Inilah 5 Bukti Kalau Hubungan TNI dan Polri Masih “Mesrah” Bahkan Sampai Sekarang

Masing-masing dari mereka adalah tiang yang menjaga kestabilan di Indonesia

oleh Arief Dian
16:00 PM on Aug 12, 2017

Baik TNI maupun Polri adalah sama-sama lembaga yang  ditunjuk untuk menciptakan keamanan dan penegakkan hukum yang ada di negeri kita. Namun tidak jarang banyak kabar tidak mengenakkan mengenai hubungan tidak sedap kedua instansi ini. Padahal itu hanya secuil cerita, sedangkan faktanya baik TNI dan Polri hidup dengan sangat harmonis.

Sadar atau tidak, hal itu bukan bualan semata. Sudah banyak kisah tentang para TNI yang menolong polisi yang tertimpa masalah dan begitu pula sebaliknya. Bisa dibilang, kedua instansi ini ibarat saudara kandung yang akur dan saling membantu. Berikut adalah bukti kalau hubungan TNI dan Polri masih harmonis hingga sekarang.

Baca Juga
Tak Banyak yang Tahu, Inilah Aksi Hebat Kepolisian Indonesia yang Begitu Disegani di Dunia
6 Cara Ini Bisa Dipakai Agar Tragedi ‘Panjat Pinang Maut’ Tak Terjadi Lagi

Saling bantu saat dalam keadaan kritis

Saling membantu [image source]
Sepertinya keakraban TNI dan Polri sudah ibarat saudara kandung. Saat satu mengalami masalah, maka yang lainnya akan segera datang menolong. Seperti berapa waktu yang lalu saat salah satu Polantas mengalami sebuah kecelakaan. Dengan sigap seorang anggota TNI lekas membawanya ke rumah sakit karena keadaannya memang sangat kritis. Begitu pula sebaliknya, seorang anggota POLRI beberapa waktu yang lalu membantu seorang prajurit saat istrinya akan melahirkan. Bahkan tidak segan, anggota kepolisian itu menemani selama dalam persalinan. Benar-benar rukun ya para aparat ini, adem lihatnya.

Melakukan razia gabungan menindak mereka yang melanggar

Operasi bersama [image source]
Tidak jarang baik Polri maupun TNI melakukan sebuah operasi gabungan merazia pengendara sepeda motor. Tidak hanya warga sipil, bahkan para anggota masing-masing pun bakal ditindak jika ketahuan melanggar. Operasi gabungan antara polisi militer dan Polri ini sebagai simbol bahwa mereka tidak akan pandang bulu pada siapa pun yang terbukti tidak mematuhi tata tertib. Selain itu, operasi semacam ini juga sebagai ajang keakraban satu sama lain agar dapat saling mengenal. Kalau lihat macam yang begini ini, masyarakat jadi benar-benar terasa terlindungi.

Tak jarang menggelar hiburan bersama

huburan bersama

Entah itu merupakan senam, lomba atau pun ngeband, baik TNI maupun Polri hal itu sudah sering mereka lakukan bersama. Ya, dengan adanya acara hiburan seperti itu membuat para Polri dan TNI jadi saling membaur satu sama lain. Seolah, mereka telah lupa bawa berada dalam instansi yang berbeda. Mengadakan hiburan macam begini rupanya selalu ada dalam setiap tahunnya, entah itu untuk memperingati tujuh belasan, hari pahlawan atau peristiwa penting yang lainnya. Saat mengikuti lomba tersebut, tak segan bahkan baik Polri dan TNI menjadi satu tim yang diisi oleh anggota yang beragam.

Bahkan saat bertugas, saling melindungi satu sama lain

Saling melindungi [image source]
Ketika Indonesia dalam kondisi bahaya, semua elemen baik TNI maupun Polri, saling bekerja sama dalam mengamankan keadaan di sana. Oleh sebab itu sering dilakukan operasi gabungan antara kedua instansi tersebut agar keadaan di daerah rawan konflik dapat diredam. Uniknya, meskipun berasal dari lembaga yang berbeda, baik TNI maupun Polri saling melindungi anggotanya ketika mereka dalam bahaya. Sebagai seorang aparat, kedua lembaga ini mengajarkan kita untuk tidak melupakan jati diri. Entah itu polisi ataupun tentara, jangan pernah lupa kalau kita adalah satu Indonesia.

Membantu masyarakat adalah tanggung jawab bersama

Mengabdi pada masyarakat [image source]
Seperti yang diketahui, tugas utama tentara adalah melindungi negara dari datangnya ancaman. Begitu pula Polisi, mereka bertugas untuk menegakkan hukum yang berlaku di masyarakat. Namun ketika dihadapkan pada kepentingan umum, baik TNI maupun Polri, sama-sama punya kewajiban membantu mereka yang membutuhkan. Entah itu hanya sekedar menyeberangkan jalan, mengatur lalu lintas hingga membantu mereka yang terkena bencana alam. Ya, baik sebagai pelindung maupun penegak hukum, sama-sama memiliki tugas untuk membantu siapa yang membutuhkan.

Ya, itulah beberapa bukti tentang hubungan mesra baik TNI dan Polri. Jangan pernah percaya dengan kabar ketidakharmonisan mereka. Ibarat pilar, mereka menjadi penyanggah mempertahankan keadaan damai di Indonesia, kalau sampai retak, hancur pula bangsa.

Next
BERITA TERKAIT
BACA JUGA