5 Hal Mengerikan yang Akan Terjadi Jika Indonesia Tak Lagi Memiliki Hutan

oleh Adi Nugroho
15:41 PM on Nov 16, 2015

Indonesia adalah negara yang memiliki jumlah hutan sangat luas di dunia. Bahkan di kawasan Asia Tenggara, Indonesia bisa disebut sebagai penghasil oksigen terbesar. Namun sayang, hal yang seharusnya jadi kebanggaan itu justru berubah menjadi petaka. Indonesia menjadi penghasil kabut asap paling tinggi di dunia. Bahkan termasuk paling parah dalam sejarah Indonesia dan dunia.

Hutan-hutan yang dibakar untuk kepentingan sesaat telah membuat bencana yang sulit ditanggulangi. Akibatnya banyak orang mengalami gangguan kesehatan hingga kematian pun tak bisa dihindarkan.

Baca Juga
4 Hal Negatif yang Mungkin Akan Dialami Masyarakat Jika Penggunaan KTP Sebagai Syarat SIM Card Terlaksana
Tukang Bakmi Bak Seleb, Gaya dan Dandanan Jamila “Janda” Dijamin Bikin Publik Melongo

Ok, sekarang mari kita berandai-andai. Jika saja kebakaran tak segera ditanggulangi dan semua hutan di Sumatra, Kalimantan, hingga semua Indonesia lenyap. Apa yang akan terjadi dengan negara ini? Berikut skenario mengerikan yang bisa terjadi jika Indonesia tak lagi memiliki hutan.

1. Suhu Udara di Indonesia Akan Semakin Meningkat

Apa yang anda rasakan ketika berada di bawah sebuah pohon yang besar? Yuph! Rasanya adem dan segar. Pohon ini menghalangi sinar matahari yang panas. Selain itu kandungan oksigen yang melimpah juga akan membuat kita kebanjiran oksigen. Sekarang bayangkan jika Indonesia tidak memiliki hutan atau pohon-pohon yang besar. Seperti apa rasanya?

Suhu Udara di Indonesia Akan Semakin Meningkat [image source]
Suhu Udara di Indonesia Akan Semakin Meningkat [image source]
Negara ini akan menjadi negara yang sangat panas. Oksigen akan susah didapat hingga kita akan lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Kira-kira anda tahan atau tidak jika hutan yang membuat kita adem jadi rusak parah bahkan lenyap?

2. Bencana Alam Besar Akan Terjadi

Jika tidak ada hutan maka saat terjadi hujan, air akan mengalir dan langsung mengenai tanah. Tak ada lagi akar-akar yang menahan mereka. Akibatnya bencana seperti longsor akan terus terjadi hingga mengakibatkan penduduk yang ada di sekitar hutan mengalami luka hingga kematian yang mengerikan.

Bencana Alam Besar Akan Terjadi [image source]
Bencana Alam Besar Akan Terjadi [image source]
Saat ini boleh jadi hutan di Indonesia masih banyak. Tapi dalam hitungan tahun semuanya akan raib dengan cepat. Apalagi jika ada oknum yang tega melakukan pembakaran dan juga penebangan secara liar. Bencana yang terjadi akibat hutan yang gundul bisa membuat Indonesia menjadi negara yang sangat kacau.

3. Habisnya Flora dan Fauna Khas Indonesia

Jika hutan habis, maka segala hal yang ada di dalamnya akan ikut habis. Tak terkecuali flora dan fauna yang menjadi ciri khas Indonesia. Hewan-hewan seperti harimau, orangutan, hingga gajah akan menjadi makhluk yang punah di Indonesia. Anak cucu kita kelak hanya akan mengetahui hewan ini dari cerita dan gambar.

Orangutan akan punah [image source]
Orangutan akan punah [image source]
Flora dan Fauna adalah hal yang sangat penting. Jika mereka raib begitu saja untuk kepentingan sesaat, Indonesia akan rugi besar. Pasalnya hewan dan tumbuhan ini tidak akan bisa dikembalikan. Mereka tidak bisa dihidupkan jika sudah mati. Kalau pun ada yang bisa diselamatkan, butuh berapa puluh tahun untuk mengembalikan hutan menjadi sedia kala.

4. Suku-suku yang Tinggal di Hutan Bisa Punah

Beberapa suku di Indonesia masih banyak yang tinggal di hutan. Sebut saja Suku Anak Dalam. Mereka hidup dan tinggal di hutan dari bayi hingga berkeluarga. Jika hutan di tempat mereka tinggal mendadak habis maka mereka akan kebingungan mencari tempat tinggal. Tinggal di luar hutan pun juga tidak memungkinkan.

Suku Anak Dalam [image source]
Suku Anak Dalam [image source]
Ibaratnya seseorang yang biasa hidup di pesisir lalu di suruh tinggal di kota. Mereka akan mengalami culture shock hingga mungkin mengakibatkan sukunya hancur. Bukankah sebuah kejahatan besar mengakibatkan suku asli Indonesia jadi punah? Dan masalahnya hanya karena keuntungan sesaat dengan menggunduli hutan.

5. Stabilitas Politik dan Sosial di Indonesia Akan Bergejolak

Anda mungkin bertanya apa hubungannya antara hutan dan sospol? Tentu saja ada hubungannya. Jika hutan rusak maka akan ada pihak-pihak yang saling menyalahkan dan menjatuhkan. Ada pihak-pihak yang ingin mendapatkan keuntungan dengan “sok” menjadi penyelamat negeri ini dan hutannya.

Kerusuhan Mei 1998 [image source]
Kerusuhan Mei 1998 [image source]
Lambat laun Indonesia akan menjadi kacau. Semua orang akan saling menyalahkan hingga jika dimasuki “musuh”, negeri yang gemah ripah loh jinawi ini akan cepat hancurnya. Tentu anda tidak akan mau negara yang kita cintai ini menjadi negeri yang kacau. Bahkan tinggal namanya saja. Penyebabnya adalah karena akan muncul perang sipil yang didalangi kepentingan-kepentingan sesaat.

Lima hal di atas hanyalah skenario saja. tentu kita berharap Indonesia tidak akan mengalami kekacauan dan hutannya tetap ada. Untuk itulah, mulai sekarang kita harus menjaga hutan yang menyimpan banyak hal berharga ini. Jangan biarkan zona hijau milik kita itu hancur.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA