Seperti Inilah yang Akan Terjadi Seumpama Ibukota Indonesia Pindah ke Wilayah Papua

oleh Rizal
09:29 AM on Oct 8, 2016

Beberapa waktu yang lalu sempat booming soal wacana perpindahan ibukota dari Jakarta ke luar Jawa. Banyak pihak yang mendukung agenda ini dengan berbagai alasan. Mulai dari agar terciptanya pembangunan di daerah, sampai sebagai solusi praktis untuk Jakarta biar nggak makin ruwet dan padat seperti sekarang. Sayangnya, wacana itu ternyata nggak benar-benar ada realisasinya.

Dulu sempat digadang nama Kalimantan dan juga Papua sebagai kandidat wilayah ibukota baru kita. Kalimantan dipilih karena posisinya pas di tengah-tengah Indonesia, sehingga bisa memudahkan jangkauan pemerintah. Nah, yang unik adalah Papua. Seumpama ibukota dipindah ke sini, jelas akan terjadi banyak perubahan besar-besaran dalam segala hal. Bahkan mungkin akan mengubah wajah Papua untuk selamanya.

Baca Juga
Bukan Tanpa Tujuan, Ini Loh Alasan Kenapa Teh Itu Baiknya Dipetik di Pagi Hari
Mirisnya Tata Krama Murid Sekarang, Guru Mendidik Sepenuh Hati Malah Dibuat Candaan

Masih soal wacana Papua jadi ibukota, kira-kira seperti apa sih kalau Capital City kita pindah ke sana? Hmm, mungkin yang terjadi adalah hal-hal luar biasa seperti ulasan berikut.

Pembangunan di Papua Bakal Melesat

Kalau boleh jujur, di antara semua wilayah di Indonesia, Papua jadi salah satu yang paling minim soal pembangunan. Kalau nggak percaya coba ke sana sendiri deh dan bandingkan dengan daerah-daerah dengan pembangunan pesat. Makanya, ketika suatu saat ibukota pindah ke sini, maka hal tersebut akan berdampak pada pembangunan Papua yang makin melesat.

Papua bisa jadi semacam ini [Image Source]
Papua bisa jadi semacam ini [Image Source]
Gedung-gedung akan dibangun, kemudian jalan-jalan bakal direalisasikan, termasuk mungkin jalur kereta juga. Bahkan sangat mungkin pula pemerintah membangun istana merdeka versi Papua di sini untuk tempat tinggal presiden dan juga menerima tamu asing. Pembangunan nggak hanya terjadi di sektor pemerintahan, tapi juga meluas ke yang lainnya. Kesimpulannya, ketika ibukota berada di sini, maka wajah Papua akan benar-benar berubah.

Ekonomi Papua Akan Makin Membaik

Jika dibandingkan dengan daerah lain terutama di Jawa, geliat ekonomi di Papua ini lemah. Nggak heran kenapa bisa begitu karena Papua mungkin dipandang bukan tempat yang menguntungkan untuk investasi dan sebagainya. Nah, ketika ibukota dipindah kemari, maka hal kondisinya akan berbalik 180 derajat.

Ekonomi di Papua bakal melejit [Image Source]
Ekonomi di Papua bakal melejit [Image Source]
Sebagai pusat pemerintahan, Papua jelas akan menarik banyak orang ke sini terutama para investor-investor dan pengusaha. Banyak pabrik berdiri, tempat usaha dibangun, yang nantinya secara pelan tapi pasti mengubah peta ekonomi Papua. Kegiatan ekonomi yang menggeliat di sini pun nanti juga jelas akan melibatkan pula orang-orang asli, sehingga kehidupan mereka pun bakal makin baik pula.

Bisa Jadi Daerah Terkaya Indonesia

Adalah hal yang miris ketika mengetahui kalau Papua masuk dalam daftar daerah termiskin di Indonesia. Pasalnya, daerah ini harusnya juara kalau masalah kekayaan. Lihat saja alamnya yang luar biasa itu. Sayangnya, kenyataannya sungguh lain. Dari banyak penyebab kenapa Papua miskin mungkin karena pengelolaan kekayaan alamnya yang kurang maksimal. Makanya, ketika ibukota pindah, hal tersebut mungkin akan berubah.

Papua bisa jadi daerah terkaya [Image Source]
Papua bisa jadi daerah terkaya [Image Source]
Pindahnya ibukota kemungkinan besar akan bisa mengubah status Papua sebagai daerah termiskin. Pemerintah jelas akan melakukan segala upaya untuk melakukan perbaikan, terutama dalam pengelolaan alam di sini. Misalnya saja nih, Freeport nanti diambil alih kemudian dikelola sendiri. Segala aksi perbaikan pemerintah jelas akan berdampak bagi Papua sehingga lambat laun menghilangkan status miskin yang menempel padanya. Lagi pula, pemerintah tentu malu dong kalau kota yang ditempatinya dicap miskin.

Papua Jadi Tujuan Urbanisasi

Tahu kan kenapa Jakarta sangat ramai dan jadi tujuan urbanisasi? Ya, hal tersebut nggak lain karena di sini berdiri pusat pemerintahan. Masih banyak orang yang berpikir kalau kota besar dengan label pusat pemerintahan adalah jaminan kehidupan yang lebih baik. Makanya, Jakarta setiap tahunnya makin penuh saja.

Papua jadi tujuan urbanisasi orang Indonesia [Image Source]
Papua jadi tujuan urbanisasi orang Indonesia [Image Source]
Ketika Papua jadi ibukota, maka fenomena seperti ini juga akan terjadi di sana. Orang-orang yang ingin mengubah nasib nggak melulu memandang Jakarta sebagai tujuan merantau, tapi juga Papua. Semakin banyak orang di Papua akan jadi hal bagus dan membawa dampak baik dari berbagai macam sisi.

Bisa Meredam Konflik di Papua

Hingga hari ini masih ada beberapa kelompok separatis Papua yang getol banget menyuarakan pisah. Ketika ditanya, alasannya nggak lain karena pemerintah seolah nggak peduli, merasa dianaktirikan, dan lain sebagainya. Ada banyak solusi untuk menyelesaikan ini, tapi yang paling kuat tentu adalah dengan langsung memindahkan pemerintahan pusat ke sini.

Bisa meredakan gerakan separatis [Image Source]
Bisa meredakan gerakan separatis [Image Source]
Dengan berpindahnya ibukota, Papua jelas nggak akan sama lagi. Seperti yang dijelaskan di atas, akan banyak hal-hal baik yang terjadi dan jelas ke arah yang lebih baik. Tentu jika yang semacam ini direalisasikan, maka oknum separatis itu akan bungkam sendiri melihat Papua yang makin jemawa. Nggak lagi dianaktirikan, kini Papua jadi pusat perhatian.

Inilah perkiraan yang bakal terjadi dengan Papua kalau jadi ditempati sebagai ibukota. Benar-benar akan mengubah segalanya dan yang jelas bakal makin bagus. Kapan ya kira-kira bakal terjadi? Entahlah, tapi yang jelas pemerintah harus mempertimbangkan Papua kalau ada wacana perpindahan ibukota.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA