5 Hostel Paling Ramah Lingkungan di Dunia

oleh Alfry
13:35 PM on Nov 12, 2014

Manginap di hostel adalah salah satu cara yang murah dan ramah untuk ditinggali selama traveling di berbagai belahan dunia. Apakah Anda bepergian sendiri atau dengan rombongan, menginap di hostel akan memberikan pengalaman yang menarik dalam agenda wisata Anda. Kenapa demikian? Dengan menginap di sana kita dapat mengenal teman-teman baru sekaligus belajar tentang budaya daerah setempat.

Manfaat lain dari menginap di hostel yaitu kita secara tidak langsung berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global. Setelah melakukan perjalanan panjang menggunakan pesawat dan juga kendaraan bermotor bukan berarti kita juga harus menginap di hotel mahal yang ber-AC dengan kolam renang air panas yang setiap waktu siap melayani tubuh Anda. Itu semua berkontribusi terhadap jumlah gas rumah kaca yang memasuki atmosfer kita.
Stop dan ubahlah kebiasaan liburan Anda dan mulailah untuk menjadi lebih sadar lingkungan. Hostel berikut ini di desain ramah lingkungan dan akan membantu Anda dalam merubah cara liburan Anda menjadi lebih bersahabat dengan alam.

Baca Juga
5 Jasa Chairul Huda Semasa Hidup yang Membuat Dirinya Jadi Sosok Tak Tergantikan
Misnadi Abdullah, Ketua Aliran Baru Penyembah Matahari yang Bikin Netizen Geram

1. Hostel Mellow Eco, Barselona, Spanyol – Semua Perabotannya Terbuat Dari Bahan Daur Ulang

Satu kata untuk hostel yang satu ini, indah. Hostel yang nampak terang ini berada di kawasan Horta, sebuah daerah yang tenang di kota Barselona, Spanyol. Pengelola menggunakan energi matahari yang terbarukan untuk memanaskan tangki air panas yang terletak di atap bangunan.

 Mellow Eco Hostel Barselona (c) webnerhouse.files.wordpress.com
Mellow Eco Hostel Barselona (c) webnerhouse.files.wordpress.com

Mereka juga menggunakan produk pembersih yang ramah lingkungan dan hanya menghidupkan AC dikala benar-benar dibutuhkan saja. Hostel ini memiliki semua fasilitas modern seperti Wifi, alat elektronik dan lainnya. Uniknya semua makan malam disajikan di teras umum dengan tujuan untuk mendapatkan pengalaman sosial yang lebih erat antar penghuni hostel.

2. Hostel Reykjavík City , Islandia – Penginapan yang Pas Buat Pecinta Lingkungan

Bagi traveler pecinta lingkungan, Islandia menjadi destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Di negara ini terdapat spot wisata alam yang keren seperti air terjun, geyser, gunung es dan masih banyak lagi keindahan alam yang menakjubkan lainnya. Kemudian untuk urusan menginap pilihlah Hostel Reykjavík City yang berada tepat di jantung Laugardalur Park dan bersebelahan dengan stadion olahraga nasional, Islandia.

Reykjavík City Hostel (c) hostel.is
Reykjavík City Hostel (c) hostel.is

Hostel ini selain ramah lingkungan juga ramah anggaran dengan akomodasi yang nyaman dan fasilitas yang lengkap baik indoor maupun outdoor. Tempat ini telah mendapat sertifikat ramah lingkungan sebagai hunian sejak tahun 2004. Fasilitas yang dapat Anda nikmati di hostel ini antara lain Wifi gratis di setiap kamar, dapur yang lengkap, ruang bersantai dan fasilitas laundri. Menariknya dari hostel ini adalah sistem prasmanan yang diberlakukan di setiap sarapan pagi.

3. The Grampians YHA Eco-Hostel, Australia – Hostel yang Menyediakan Sayuran Organik di Setiap Menu Masakannya

Grampians YHA Eco- Hostel adalah sebuah hostel yang ramah lingkungan dan bersertifikat. Hostel ini berada di Halls Gap sebuah pintu ke Grampians National Park, Australia. Arsitektur hostel dirancang sedemikian rupa agar sesuai dengan standar ramah lingkungan sehingga dapat menjadi penginapan yang ideal bagi Anda yang menghabiskan liburan di Australia.

The Grampians YHA Eco-Hostel (c) m.visitvictoria.com
The Grampians YHA Eco-Hostel (c) m.visitvictoria.com

Fasilitas yang ditawarkan di hostel ini antara lain parkir mobil gratis, dua dapur besar yang lengkap, ruang tamu yang nyaman, dan tungku pemanas ruangan untuk musim dingin. Tidak ketinggalan pula ruang TV, wifi gratis dan fasilitas laundri semua tersedia di sana. Para tamu juga disediakan bahan-bahan memasak seperti sayuran dan telur organik yang di dapatkan dari kebun dan peternakan warga sekitar.

4. Gyreum Ecolodge, Irlandia – Hostel Ramah Lingkungan Berbentuk Piring Terbang

Hostel Gyreum Ecolodge ini dibangun di atas bukit tepatnya di sisi barat laut Irlandia. Jika dilihat sekilas, nampak konsep bangunan hostel ini menyerupai kendaraan makhluk luar angkasa yaitu piring terbang. Namun sesungguhnya konsep yang diterapkan dalam hostel ini terbilang modern dan ramah lingkungan pula. Karena bentuknya yang unik penginapan ini disebut juga dengan istilah inkubator.

Gyreum Ecolodge (c) stunningplaces.net
Gyreum Ecolodge (c) stunningplaces.net

Tujuan pemberian istilah ini diharapkan setiap tamu yang menginap disana dapat menelurkan ide yang cemerlang layaknya sedang inkubasi. Hostel yang pandai menyatu dengan alam ini ditenagai oleh turbin angin yang manghasilkan panas geothermal. Di kawasan hostel ini juga terdapat kebun sayuran yang menambah asri suasana sekitar hostel.

5. The Green Hostel, Uruguay – Hostel yang Menyediakan Paket Wisata Bersepeda

The Green Hostel yang berada di kota Montevideo, Uruguay adalah sebuah penginapan yang ramah lingkungan di negara tersebut. Fitur utama dari hostel ini adalah adanya promosi paket wisata bersepeda yang menjadi favorit para tamu. Pengelola hotel menggunakan bola lampu hemat energi sebagai sumber penerangan dan energi panas matahari untuk pemanas air.

The Green Hostel (c) img.amerikanki.com
The Green Hostel (c) img.amerikanki.com

Semua furnitur yang digunakan di hostel ini memanfaatkan bahan daur ulang yang ramah lingkungan. Di hostel ini juga menawarkan sarapan gratis, akses internet gratis dan layanan laundri. Nah, jika Anda sedang traveling ke negara ini, memilih The Green Hostel nampaknya adalah keputusan yang tepat karena dengan begitu kita menjadi lebih peduli terhadap alam.

Dengan banyaknya  hostel-hostel ramah lingkungan yang ada di luar negeri sudah selayaknya kini kita mulai merubah gaya traveling kita untuk lebih bijak memilih penginapan sehingga kita dapat ikut berperan dalam melestarikan lingkungan.

Next
Like us on Facebook Follow us on Twitter
ARTIKEL LAINNYA
ARTIKEL PILIHAN
5 Artis Cilik Zaman Dulu yang Penampilannya Sekarang Bikin Kita Mangap Gak Percaya Potret Kehidupan Mewah Anak Orang Kaya di Hong Kong yang Dijamin Membuatmu Melongo Sempat Jadi Terkenal Secara Instan, Seperti Ini Nasib 4 Artis Dadakan yang Karirnya “Terjun Bebas” 7 Wanita Tercantik di Jepang ini Bikin Dengkul Lemes Orang-orang yang Dulunya Terkenal Ini Kini Nasibnya Berputar 180 Derajat Pria Menikahi Boneka yang Ceritanya Menuai Kontroversi, Ternyata Kenyataannya Bikin Nyesek Inilah 11 Status Kocak “Emak Zaman Now” di Medsos yang Bikin Minder Anak Muda Karena Kalah Eksis 15 Meme FTV Ini Bikin Kamu Nyadar, Bahwa Hidup Nggak Semanis Adegan Film di TV Bukan So Sweet, 10 Foto Prewedding Ini Malah Punya Konsep Kocak Abis, Pasti Ketawa Liatnya Kisah Sedih Eva, Calon Pengantin Yang Tertabrak Kereta Saat Mengantar Undangan Pernikahannya
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA