Kamu Tidak Akan Percaya Jika Huruf Braille Bisa Ditemukan di Benda-Benda Ini

oleh Alfry
07:05 AM on May 24, 2015

Apakah Anda familiar dengan huruf braille? Ya ini adalah sistem penulisan yang digunakan untuk membantu mereka yang mengalami gangguan penglihatan atau tuna netra. Huruf braille diciptakan oleh Prancis Louis Braille dan sangat membantu buat mereka yang tidak bisa melihat.

Dengan huruf braille, orang-orang tuna netra bisa melakukan beberapa hal yang biasanya hanya dilakukan oleh orang normal seperti membaca, bermain catur atau membaca peta di globe. Berikut ini benda-benda yang tercetak huruf braile, Anda tidak akan mempercayainya sebelum melihatnya langsung.

Baca Juga
Nggak Terima Anaknya Ditegur, Orangtua Zaman Now Langsung Hajar Guru SMA di Kendari
4 Fakta Mengenai Beberapa Petinggi TNI yang Dilarang Menginjakkan Kaki di Amerika

1. Kubus Rubik

Semua orang pasti tahu apa itu kubus rubik. Sebuah permainan teka-teki mekanik dimana biasanya terdapat sembilan kotak kecil di masing-masing sisi kubus yang berputar pada porosnya. Cara bermainnya adalah dengan mencocokkan warna di masing-masing sisi sehingga setiap sisi memiliki warna yang seragam.

Kubus Rubik [image source]
Kubus Rubik [image source]
Karena biasanya kubus rubik menggunakan warna yang berbeda sebagai penanda maka dibutuhkan kemampuan visual untuk memainkannya. Lantas bagaimana dengan mereka yang tuna netra? Nah kini hadir kubus rubik yang didesain khusus untuk mereka yang buta. Bukan warna sebagai penanda kotak-kotak kecil melainkan huruf braille. Yap, mereka kini bisa memainkan teka-teki ini.

2. Scrabble

Permainan scrabble sangat digemari terutama mereka yang duduk di bangku sekolahan. Namun permainan ini juga asyik dimainkan siapa saja baik muda ataupun orang tua. Aturan permainannya simpel yaitu mencetak poin sebanyak-banyaknya dengan cara menyusun kata dengan kotak-kotak berisi huruf yang dimiliki masing-masing pemain.

Scrabble [image source]
Scrabble [image source]
Setiap huruf memiliki poin yang berbeda, ada huruf tertentu yang memiliki poin tinggi sehingga jika digunakan bisa menghasilkan nilai tinggi. Nyatanya permainan ini tidak hanya bisa dilakukan oleh mereka yang bisa melihat saja. Sebab kini hadir permainan scrabble yang dilengkapi dengan huruf braille. Dengan begitu orang buta pun bisa memainkan permainan ini.

3. Permainan Kartu

Sudah pernah bermain kartu? Remi, Poker dan Black Jack adalah beberapa jenis permainan yang menggunakan kartu. Lagi-lagi sebagai pembeda jenis kartu dan nilainya maka terdapat gambar di masing-masing kartu. Orang yang buta tentu tidak bisa membedakan mana kartu As, Jack, King atau lainnya.

Permainan Kartu [image source]
Permainan Kartu [image source]
Satu-satunya cara agar mereka bisa bermain kartu adalah dengan cara mencetak huruf braille di permukaan kartu. Impian orang buta untuk bermain kartu akhirnya terwujud karena ada kartu yang dicetak huruf braille di permukaannya. Seperti dalam gambar di atas, terlihat cetakan huruf braille di masing-masing sudut kartu.

4. Catur

Siapa bilang orang buta tidak bisa bermain catur? Dengan hadirnya satu set permainan catur yang dilengkapi dengan cetakan huruf braille di bodi catur memungkinkan mereka bermain catur tanpa kesulitan. Lantas bagaimana mereka bisa menempatkan catur ini dengan tepat di papan permainannya?

Catur [image source]
Catur [image source]
Nah, satu set permainan catur yang khusus untuk orang buta ini memang didesain khusus. Bukan papan catur datar yang digunakan melainkan papan catur bergelombang. Artinya kotak-kotak permainan dibuat timbul tenggelam secara bergiliran agar si pemain bisa tahu dimana posisi untuk menggerakkan bidak caturnya dengan tepat seperti pada gambar.

5. Globe

Miniatur bumi dituangkan dalam sebuah globe. Dari sinilah orang-orang mempelajari lokasi negara-negara lain selain menggunakan peta. Dibutuhkan penglihatan untuk menggunakan benda ini sebab globe berisi gambar peta dunia dengan tulisan-tulisan sebagai keterangan wilayah.

Globe [image source]
Globe [image source]
Media pembelajaran yang menarik ini dulu hanya bisa digunakan mereka yang bisa melihat karena tidak mungkin mereka yang buta bisa melihat gambar dalam globe. Akan tetapi dengan menggunakan globe khusus seperti dalam gambar maka orang buta sekalipun bisa menggunakan perangkat ini sebab setiap negara dalam globe tercetak huruf braille.

6. Uang Logam

Dalam rangka memperingati ulang tahun yang ke-200 dari Luis Braille pada tahun 2009 pemerintah Amerika Serikat mengeluarkan uang logam edisi spesial. Uang logam atau koin bernominal satu dollar ini dicetak khusus dengan menampilkan wajah Luis Braille serta cetakan huruf braille di sisi lainnya yang bergambar seorang anak yang sedang membaca.

Uang Logam [image source]
Uang Logam [image source]
Jadi tak selamanya kehadiran huruf baraille di benda-benda memang secara khusus dibuat untuk orang buta. Seperti kasus ini misalnya, tulisan braille di cetak di uang logam sebagai peringatan terhadap pencipta huruf ini meski dalam aplikasinya memang memudahkan orang buta dalam mengenal uang logam yang dimilikinya.

7. Kaleng Bir

Dengan tujuan agar orang-orang buta juga bisa menikmati minum bir maka kaleng bir di Jepang dilengkapi berbagai fitur khusus termasuk tulisan braille. Perusahaan minuman di Jepang berpendapat bahwa orang buta juga layak untuk menikmati minuman dengan mudah.

Kaleng Bir [image source]
Kaleng Bir [image source]
Cetakan huruf braile di kaleng bir ini merupakan inovasi yang belum lama dikembangkan di Jepang. Meski demikian ini merupakan terobosan jitu yang membuktikan bahwa kebutuhan mereka yang buta juga diperhatikan sama dengan orang-orang normal lainnya.

8. Huruf Braille di Hamburger

Tahun 2012 restoran cepat saji di Afrika Selatan membuat inovasi baru terhadap menu hamburger mereka. Biasanya desain makanan selalu terisnpirasi dari emotikon wajah sedih, gembira atau perasaan-perasaan lainnya. Namun seorang chef di sana membuat hamburger yang mengejutkan sebab ia membuat tulisan braille di permukaan hamburgernya.

Huruf Braille di Hamburger [image source]
Huruf Braille di Hamburger [image source]
Lantas apa yang digunakan untuk membuat karakter timbul huruf braille? Salah satu toko hamburger di Afrika Selatan ini menggunakan biji wijen untuk membuat tulisan braille di permukaan hamburger. Hasilnya bisa Anda lihat pada foto di atas, dan orang buta bisa menikmati hamburger dengan cara yang menyenangkan.

9. Jam Tangan

Entah bagaimana para mekanik ini membuatnya namun di dunia ini benar-benar ada jam tangan khusus untuk orang buta. Jam didesain sedemikian rupa dengan tidak menggunakan jarum jam dan angka yang menunjukkan waktu atau pun layar digital.

Jam Tangan [image source]
Jam Tangan [image source]
Semua perangkat yang menunjukkan waktu terbuat dari bahan khusus yang menampilkan tulisan braille. Jadi mereka yang buta tinggal meraba layar jam tangan mereka dan dari situ mereka akan mengetahui jam berapa saat itu. Meski cara kerjanya terlihat rumit namun jam ini benar-benar berfungsi dengan baik.

Itulah berbagai benda yang tercetak huruf braille di dunia. Apakah Anda pernah menemukan huruf braile di benda yang lain? Share pangalamanmu di kolom komentar.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA