7 HP Legendaris Ini Buktikan Eksistensi Samsung Nggak Tergoyahkan Sejak Dulu

Yang suka pakai hp Samsung, mana suaranya?

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on Aug 8, 2017

Kalau ngebahas soal merk Samsung, yang muncul di kepala kita mungkin beragam ponsel pintar super canggih dan full touch screen. Iya, sampai sekarang Samsung memang dikenal sebagai salah satu produk yang laris manis dan punya banyak penggemar. Sebenarnya, nggak cuma saat ini aja sih. Nyatanya Samsung emang dikenal sejak zaman kita masih kanak-kanak dulu.

Masih ingat nggak sih, zaman di mana handphone baru dikenal dulu? Bersaing dengan merk lain, Samsung juga meluncurkan beberapa jenis ponsel. Kalau dibandingkan dengan model-model kekinian yang wujudnya keren banget, mungkin kamu bakal ketawa ngeliatnya.  Biar nggak penasaran, mending kita nostalgia yuk sama ponsel-ponsel jadul Samsung.

Baca Juga
Mengenal Djonie Liem, Veteran Indonesia yang Bisa Menembakkan Jarum dari Mulutnya
Ini Bukti Mesranya Hubungan Korsel-Indonesia, Bisa Jadi Inspirasi Tetangga Sebelah Nih!

Samsung SH100, si sulung Samsung yang antenanya panjang banget

samsung sh 100 [image source]
SH100 ini merupakan anak pertama yang dilahirkan Samsung. Ponsel ini udah dirancang sejak tahun 1985, namun butuh waktu lama hingga bisa dipasarkan. Hp ini baru mulai diluncurkan di Korea sejak tahun 1988. Maksimal dalam pembuatan si sulung ini ternyata nggak mendapat hasil yang sesuai. Samsung SH100 nyatanya kalah saing dengan beberapa merk lain seperti Nokia, Motorola Dinatac dan Mobira. Saat itu, Samsung hanya berhasil menjual sekitar 1000-2000 unit saja. Meski demikian, pengalaman dalam pengembangan produk pertama membuat Samsung yakin akan lebih baik dalam mengembangkan ponsel lainnya. Dari pengalaman pertama itu, perusahaan optimis bisa membuat desain handphone yang lebih simple dari pendahulunya.

Samsung SGH series yang modelnya makin kece dengan Flip dan clamshell

samsung-sgh-series [image source]
Berbekal pengalaman di produk pertama, Samsung bertekat untuk membuat desain ponsel yang lebih baik lagi. Hal itu dibuktikan dengan produksi Samsung SGH series. Pada pertengahan tahun 1990, perusahaan mulai mengeluarkan seri SGH yang merupakan hp dengan desain clamshell dan flip. Jenis bisa dibedakan dengan mudah, jika flip layarnya terletak di atas tombol, bagian penutupnya hanya berfungsi sebagai pelindung tombol.  Sementara clamshell meletakkan layar dibagian penutup, sehingga saat ponsel ditutup, antara tombol dan layar akan berhadapan. Sejak meluncurkan serie tersebut, nama Samsung mulai diperhitungkan nih. Bisa dibilang berhasil dapetin perhatian konsumen untuk menggunakan produk mereka.

Samsung SCH-A2000 punya dua layar

 

SCH-A2000 [image source]
Selanjutnya adalah SCH-A2000, yang dikenal sebagai handphone dua layar pertama. Hp ini punya desain Clamshell yang memungkinkan untuk meletakkan dua layar sekaligus. Layar pertama punya ukuran kecil di bagian depan untuk memperlihatkan notifikasi, sementara layar utama terdapat di dalam dan berfungsi ketika layar dibuka. Di zamannya, model handphone satu ini pasti udah keren banget. Tapi, buat kamu yang suka dengan desain-desain klasik, jenis satu ini emang menarik banget buat di koleksi. Sayang, di counter-counter terdekat pasti sulit dapetin ponsel jadul ini. Tapi, biasanya masih dijual di toko-toko online, meski kondisi pasti bekas.

Samsung SGH-M100 yang sudah dilengkapi MP3

Samsung SGH-M100 [image source]
Samsung rupanya menyadari anak muda memang selalu mencintai musik. Maka dari itu, peluang menciptakan ponsel dengan fitur musik pun dicoba. Maka, lahirlah Samsung SGH-M100 yang dilengkapi dengan MP3. Meski masih berlayar hitam putih, tapi pengguna bisa menikmati musik favorit mereka melalui headset. Saat itu, pengguna juga bisa menggunakan tombol pada headset untuk memindah lagu yang ingin mereka dengarkan.

Samsung a400, ponsel mungil segenggaman

HP Samsung mungil [image source]
Ponsel satu ini juga biasa disebut Samsung egeo. Pertama dikeluarkan di tahun 2001 dengan berat hanya sekitar 80 gram. Bentuknya yang sangat mungil itu juga didesain dengan sangat elegan. Pilihan warnanya juga beragam. Keunggulan hp ini adalah, ketika mendapat SMS dan saat itu tidak kunjung kita baca, maka setiap 5 menit akan muncul notifikasi sampai kita membalas pesan tersebut. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa hiburan seperti game sudoku dan juga tembak menembak. Dulu, ponsel ini dibandrol dengan harga sekitar 2,5 sampai 3 juta rupiah. Namun saat ini harga bekasnya hanya sekitar 300-500 saja. Itupun sangat susah didapatkan karena sudah langka. Meski demikian, jenis hp ini juga banyak diminati oleh para kolektor.

Samsung SCH-X430 dengan layar warna

Samsung SCH-X430 [image source]
Nyatanya, Samsung memang nggak pernah berhenti berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen. Setelah memuaskan dengan ponsel desain mungkil seukuran genggaman, Samsung hadir membawa SCH-x430, yang merupakan ponsel berwarna di tahun 2002. Desainnya sendiri masih mewarisi pendahulunya, yaitu clamshell, yang membedakan adalah layarnya yang berwarna. Hp ini memang langsung populer di masanya. Di Indonesia sendiri, dulu banyak yang memiliki ponsel jenis ini.

Samsung D710, hp Samsung slide makin keren

sgh-d710 [image source]
Tahun 2004, banyak perusahaan yang berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan OS symbian. Walhasil, Samsung juga nggak mau ketinggalan. Meski dibilang latah, Samsung D710 tetap rilis. Modelnya sendiri cukup trendi dengan desain slide sudah sangat keren di masanya. Tapi nyatanya, penjualan jenis ponsel ini nggak sesukses Nokia Symbian. Padahal, bisa dibilang jika Samsung selalu mengedepankan selera konsumen. Ya memang, semua kembali pada pilihan masing-masing.

Melihat kesuksesan Samsung saat ini,  mungkin sempat membuat kita lupa bahwa ada perjuangan super keras yang dilakukan di masa lalu. Ponsel yang diluncurkan Samsung tak selalu menuai kesuksesan. Tapi bisa bertahan hingga kini dengan keluaran yang makin keren, rasanya kita patut mengacungi jempol pada perusahaan satu ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Mulai dari Begal Hingga Ojek, Inilah Nasib 5 Pemain Timnas yang Tak Berjaya Lagi Dulu Personil Band Terkenal, Nasib Pria ini Sekarang Bikin Netizen ingin Menangis Masih Ingat 5 Artis Ini? Dulu Terkenal Banget Sekarang Nasibnya Berubah 180 Derajat! 7 Artis Ini Pantang Makan Nasi Putih, Perubahannya Bikin Kamu Teriak ‘WOW’ Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Inilah Kabar Pemeran Nyi Pelet, si Cantik yang Dulu Pernah Bikin Kaum Adam Kepincut 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! 12 Kelakuan Pengguna Medsos “Kelewat Awam” Ini Dijamin Bikin Kamu Ngakak Jengkulitan Inilah 6 Artis Indonesia yang Bikin ‘Superstar’ Luar Negeri Tergila-gila, Ada yang Sampai Baper Loh Jadi Langganan Para Pejabat Hingga Artis, 4 Warteg Ini Nggak Kalah dari Restoran Bintang Lima Cowo Wajib Tau: Ini Nih 7 Tipe Sneakerhead, Kamu Termasuk yang Mana? Sempat Tersandung Kontroversi, Begini Kabar Si ‘Seksi’ Revi Mariska di Angling Dharma 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu Berhasil Ubah Ban Bekas Jadi Sofa Super Unik, Pria Asal Semarang Ini Kewalahan Terima Pesanan Beginilah Perbedaan Kekuatan Militer Indonesia dan Malaysia, Bagai Bumi dan Langit! Inilah 5 Negara yang Cinta Mati dengan Teh Indonesia 10 Meme Plesetan Kata Bijak “Berpikir Positif” Malah Buat Hidup Berantakan, Awas Ngakak Inilah Fakta Tersembunyi dari Pasangan Dokter Viral yang Rela Tinggalkan Pelaminan Demi Tolong Pasien Sering Diejek, Perubahan Drastis 13 Wanita Ini Jadi Bukti Kalau Tak Ada yang Mustahil, No. 5 Jadi Artis Loh 5 Ibu Mertua Paling ‘Membahayakan’ Sedunia
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA