Untuk Kamu yang Sibuk Menjadi Dewasa, Diam-diam Ibumu Sering Melakukan 5 Hal Ini

oleh Rahma Muliani
10:56 AM on Dec 18, 2015

Seberapa kenalkah kamu terhadap ibumu sendiri? Tahukah kamu apa makanan favoritnya, ingatkah tanggal ulang tahunnya, tahukah kamu barang apa yang ingin sekali beliau beli? Mungkin hal-hal seperti itu sudah sangat kamu hafal di luar kepala bukan.

Tapi tahukah kamu, bahwa sesungguhnya ada banyak hal yang begitu pandai ibu sembunyikan dari kamu. Sampai-sampai kamupun mungkin tidak tahu kalau ibu sering sekali melakukan hal tersebut. Mau tahu apa saja itu? Mari kita simak selengkapnya di bawah ini.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

1. Sering Menyembunyikan Kesedihannya

Saat kamu sedang bahagia, kesal, marah ataupun bersedih, ibu adalah orang yang pertama mengetahuinya. Walaupun kamu tidak pernah menceritakan apa masalahmu, ibu sudah tahu bahwa kamu mempunyai sebuah masalah hanya dengan melihat raut wajahmu.

Sering Menyembunyikan Kesedihannya [image source]
Sering Menyembunyikan Kesedihannya [image source]
Tapi, kamu sendiri pernahkah melihat ibu bersedih ataupun menangis? Ibu mungkin salah satu orang yang paling pandai menyembunyikan masalahnya. Beliau seperti itu, karena tidak mau membebanimu ataupun keluarganya dengan masalahnya itu.

2. Selalu Tersenyum Walau Sedang Sakit Sekalipun

Saat kamu sakit, pasti kamu akan menjadi begitu manja terhadap ibumu. Minta disuapinlah, dipijitinlah, ditemenin setiap saatlah dan masih banyak lagi. Ibumu pun akan begitu tulus menghadapi sikap manjamu yang terkadang mungkin sedikit berlebihan.

Selalu Tersenyum Walau Sedang Sakit Sekalipun[image source]
Selalu Tersenyum Walau Sedang Sakit Sekalipun[image source]
Tapi, pernahkah hal tersebut menjadi sebaliknya. Jangankan ibu manja sama kita, saat ibu sakit aja mungkin kamu tidak pernah mengetahuinya. Ibu begitu pandai menyembunyikan rasa sakitnya, akibat kelelahan bekerja mengurus rumah. Ia tidak ingin kamu kerepotan merawat dirinya yang sakit.

3. Mengalah Demi Kamu, Selalu Ia Lakukan

Diam-diam, ibu juga selalu mengalah kepadamu. Ibu rela tidak membeli baju atau sepatu baru, ia rela hanya memakai baju dan sepatu yang lama, walaupun sebenarnya sudah usang. Yang dipikirkannya, penampilan anaknya adalah yang paling penting.

Mengalah Demi Kamu Selalu Ia Lakukan [image source]
Mengalah Demi Kamu Selalu Ia Lakukan [image source]
Beberapa ibu mungkin rela menahan lapar agar anak-anaknya tidak kelaparan, bahkan bisa makan makanan yang lezat. Saat makanpun, ibu rela mendapat giliran mengambil lauk yang paling terakhir, bagi ia yang penting semua anggota keluarganya bisa makan dengan puas, urusan perutnya tidaklah terlalu penting.

4. Selalu Merasa Khawatir

Ibu juga selalu takut akan kehilangan anak-anaknya. Saat kita sedang asyik ngumpul sama teman kita, ibu bisa saja tiba-tiba mengirim pesan seperti “kamu di mana nak?”, “sedang apa nak?”, “sama siapa saja di sana nak?” dan sederet pertanyaan-pertanyaan lainnya.

Selalu Merasa Khawatir [image source]
Selalu Merasa Khawatir [image source]
Mungkin yang terlintas di pikiranmu adalah “ibu kok cerewet banget sih” atau “ibu jangan lebay dong”. Padahal, yang ibu rasakan adalah rasa khawatir yang begitu besar. Ia begitu takut kalau sampai terjadi apa-apa dengan dirimu.

5. Begitu Besar Rasa Cintanya kepada Kita

Siapa yang paling mencintai kita? Pacar? tentu tidak. Orang yang paling mecintai kita dengan tulus adalah ibu kita sendiri. Bahkan ia lebih mencintai dirimu ketimbang dirinya sendiri. Baginya, kamu adalah nomor satu, sejak kamu masih dalam kandungan hingga saat ini.

Begitu Besar Rasa Cintanya [image source]
Begitu Besar Rasa Cintanya [image source]
Dalam setiap hembusan nafasnya, akan selalu ada do’a yang terucap untuk kita anak-anaknya. Tanpa sepengetahuan kita, ia sering berdiam, bersimpuh dan berdo’a sambil menangis untuk kebahagiaan kita para anak-anaknya.

Cinta seorang ibu memang tidak bisa dibandingkan dengan yang lain. Pengorbanannya begitu besar untuk kebahagiaan kita, anak-anaknya. Jadi, sudah sepantasnya kita berbakti kepadanya. Mulai dari sekarang, jangan suka melawan perintahnya lagi yaa, apalagi sampai membentaknya.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA