4 Alasan Kenapa Ide Kreatif Justru Sering Muncul di Kamar Mandi

oleh Tetalogi
10:15 AM on Dec 1, 2015

Pernah nggak sih kamu sedang enak-enak mandi, membersihkan badan, tiba-tiba ide cemerlang muncul di kepala? Herannya, saat duduk tenang di meja kerja dan berusaha berpikir keras, kadang ide kreatif malah nggak segera datang.

Ternyata, ada alasannya lho kenapa waktu sibuk di kamar mandi, ide kreatif justru mengalir. Berikut ini beberapa alasannya.

Baca Juga
6 Alasan Kenapa One Piece Nggak Pernah Bikin Penggemar Bosen Meski Sudah 20 Tahun
Inilah 4 Alasan Mengapa Profesi TKI Bisa Bikin Seseorang Jadi Kaya Mendadak

1. Kamar Mandi Itu Tenang dari Gangguan

Kamar mandi adalah salah satu ruangan yang aman dan bebas dari segala gangguan. Tidak ada gadget (kalau nggak bawa gadget), suara berisik atau hal lain yang mengganggu perhatian kita.

Rileks di kamar mandi [Image Source]
Rileks di kamar mandi [Image Source]
Dengan tidak adanya gangguan yang mengganggu fokus otak, kita jadi bebas memikirkan hal-hal yang lain. Seperti tugas, atau masalah yang sedang dihadapi. Akhirnya, kita juga bisa lebih mudah menemukan solusi karena bisa berpikir dengan tenang.

2. Di Kamar Mandi Otak Lebih Fokus

Mandi adalah salah satu kegiatan rutin yang sangat mudah dilakukan. Jadi, kita nggak perlu fokus dalam menunaikan kegiatan ini. Saat kamu melakukan kegiatan yang monoton dan mudah dilakukan seperti memancing, olahraga atau mandi, kemungkinan otak melahirkan ide atau pemikiran kreatif juga lebih besar.

Saat mandi, otak lebih fokus [Image Source]
Saat mandi, otak lebih fokus [Image Source]
Kegiatan rutin yang monoton seperti ini tidak membutuhkan kerja otak yang terlalu dalam, jadi otak semacam ada dalam kondisi autopilot. Hal ini membuat otak jadi lebih bebas sehingga bisa memikirkan hal-hal baru yang kreatif. Saat otak tidak sadar dengan hal-hal yang ada di sekitarnya, kita jadi lebih bisa fokus pada apa yang ada di dalam pikiran.

3. Berpikir Terlalu Fokus Terkadang Justru Menghambat Ide Kreatif

Berpikir terlalu keras terkadang justru menghambat ide kreatif. Hal ini membuat kontrol otak semakin menguat, tentu saja bukan hal yang buruk. Karena fokus semakin menguat dan kita bisa berhenti terganggu dengan hal-hal lain yang mengganggu konsentrasi.

Berpikir keras [Image Source]
Berpikir keras [Image Source]
Meski begitu, karena kita jadi terlalu fokus terhadap permasalahan yang dihadapi, otak cenderung menyensor ide-ide atau solusi yang tidak biasa atau kreatif. Intinya, hampir tidak mungkin untuk bisa berpikir kreatif saat terlalu fokus pada sebuah pekerjaan atau masalah. Jadi saat otak akhirnya punya kesempatan untuk tenang sejenak saat mandi atau jalan-jalan, otak jadi bisa melihat masalah dalam cara yang berbeda.

4. Otak Tidak Istirahat Ketika Kita Beristirahat, Hanya Bekerja dengan Cara yang Berbeda

Meski terdengar aneh, otak justru tidak berada dalam kondisi yang paling aktif saat kita fokus terhadap sebuah pekerjaan. Sebaliknya, otak justru lebih aktif saat kita tidak terikat dan membiarkan otak berkelana. Bahkan, mereka yang sangat kreatif biasanya justru orang yang pikirannya mudah teralihkan.

Mendapatkan ide [Image Source]
Mendapatkan ide [Image Source]
Hal tersebut membuat otak tidak lagi terlalu fokus, dan mengaktifkan ide unik bermunculan di kepala. Jadi saat kamu mandi dan menerawang, otak justru melayang terang.

Nah, itulah tadi beberapa alasan mengapa saat di kamar mandi, terkadang ide segar justru datang. Asalkan jangan membawa gadget ke kamar mandi, ya. Selain bisa mengganggu fokus otak, kalau jatuh di kamar mandi juga sayang. Jadi lain kali ketika pikiran sedang buntu dan butuh ide segar, coba deh mandi dulu.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA