6 Kata dan Tindakan yang Lebih Penting dan Hebat dari Sekadar I Love You!

oleh Adi Nugroho
15:00 PM on Sep 28, 2015

Sebagian besar dari kita memang selalu menganggap kata-kata seperti, “I love you!” sebagai kata paling kuat di dunia. Kata itu dipercaya mampu membuat dua hati yang tak saling mengenal jadi menyatu. Bahkan terikat dengan erat hingga akhirnya berujung pada sebuah mimpi yang disebut pernikahan. Namun, apakah dengan bermodal “I love you” lantas semuanya akan berjalan dengan sangat baik?

Apakah anda hanya akan berharap setiap pagi, siang, malam, bahkan selamanya kata itu terngiang di kepala anda? Padahal banyak sekali pasangan yang selalu mengucapkan kata itu mengakhiri hubungannya dengan tidak baik. Bahkan saat ini mengucapkan “I love you” beberapa jam bisa berubah jadi “I hate you” atau bahkan “I leave you” yang sangat menyakitkan.

Baca Juga
Inilah Perbandingan Tunjangan Veteran Indonesia dan Luar Negeri Ibarat Langit dan Bumi
4 Aksi Greget yang Dilakukan Barisan Patah Hati di Pernikahan Mantan, Dijamin Bikin Geleng Kepala

Daripada hanya manis-manis di mulut dan tak memiliki makna lagi, lebih baik katakan enam kata ini. Meski tak lebih “so sweet” dari sekadar “I love you” kata ini mampu memberikan energi positif yang kuat dan hebat. Ucapkan kepada pasangan anda saat ini juga!

 Aku Akan Berkorban Untukmu

Barangkali “I love you” masih memberikan kesan manis untuk mengungkapkan rasa cinta. Namun apakah itu saja cukup? Padahal dalam menjalin hubungan kata-kata saja tak akan mengubah banyak hal. Coba ucapkan kata-kata ini: Aku akan berkorban untukmu. Aku akan mengorbankan hal yang aku miliki asal kau bisa bahagia.

Aku akan berkorban untukmu [image source]
Aku akan berkorban untukmu [image source]
Pria atau wanita akan menyukai sebuah tindakan dari pasangannya. Kata-kata cinta saja tak akan menjamin hubungan berjalan dengan baik. Namun jika setiap pasangan mampu berkorban, entah dikatakan atau tidak, hubungan akan berjalan dengan lancar. Bahkan sebuah pernikahan bukan  lagi sebuah mimpi. Tapi kenyataan.

Aku Akan Selalu Menghargaimu

Terkadang kita suka lupa jika saat menjalin sebuah hubungan, kita juga harus menghargai pasangan. Ia bukanlah benda yang bisa kita perlakukan sesukanya, hanya karena berstatus kekasih. Kita harus mampu menghargai pasangan kita dengan baik. Dengan begitu hubungan akan berjalan dengan harmonis.

Aku akan menghargaimu [image source]
Aku akan menghargaimu [image source]
Ok, kita selalu mengucapkan “I love you” setiap hari. Namun pada akhirnya kita selalu bersikap kasar, semaunya sendiri, selalu memaksa, dan lain sebagainya. Lalu apa arti dari kata sayang yang kita ucapkan itu? Lebih baik kita berkata: “aku menghargaimu” lalu melakukannya setiap hari.

Aku Akan Melindungimu Setiap Saat

Banyak sekali wanita di luaran sana yang protes kepada kekasihnya perihal tak ada ucapan “I love you” setiap hari. Mereka menuntut setiap saat ada kata-kata itu. Padahal daripada mengucapkan hal yang lama-lama jadi basi akan lebih baik langsung melakukan aksi. Misal selalu melindungi pasangannya setiap saat, dikatakan atau tidak.

Aku akan melindungimu setiap saat [image source]
Aku akan melindungimu setiap saat [image source]
Melindungi pasangan adalah salah satu bentuk kepedulian. Bentuk keseriusan yang suatu saat akan membawa hubungan ke tahap yang lebih serius. Percuma jika setiap saat mengucapkan rasa suka, cinta, dan sebagainya namun tidak pernah peduli. Bahkan tak mampu melindungi, ya enggak?

Aku Akan Mendukungmu

Meski telah menjadi pasangan, kita tetap memiliki masalah sendiri-sendiri. Entah di kantor atau di dunia lain. Sebagai pasangan yang baik, kita harusnya mampu mendukung satu sama lain. Jika pasangan mendapatkan kesulitan, kita bisa mendukungnya, bisa membantunya hingga masalah sampai selesai.

AKu akan mendukungmu [image source]
Aku akan mendukungmu [image source]
Jangan biarkan pasangan menyelesaikan masalahnya yang pelik sendirian. Itulah gunanya menjalin sebuah hubungan. Kita bisa membatu satu sama lain. Bahkan dengan saling membantu ini kita akan menumbuhkan ikatan dalam hubungan. Tanpa harus mengucapkan “I love you” setiap saat.

Aku Memiliki Komitmen yang Kuat Denganmu

Coba bandingkan dua kalimat ini: “Aku menyayangimu!” dan “Aku berkomitmen denganmu!” kira-kira lebih hebat mana? Well, menyayangi saja tak akan membuat kita memiliki hubungan yang baik. OK, mungkin tak ada pertengkaran dan selalu nampak harmonis setiap saat. Namun tak ada komitmen untuk melangkah ke tahap hubungan yang lebih serius.

Aku memiliki komitmen yang kuat [image source]
Aku memiliki komitmen yang kuat [image source]
Lantas apa gunanya menjalin hubungan jika tidak ada sebuah komitmen? Apakah hanya mencari kesenangan semata tanpa memperhitungkan yang namanya masa depan? Padahal memiliki komitmen yang kuat akan jauh lebih baik dari sekadar bisikan sayang yang setiap malam bisa kita lakukan kepada pasangan.

Aku Akan Selalu Memaafkanmu

Sepandai-pandainya tupai melompat pada akhirnya akan jatuh juga ke bawah. Peribahasa tersebut juga bisa kita terapkan di sebuah hubungan percintaan. Sekuat-kuatnya kita menjaga agar hubungan tak ada masalah. Namun akhirnya masalah selalu lebih pandai dari kita. Ia datang dan membuat hubungan menjadi sedikit memanas.

Aku akan memaafkanmu [image source]
Aku akan memaafkanmu [image source]
Kita menjalin hubungan dengan seseorang atas dasar kesadaran, atas dasar rasa sayang dan mungkin juga komitmen yang kuat. Untuk itu jika pasangan bersalah hendaknya kita memberinya maaf. Pun jika kita punya salah ia juga akan bisa memaafkan. Kadang kata maaf ini bisa menjadi penyebab sebuah hubungan berakhir dengan cepat. Kekuatannya lebih hebat dari sekadar “aku menyayangimu pagi, siang, dan malam!”. Memaafkan adalah perkara sulit yang kerap kita sepelekan.

Menjalin sebuah hubungan tak semudah menyatakan rasa suka dan berkencan setiap akhir pekan. Di balik itu semua, kita harus mampu menempatkan diri sebagai seorang yang mampu melindungi, menghargai, mendukung, berkorban, hingga mampu memaafkan dan memiliki komitmen yang kuat. Jika tak memiliki itu, hubungan yang dijalankan tak ubahnya permainan yang bisa diakhiri kapan saja. So, lakukan dan katakan enam hal di atas kepada pasangan anda, saat ini juga!

Jadilah seseorang yang tak hanya pandai mengucapkan, “I love you!” tapi melakukan aksi nyata!

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA