7 HP Legendaris Ini Buktikan Eksistensi Samsung Nggak Tergoyahkan Sejak Dulu

Yang suka pakai hp Samsung, mana suaranya?

oleh Nikmatus Solikha
12:00 PM on Aug 8, 2017

Kalau ngebahas soal merk Samsung, yang muncul di kepala kita mungkin beragam ponsel pintar super canggih dan full touch screen. Iya, sampai sekarang Samsung memang dikenal sebagai salah satu produk yang laris manis dan punya banyak penggemar. Sebenarnya, nggak cuma saat ini aja sih. Nyatanya Samsung emang dikenal sejak zaman kita masih kanak-kanak dulu.

Masih ingat nggak sih, zaman di mana handphone baru dikenal dulu? Bersaing dengan merk lain, Samsung juga meluncurkan beberapa jenis ponsel. Kalau dibandingkan dengan model-model kekinian yang wujudnya keren banget, mungkin kamu bakal ketawa ngeliatnya.  Biar nggak penasaran, mending kita nostalgia yuk sama ponsel-ponsel jadul Samsung.

Baca Juga
5 Tipe Kelakuan Super Nyeleneh Emak-Emak Saat Naik Ojek Online, Dijamin Bikin Ngakak
Vampir Dog, Binatang Misterius yang Diduga Jadi Tersangka Utama Penghisap Darah Puluhan Kambing di Malang

Samsung SH100, si sulung Samsung yang antenanya panjang banget

samsung sh 100 [image source]
SH100 ini merupakan anak pertama yang dilahirkan Samsung. Ponsel ini udah dirancang sejak tahun 1985, namun butuh waktu lama hingga bisa dipasarkan. Hp ini baru mulai diluncurkan di Korea sejak tahun 1988. Maksimal dalam pembuatan si sulung ini ternyata nggak mendapat hasil yang sesuai. Samsung SH100 nyatanya kalah saing dengan beberapa merk lain seperti Nokia, Motorola Dinatac dan Mobira. Saat itu, Samsung hanya berhasil menjual sekitar 1000-2000 unit saja. Meski demikian, pengalaman dalam pengembangan produk pertama membuat Samsung yakin akan lebih baik dalam mengembangkan ponsel lainnya. Dari pengalaman pertama itu, perusahaan optimis bisa membuat desain handphone yang lebih simple dari pendahulunya.

Samsung SGH series yang modelnya makin kece dengan Flip dan clamshell

samsung-sgh-series [image source]
Berbekal pengalaman di produk pertama, Samsung bertekat untuk membuat desain ponsel yang lebih baik lagi. Hal itu dibuktikan dengan produksi Samsung SGH series. Pada pertengahan tahun 1990, perusahaan mulai mengeluarkan seri SGH yang merupakan hp dengan desain clamshell dan flip. Jenis bisa dibedakan dengan mudah, jika flip layarnya terletak di atas tombol, bagian penutupnya hanya berfungsi sebagai pelindung tombol.  Sementara clamshell meletakkan layar dibagian penutup, sehingga saat ponsel ditutup, antara tombol dan layar akan berhadapan. Sejak meluncurkan serie tersebut, nama Samsung mulai diperhitungkan nih. Bisa dibilang berhasil dapetin perhatian konsumen untuk menggunakan produk mereka.

Samsung SCH-A2000 punya dua layar

 

SCH-A2000 [image source]
Selanjutnya adalah SCH-A2000, yang dikenal sebagai handphone dua layar pertama. Hp ini punya desain Clamshell yang memungkinkan untuk meletakkan dua layar sekaligus. Layar pertama punya ukuran kecil di bagian depan untuk memperlihatkan notifikasi, sementara layar utama terdapat di dalam dan berfungsi ketika layar dibuka. Di zamannya, model handphone satu ini pasti udah keren banget. Tapi, buat kamu yang suka dengan desain-desain klasik, jenis satu ini emang menarik banget buat di koleksi. Sayang, di counter-counter terdekat pasti sulit dapetin ponsel jadul ini. Tapi, biasanya masih dijual di toko-toko online, meski kondisi pasti bekas.

Samsung SGH-M100 yang sudah dilengkapi MP3

Samsung SGH-M100 [image source]
Samsung rupanya menyadari anak muda memang selalu mencintai musik. Maka dari itu, peluang menciptakan ponsel dengan fitur musik pun dicoba. Maka, lahirlah Samsung SGH-M100 yang dilengkapi dengan MP3. Meski masih berlayar hitam putih, tapi pengguna bisa menikmati musik favorit mereka melalui headset. Saat itu, pengguna juga bisa menggunakan tombol pada headset untuk memindah lagu yang ingin mereka dengarkan.

Samsung a400, ponsel mungil segenggaman

HP Samsung mungil [image source]
Ponsel satu ini juga biasa disebut Samsung egeo. Pertama dikeluarkan di tahun 2001 dengan berat hanya sekitar 80 gram. Bentuknya yang sangat mungil itu juga didesain dengan sangat elegan. Pilihan warnanya juga beragam. Keunggulan hp ini adalah, ketika mendapat SMS dan saat itu tidak kunjung kita baca, maka setiap 5 menit akan muncul notifikasi sampai kita membalas pesan tersebut. Ponsel ini juga sudah dilengkapi dengan beberapa hiburan seperti game sudoku dan juga tembak menembak. Dulu, ponsel ini dibandrol dengan harga sekitar 2,5 sampai 3 juta rupiah. Namun saat ini harga bekasnya hanya sekitar 300-500 saja. Itupun sangat susah didapatkan karena sudah langka. Meski demikian, jenis hp ini juga banyak diminati oleh para kolektor.

Samsung SCH-X430 dengan layar warna

Samsung SCH-X430 [image source]
Nyatanya, Samsung memang nggak pernah berhenti berusaha memberikan yang terbaik bagi konsumen. Setelah memuaskan dengan ponsel desain mungkil seukuran genggaman, Samsung hadir membawa SCH-x430, yang merupakan ponsel berwarna di tahun 2002. Desainnya sendiri masih mewarisi pendahulunya, yaitu clamshell, yang membedakan adalah layarnya yang berwarna. Hp ini memang langsung populer di masanya. Di Indonesia sendiri, dulu banyak yang memiliki ponsel jenis ini.

Samsung D710, hp Samsung slide makin keren

sgh-d710 [image source]
Tahun 2004, banyak perusahaan yang berlomba-lomba memproduksi ponsel dengan OS symbian. Walhasil, Samsung juga nggak mau ketinggalan. Meski dibilang latah, Samsung D710 tetap rilis. Modelnya sendiri cukup trendi dengan desain slide sudah sangat keren di masanya. Tapi nyatanya, penjualan jenis ponsel ini nggak sesukses Nokia Symbian. Padahal, bisa dibilang jika Samsung selalu mengedepankan selera konsumen. Ya memang, semua kembali pada pilihan masing-masing.

Melihat kesuksesan Samsung saat ini,  mungkin sempat membuat kita lupa bahwa ada perjuangan super keras yang dilakukan di masa lalu. Ponsel yang diluncurkan Samsung tak selalu menuai kesuksesan. Tapi bisa bertahan hingga kini dengan keluaran yang makin keren, rasanya kita patut mengacungi jempol pada perusahaan satu ini.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
Seperti Ini Nasib Para Pemain Film Esek-Esek Setelah Pensiun, Dijamin Kaget Kamu Lihatnya 25 Foto Selfie Fail Abis yang Bikin Kamu Ketawa Ngakak Sampe Perut Mules Inilah Mongrel Mob, Gangster Selandia Baru yang Namanya Mulai Jadi Pembicaraan di Dunia Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo 7 Aktris Sinetron Kolosal Cantik dan Seksi ini Pernah Menghiasi Layar Kaca Kamu Zaman Dulu 5 Kejadian Nyleneh Orang Indonesia yang Terekam Google Street View, Awas Ngakak! Kisah John Kei, Preman Gahar Sang 'Godfather of Jakarta' yang Kini Menempuh Jalan Kebenaran Miris! Bukan Kebahagiaan, Pengantin Ini Malah Dibuat Malu oleh Wedding Organizer Ternyata Segini Gaji Pemain Film "Dewasa", Penderitaan Tidak Sebanding dengan Penghasilan Niru Gaya Anniesa Hasibuan, 11 Foto Kelakuan Netizen Ini Pasti Bikin Kamu Ngakak
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA