntungan berupa materi. Asalkan bisa membawa ketenangan hati, itu lebih dari cukup.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA