Nggak Hanya Palangka Raya, 4 Kota Ini juga Layak Menjadi Calon Ibu Kota Indonesia

Masih ada kota lain selain Palangka Raya

oleh Sastranagari
12:00 PM on Jul 11, 2017

Rencana pemindahan ibu kota Indonesia belakangan ini semakin santer terdengar. Lantaran satu dan banyak hal, pemerintah dan beberapa pihak mengatakan kalau sudah waktunya Nusantara punya ibukota baru. Sebenarnya agenda pemindahan ibu kota ini sudah sering diungkapkan sejak jaman Presiden Soekarno. Namun, hingga saat ini masih menjadi wacana saja.

Salah satu alasan yang melatarbelakangi rencana perpindahan ibu kota ini adalah pemerataan, mengingat Jakarta saat ini sudah padat sangat dengan penduduk. Salah salah satu kota yang menjadi kandidatnya adalah Palangka Raya. Kota ini dipilih karena 4 kali lebih luas ketimbang Jakarta dan populasinya masih jarang. Namun jika boleh berandai-andai, kota-kota berikut ini juga layak menjadi ibukota Indonesia. Kota apa sajakah itu?

Baca Juga
Inilah 4 Fakta Meikarta, Kota Baru yang Katanya Bakal Menyaingi Ibukota
Inilah 4 Jasa Tak Terlupakan yang Dilakukan Malaysia Kepada Bumi Pertiwi

Palangka Raya

Palangka Raya adalah ibu kota provinsi Kalimantan Tengah. Pemilihan Palangka Raya sebagai ibu kota Indonesia bukan tanpa alasan. Ia dipilih karena merupakan kota yang luas dengan penduduk yang tak begitu banyak.

Tugu Soekarno [image source]
Di samping itu, Palangka Raya masih memiliki banyak wisata dan kekayaan alam yang belum tereksploitasi. Palangka Raya dicalonkan sebagai ibu kota Indonesia juga karena wilayahnya memiliki sedikit bangunan yang dibangun dengan struktur anti gempa. Hal tersebut menunjukkan bahwa Palangka Raya adalah kota yang jarang terkena gempa.

Yogyakarta

Siapa sih yang nggak kenal dengan keelokan Kota Yogyakarta? Kota satu ini kerap disebut-sebut juga sebagai kota yang penuh kenangan. Banyak orang yang senang pergi ke Yogyakarta untuk memenangkan diri dan menyegarkan pikiran. Karena alasan itulah Yogyakarta bisa dijadikan salah satu ibu kota Indonesia.

Tugu Yogyakarta [image source]
Yogyakarta juga memiliki sarana transportasi yang lengkap. Kota yang penuh budaya ini juga bisa merepresentasikan Indonesia di kancah internasional. Selain hal-hal tersebut, Yogyakarta merupakan sebuah kota yang tenang dan menyenangkan. Di masa lalu daerah yang terkenal dengan Malioboro-nya ini juga pernah menjadi ibu kota walaupun hanya sebentar.

Palembang

Jembatan Ampera [image source]
Banyak orang berpendapat kalau Palembang cocok menjadi ibu kota Indonesia. Pendapat tersebut didasarkan pada kejayaan Kota Palembang di masa lalu. Pada jaman dahulu kala Palembang merupakan kota pemerintahan Kerajaan Sriwijaya. Karena itulah kota ini dianggap layak menjadi ibu kota Indonesia. Secara geografis, Palembang juga dianggap aman, karena jarang terkena bencana alam.

Kota Sorong

Jikalau berbicara mengenai pemerataan, bolehlah kota Sorong yang terletak di Papua ini dijadikan salah satu calon ibu kota Indonesia. Letak Sorong memang berada jauh di ujung timur Indonesia, tapi Sorong merupakan Kota terbesar kedua di Papua.

Kota Sorong [image source]
Selain itu kota Sorong memiliki kekayaan sumber daya alam berupa minyak. Saking kayanya, kota ini mendapat julukan sebagai kota minyak. Siapa tahu dengan memindahkan ibu kota ke Sorong bisa berimbas pada harga minyak di Indonesia.

Surabaya

Ikan sura dan buaya [image source]
Kota Pahlawan ini juga layak dimasukkan list sebagai salah satu calon ibu kota Indonesia. Perkembangan Surabaya yang pesat menjadi salah satu alasannya. Selain itu Surabaya juga memiliki kekuatan di bidang maritim. Terbukti dari adanya Pelabuhan Tanjung Perak yang menjadi tempat berlabuhnya kapal baik dari dalam maupun luar negeri.

Memindahkan ibu kota tak semudah membalikkan telapak tangan. Namun jika memang dirasa perlu, maka tak ada jalan lain lagi. Kota-kota tersebut merupakan segelintir dari beribu-ribu kota di Indonesia. Apabila pemindahan ibu kota dilakukan dengan maksimal, maka kota apa pun niscaya cocok.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA